Share

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Dibandingkan Website

annisafauziya
annisafauziya
Blog » Digital Marketing » Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Dibandingkan Website
social media vs web

Media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tak hanya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, media sosial juga menjadi lahan subur untuk berbisnis online. Namun, apakah berbisnis di media sosial itu efektif?

Nah, buat kamu yang baru mau mulai berbisnis di media sosial, penting untuk mengerti kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih tepat dalam memanfaatkannya dan menjadikannya strategi digital marketing di bisnis Anda.

Jangan khawatir, di artikel ini kami akan mengupas tuntas plus minus media sosial untuk bisnismu. 

Kelebihan Media Sosial

Interaksi sosial

Media sosial memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan orang lain secara langsung, sementara website biasanya hanya menyediakan informasi statis yang bersifat satu arah.

Dapat diakses dari perangkat mobile

Media sosial dapat diakses dari ponsel atau tablet, sementara website mungkin tidak selalu dapat diakses dengan baik dari perangkat mobile. Ini juga tergantung dari pengaturan website, meskipun begitu kebanyakan website jaman sekarang sudah bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat mobile

Jangkauan yang luas

Salah satu fitur utama media sosial adalah jangkauan luasnya. Ini memungkinkan pengguna untuk mencapai audiens yang lebih luas daripada media lainnya. Pelaku usaha dapat menggunakan jangkauan luas ini untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan pemasaran. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk menjaga silaturahmi dengan teman dan kerabat yang jaraknya jauh.

Marketing

Media sosial memberikan kesempatan yang baik untuk pemasaran produk atau jasa karena memiliki jangkauan yang luas dan dapat mencapai target audiens yang spesifik, Anda bisa menyasar audiens berdasarkan interest & behavior yang tertarget.

Keterlibatan komunitas

Media sosial memungkinkan pembentukan komunitas yang aktif dan partisipatif, yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan dukungan terhadap produk atau jasa.

Kekurangan Media Sosial

Ternyata, pengiklanan melalui media sosial memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan menggunakan website yang mobile friendly (tampil baik pada perangkat mobile). Apa saja kelemahan-kelemahan tersebut?

Arus informasi yang terlalu cepat

Media sosial merupakan media pemberitaan dan pemasaran yang sangat ramai digunakan masyarakat Indonesia. Karenanya, ada banyak sekali update dan posting setiap harinya yang berpotensi menenggelamkan update dan posting Anda di antara informasi-informasi lain, bahkan mungkin informasi yang berasal dari pesaing Anda.

Anda bisa saja bersaing dengan informasi-informasi lainnya dengan menuliskan update setiap saat, tapi benarkah Anda punya waktu sebanyak itu?

Kesulitan menginformasikan detail

Media sosial adalah tempat orang berbagi informasi dengan singkat dan cepat. Dengan demikian, tidak banyak hal yang bisa Anda sampaikan di sana. Oleh karena itu, Anda mungkin akan kesulitan membagikan informasi seputar produk atau layanan yang Anda tawarkan secara detail.

Anda bisa saja memberikan layanan tanya jawab di media sosial untuk melayani keingintahuan para calon pelanggan Anda. Tapi benarkah Anda benar-benar punya waktu untuk melakukannya? Ataukah Anda bersedia membayar staf khusus untuk menanganinya?

Tidak membantu calon konsumen menemukan Anda di Google

Kebanyakan pengguna internet akan mencari produk atau layanan yang mereka cari melalui mesin pencarian Google karena akan lebih hemat waktu dibadingkan harus mencari satu-persatu di lini masa media sosial.

Para calon pelanggan akan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan apa yang ingin mereka cari dan Google akan memberikan saran. Kebanyakan yang akan muncul adalah alamat-alamat website. Bukan akun media sosial perusahaan tertentu meskipun menawarkan produk atau layanan yang terkait.

Kepercayaan Konsumen

Tidak mudah bagi konsumen untuk mempercayai suatu perusahaan penyedia barang atau jasa yang menawarkannya melalui media sosial saja.

Calon pelanggan lebih percaya pada penyedia barang atau jasa yang memiliki website yang komunikatif, profesional, dan memberikan informasi dan kontak yang jelas sehingga calon pelanggan dapat mempercayai perusahaan tersebut dan melakukan pembelian.

Kesimpulan

Jadi bagaimana sebaiknya?

Untuk menjawab tantangan tersebut, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk melakukan promosi penjualan. Jawabannya adalah dengan membuat website yang mobile friendly sehingga informasi tentang perusahaan dan penawaran-penawaran khusus bisa diakses calon pelanggan dengan lebih jelas dan lengkap meskipun para calon pelanggan tersebut mengakses internet dari perangkat mobile mereka.

Memang tidak ada salahnya jika Anda menggunakan media sosial untuk membangun jaringan dan memperluas pemasaran Anda.

Namun ada baiknya jika Anda memiliki website yang mobile friendly sehingga ketika Anda membagikan informasi di media sosial, Anda bisa dengan mudah memberikan tautan-tautan berisi informasi produk atau layanan Anda yang sudah tertulis di website Anda.

Ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda, serta tentu saja lebih efektif untuk membantu pemasaran Anda.

Bila Anda membutuhkan layanan pembuatan website dan landing page terutama untuk bisnis, kami Nuhaweb melayani jasa pembuatan landing page dengan harga terjangkau.

Pertanyaan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Apa kelebihan dan apa kekurangan promosi melalui media sosial?

Kelebihan: Jangkauan yang luas, Interaksi dengan audiens, Target pasar yang spesifik, Pemasaran visual yang efektif.
Kekurangan: Biaya yang cukup tinggi, Konten yang tidak diinginkan, Over-promosi dapat menyebabkan unfollow/unlike, Kebutuhan konten yang konsisten.

Bagaimana media sosial dapat digunakan untuk pemasaran produk atau jasa?

Media sosial dapat digunakan untuk pemasaran produk atau jasa dengan menciptakan konten yang menarik, mengejar target pasar yang spesifik, dan meningkatkan interaksi dengan audiens melalui fitur seperti iklan, posting, dan komunitas online.

Apakah ada risiko keamanan yang harus diperhatikan saat menggunakan media sosial?

Saat menggunakan media sosial, risiko keamanan yang harus diperhatikan termasuk pengungkapan informasi pribadi, phishing, dan hacking. Penting untuk mengatur pengaturan privasi dan bijak dalam berbagi informasi pribadi.

Bagaimana media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan SEO dari sebuah website?

Media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan SEO dari sebuah website dengan membuat link yang dapat diikuti dari media sosial ke website, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan juga meningkatkan page rank website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *