Share

Apa itu Blog? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Picture of annisafauziya
annisafauziya
Blog » Website Development » Dasar Website » Apa itu Blog? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Blog adalah hal yang semakin populer di dunia maya. Mungkin Anda juga pernah mengunjungi sebuah blog tanpa menyadarinya. Tetapi, apakah Anda tahu apa dan bagaimana perbedaannya dengan website.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan yang lengkap tentang blog, termasuk pengertiannya, fungsi, jenis-jenisnya, dan banyak informasi lainnya. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan bonus menarik di akhir artikel ini. Penasaran, bukan? Tanpa perlu menunggu lebih lama, mari kita mulai!”

Apa Itu Blog?

Blog adalah jenis website yang memuat konten yang rutin diperbarui. Sehingga konten terbaru muncul di posisi atas, sedangkan konten yang lebih lama berada di bawah atau di halaman selanjutnya.

Konten pada blog biasanya berbentuk artikel, foto, atau video yang dikelola oleh blogger (pemilik blog) atau sekumpulan penulis. Walaupun jenis kontennya beragam, tapi blog biasanya berfokus ke satu topik atau tema tertentu saja.

Istilah blog sendiri diambil dari “weblog” yang pertama kali muncul di tahun 1997 oleh Jorn Barger. Ia mengartikan istilah tersebut sebagai “aktivitas menjelajah internet” atau “logging the web”. Lalu, pada tahun 1999, “weblog” dipersingkat menjadi “blog” oleh Peter Merholz dan istilah tersebut masih digunakan hingga sekarang.

Apa itu Blogging?

Blogging merupakan sebuah aktivitas yang bisa memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri dan berbagi pengalaman, kisah, dan pengetahuan yang mereka punya dengan orang lain melalui sebuah platform yang disebut blog. Kegiatan mengelola blog ini meliputi kegiatan seperti menulis, memperbarui, dan menambahkan elemen lain seperti video atau hal multimedia lain pada konten blog.

Blogging menjadi sangat marak ketika pada awal tahun 2000-an banyak blog berbau politik dan ideologi muncul. Namun, seiring berjalannya waktu, tema how-to, tutorial dan tips juga mulai muncul dan populer. Hal ini menandakan bahwa blogging tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk berbagi pemikiran ideologi dan politik, tapijuga menjadi sarana untuk berbagi pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Blogging menjadi sangat populer karena merupakan sebuah cara yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan dan mendapatkan pengikut. Selain itu, dengan mengelola blog, seseorang dapat mengasah kemampuan menulis, mengembangkan keterampilan dalam bidang lain seperti marketing dan desain, serta mengekspresikan diri secara lebih kreatif.

Sejarah Blog

Blog merupakan singkatan dari “web log”. Sejarah blog itu sendiri dimulai pada tahun 1994, ini bermula ketika seorang ilmuwan komputer bernama Justin Hall membuat halaman web yang memiliki dengan nama domain “links.net”. Halaman tersebut berisi catatan harian atau diary dari Justin tentang kegiatan dan pemikirannya. 

Kemudian pada tahun 1997, seorang programmer bernama Peter Merholz menyebut halaman web yang dikelola secara personal sebagai “weblog”. Kemudian, pada tahun 1999, blogger bernama Evan Williams dan Meg Hourihan membuat platform blogging yang dikenal sebagai “Blogger”.

Platform ini menjadi sangat terkenal dan dapat membantu individu atau perusahaan menyebarluaskan penggunaan blog. Saat ini, blog digunakan untuk berbagai tujuan, seperti berbagi opini, mempromosikan bisnis, atau menyebarluaskan informasi.

Perbedaan Blog dan Website

Bila membaca pengertian blog di atas, Anda akan menyadari kalau blog adalah salah satu jenis website. Tapi, ada beberapa perbedaan utama antara blog dengan website pada umumnya, berikut perbedaan blog dan website:

PerbedaanBlogWebsite
Jenis kontenArtikel, video, gambar. Biasanya membahas opini, pengalaman, dan berbagi informasi pengetahuan terkait topik tertentu.Berisi informasi tentang produk atau layanan.
Sifat kontenDinamis (rutin diperbarui)Statis (hanya diperbarui bila ada perubahan terkait produk/layanan).
Tampilan kontenKonten ditampilkan dari yang terbaru.Konten ditampilkan dalam halaman-halaman terpisah. Misalnya, homepage, landing page, dan semacamnya.
Gaya bahasa/penyampaianCenderung santai atau informal.Lebih formal.

Struktur Blog

Supaya Anda lebih paham mengenai perbedaan blog dan website, berikut ini adalah penjelasan beberapa komponen blog secara umum:

  • Header — Bagian paling atas blog yang biasanya berisi judul, deskripsi, dan menu blog.
  • Navbar — Singkatan dari “Navigation Bar” yang merupakan menu untuk menjelajah ke berbagai bagian blog.
  • Bagian konten — Komponen utama blog yang berisi konten blog Anda. Biasanya terdapat informasi seperti judul, tanggal terbit, nama penulis, kolom komentar, dan sebagainya.
  • Sidebar — Terletak di bagian samping blog yang berisi rekomendasi artikel lain, iklan, widget, link media sosial, dan informasi pendukung lainnya.
  • Footer — Bagian paling bawah blog yang memuat informasi penulis, form untuk subscribe, kontak, link ke halaman penting blog, dan sebagainya.

Jenis Blog dan Penjelasan

Ternyata, jenis blog itu ada banyak, lho. Apa saja?

1. Blog Pribadi

Pertama dan yang terpopuler adalah blog pribadi. Tak heran, karena di awal kemunculannya dulu, blog memang digunakan untuk keperluan pribadi pemiliknya. Tepatnya, sebagai jurnal harian bersifat online untuk mencatat kegiatan atau pengalaman pribadinya.

Namun, seiring berjalannya waktu, blog pribadi tak hanya sebagai tempat berbagi pengalaman atau jurnal online saja. Melainkan, bisa juga sebagai sarana berbagi opini, tips, membahas trend/issue terbaru, dan semacamnya.

Contoh blog pribadi yang cukup populer di Indonesia adalah The Naked Traveler, blog Raditya Dika, dan Chaos@work.

2. Blog Niche

Kedua adalah blog niche. Blog jenis ini khusus membahas topik (niche) tertentu seperti traveling, kuliner, fashion, teknologi, keuangan, dan masih banyak lainnya.

Nah, walaupun membahas topik tertentu, tapi jenis konten yang disuguhkan beragam bentuknya, lho. 

Contohnya, blog traveling biasanya akan berbagi cerita traveling ke suatu tempat, tips traveling, rekomendasi tempat, foto wisata, hingga video saat mereka traveling ke tempat tersebut. Atau bila blog tersebut membahas niche teknologi, maka biasanya akan membahas berita teknologi, ulasan gadget terbaru, rekomendasi gadget, dan sejenisnya.

Contoh blog niche bisa Anda temukan pada JagatReview, Lippielust, dan Catperku.

3. Blog Profesional

Selanjutnya, ada jenis blog profesional. Jenis blog ini bisa dikatakan merupakan gabungan dari blog pribadi dan blog niche. Sebab, blog profesional biasanya membahas topik tertentu sesuai keahlian pemilik blog.

Misalnya, katakanlah Anda merupakan seorang ahli di bidang SEO. Nah, Anda bisa membuat blog berjenis profesional untuk membahas topik SEO yang Anda kuasai. Anda bisa berbagi tips, cerita, berita terbaru, opini, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda akan dikenal sebagai expert atau orang yang benar-benar ahli di bidangnya.

Contoh blog jenis profesional bisa Anda temukan pada blog Neil Patel, Gari Cruze, dan Jordan Bunker. 

4. Blog Bisnis

Kemudian ada blog bisnis atau sering disebut juga dengan blog perusahaan. Dibandingkan jenis blog yang lain, blog bisnis adalah jenis yang terhitung baru, lho. Kenapa demikian?

Seiring berkembangnya zaman, bisnis harus putar otak untuk memasarkan bisnisnya dengan unik. Iklan tradisional saja masih kurang untuk menarik perhatian calon pembeli. Nah, blog bisnis inilah yang menjadi salah satu solusinya. Teknik pemasaran melalui blog ini disebut dengan content marketing.

Melalui blog bisnis, Anda bisa memasarkan bisnis Anda dengan membuat konten yang masih relevan dengan produk atau layanan Anda. Misalnya, bisnis Anda adalah berjualan baju, Anda bisa membuat blog yang membahas tren fashion terbaru, tips memilih baju, cara merawat baju, dan sebagainya.

5. Blog Berita

Blog Berita merupakan jenis blog yang fokus pada menyajikan kejadian aktual dan informasi terbaru dari industri tertentu. 

Konten dalam blog berita biasanya terdiri dari berita-berita terkini, laporan investigasi, analisis, dan opini dari para jurnalis atau pakar di bidang terkait. 

Blog ini juga dapat menyajikan berita dari sumber yang terpercaya dan dapat diandalkan, sehingga pembaca dapat mengetahui perkembangan terbaru dari berbagai topik, termasuk politik, ekonomi, teknologi, hiburan, dan banyak lagi.

Beberapa contoh blog berita yang populer di dunia saat ini seperti BBC News, CNN, The New York Times, dan Huffington Post. Mereka menyajikan berita terbaru dan terpercaya dari seluruh dunia dan menyediakan konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca.

6. Blog Multimedia

Blog multimedia merupakan jenis blog yang memberikan sebuah konten berupa video dan podcast. Dibandingkan dengan blog pada umumnya yang menyajikan tulisan, blog multimedia memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi pembaca. 

Formatnya sama dengan blog pada umumnya, namun postingan yang diutamakan adalah video dan podcast. Biasanya, blog ini juga mencakup cuplikan video atau podcast, daftar isi, dan kutipan penting. 

Dengan blog multimedia, pembaca dapat menikmati konten yang lebih menarik dan beragam daripada hanya membaca tulisan.

7. Blog Perusahaan

Jenis blog ini biasanya merupakan bagian dari website perusahaan. Beberapa perusahaan memanfaatkan situs web miliknya untuk turut terjun dalam dunia blogging dengan membuat blog.

Tujuan utamanya adalah untuk menarik pasar target dengan memposting konten seputar bisnis. Beberapa perusahaan juga memanfaatkan blog untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang perubahan di organisasinya. Salah satu contoh keren untuk jenis blog ini adalah hubspot, yang menyediakan tips dan materi seputar marketing dengan memanfaatkan software digital marketing miliknya.Ada juga pembahasan studi kasus klien yang sudah sukses menggunakan tool mereka, yang bisa menjadi sarana promosi.

Anda juga bisa memulainya, namun pastikan Anda sudah memiliki website atau landing page bisnisnya terlebih dahulu. Jika belum, gunakan jasa pembuatan landing page kami untuk pembuatan website secara cepat. 

8. Reverse Blog

Reverse Blog adalah jenis blog di mana konten ditulis oleh penulis tamu atau guest writer, bukan oleh pemilik blog. 

Pemilik blog bertugas mengedit dan memperbaiki tulisan penulis tamu. Popular di kalangan penulis freelance, karena dapat memperluas koneksi dan eksposur. Contoh: Medium & Quora yang menerima kiriman tulisan dari penulis.

9. Blog Afiliasi

Blog Afiliasi merupakan jenis blog yang fokus pada teknik affiliate marketing, yaitu mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform online. 

Blogger menyediakan link dalam postingannya yang mengarahkan pembaca ke toko online suatu bisnis dan mendapatkan uang ketika ada pembelian melalui link tersebut. Konten yang umum ditemukan pada blog ini meliputi ulasan produk, tips dan trik membeli produk, atau daftar produk terbaik. 

Beberapa blog afiliasi juga fokus pada satu niche tertentu, seperti peralatan outdoor. Contoh: Outdoor Gear Lab yang hanya mengulas produk-produk peralatan outdoor dari Amazon.

Manfaat dan Fungsi Blog

Lalu, apa saja manfaat dan fungsi blog? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tempat Menyalurkan Hobi

Pertama, fungsi dari blog adalah bisa menjadi tempat terbaik untuk menyalurkan hobi menulis Anda.

Melalui blog, Anda bisa bebas menulis berbagai topik. Mulai dari bercerita pengalaman, membahas isu tertentu, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa mengasah kemampuan menulis dan meningkatkan kreativitas. 

Faktanya, sudah banyak konten di blog yang diterbitkan menjadi buku atau diangkat ke layar lebar. Anda pasti sudah tak asing dengan nama Raditya Dika, Trinity Traveller, atau Arief Muhammad, kan? Nah, mereka terkenal salah satunya berkat blog yang mereka gagas.

2. Mempromosikan Produk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis blog bisnis bisa menjadi salah satu cara unik mempromosikan bisnis Anda di jagat maya. Teknik promosi melalui blog ini disebut dengan content marketing.

Anda bisa membuat konten yang relevan dengan produk Anda seperti artikel tutorial menggunakan produk, tips menggunakan jasa Anda, dan sebagainya. Tak perlu khawatir, promosi melalui blog terbukti efektif, kok. Sebab, 70% orang (Demadmetric) lebih suka mempelajari produk suatu bisnis lewat artikel dibanding melalui iklan biasa. 

3. Sebagai Portofolio Online

Manfaat blog selanjutnya adalah sebagai portofolio online. Melalui blog, perusahaan incaran atau klien Anda bisa langsung mengetahui kompetensi Anda dengan mudah dan cepat.

Utamanya, bagi Anda yang ingin berkarir di dunia kepenulisan karena blog bisa menjadi tempat terbaik untuk menaruh karya tulis Anda. Lalu, bagaimana dengan karir di bidang lain? Tak perlu khawatir, Anda juga bisa memasang foto atau karya digital Anda di blog, kok.

4. Membantu Branding

Selain sebagai sarana mempromosikan produk, blog juga bisa membantu branding Anda, lho. Baik branding untuk bisnis Anda maupun branding secara personal. Bagaimana bisa? Baik, kita bahas satu per satu.

Bagi bisnis, bila Anda konsisten menampilkan konten relevan dan bermanfaat, maka kredibilitas Anda akan semakin baik. Sebab, banyak orang akan merasa terbantu melalui konten Anda tersebut.

Sedangkan branding secara personal juga bisa Anda dapatkan bila Anda rutin menerbitkan artikel mengenai suatu topik. Dengan begitu, Anda akan dikenal sebagai seorang ahli dan mempunyai reputasi yang baik.

5. Tempat Menghasilkan Uang

Terakhir, blog juga bisa menjadi salah satu tempat untuk menghasilkan uang melalui internet, lho. Serius! Tak jarang ada orang yang mendapatkan jutaan rupiah melalui blog yang mereka gagas. 

Namun, tentu saja menghasilkan uang dari blog tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum bisa mendapatkan uang, konten blog yang Anda buat harus relevan, bermanfaat, dan unik. Selain itu, blog Anda juga harus rutin berada di peringkat atas dan mendapatkan banyak trafik.

Bonus: Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Sebagai penutup artikel ini, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang cara mendapatkan uang dari blog. Berikut caranya:

  • Google AdSense — merupakan layanan periklanan milik Google. Anda bisa mendapatkan uang dengan menampilkan iklan AdSense di blog Anda. Bila iklan tersebut di klik, Anda akan mendapatkan upah.
  • Menawarkan Jasa — bila Anda mempunyai keahlian khusus, Anda bisa menggunakan blog sebagai tempat mempromosikan jasa Anda. Misalnya, promosi melalui artikel, memasang banner jasa Anda, dan sebagainya.
  • Program Afiliasi — merupakan program yang akan memberikan Anda komisi bila ada yang membeli suatu produk dari Anda.
  • Endorsement — Anda bekerjasama dengan suatu brand untuk mempromosikan suatu produk atau jasa di blog Anda. Tergantung kesepakatan, Anda bisa membuat konten review, memasang link, hingga unboxing.

Jadi, Apa Itu Blog?

Itulah penjelasan lengkap mengenai blog. Singkatnya, pengertian blog adalah jenis website dengan konten yang rutin diperbarui. Berbeda dari situs web pada umumnya yang sangat jarang diperbarui kecuali ada perubahan informasi pada produk atau layanannya.

Jenis blog pun ada banyak. Mulai dari blog pribadi yang berisi cerita dari pemilik blog, blog niche yang membahas topik tertentu, blog profesional yang membahas pengetahuan sesuai keahlian pemiliknya, hingga blog bisnis sebagai sarana content marketing.

Nah, setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk membuat blog? Apalagi blog memiliki banyak manfaat. Mulai dari tempat promosi, sarana branding, hingga untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bila Anda tertarik membuat blog, caranya mudah, kok. Anda bisa menemukan penjelasan lengkapnya pada ebook gratis di bawah ini. Semoga sukses dengan blog Anda ya!

Buat Blog dan Website di Nuhaweb

Anda membutuhkan sebuah website yang menarik dan profesional untuk mempromosikan bisnis atau layanan Anda? Nuhaweb menawarkan jasa pembuatan website yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Dengan pengalaman dalam membuat website yang dinamis dan responsif, kami akan membuat website yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menghasilkan tampilan yang menarik.

Selain itu Nuhaweb dapat membantu Anda dalam membuat tampilan website yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda dapat memiliki website yang dinamis, responsif, dan menarik untuk menarik perhatian calon pelanggan. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan pemesanan jasa pembuatan website!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *