Share

Usaha Kecil Kecilan sebagai Inspirasi Kamu

Picture of annisafauziya
annisafauziya
Blog » Insight Bisnis » Usaha Kecil Kecilan sebagai Inspirasi Kamu
bisnis kecil-kecilan

Dengan adanya peningkatan industri di Indonesia, memungkinkan banyak orang tertarik menjadi entrepreneur. Membuka usaha sendiri dinilai dapat memberikan keuntungan dan penghasilan. Bagi pemula, bisa memulainya dengan membuka usaha kecil kecilan. 

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar dan dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi pelajar sekalipun. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari usaha kecil kecilan untuk pemula yaitu mendapatkan uang saku, penghasilan tambahan, membantu ekonomi keluarga, dsb. Berikut ini beberapa contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan. 

Pengertian dan Definisi Usaha Kecil 

Sebelum membahas tentang jenisnya, akan dibahas pengertian usaha kecil terlebih dahulu. Usaha kecil kecilan adalah jenis usaha yang dimiliki oleh pribadi dan pekerjanya kurang dari 50 orang. Jadi, pemilik dari usaha ini bukan berasal dari badan atau organisasi besar. 

Pemimpinnya hanya satu orang yang mengelola usaha ini secara mandiri dan menentukan keputusan 

Kriteria Usaha Kecil 

Ada beberapa kriteria dari usaha kecil kecilan ini yang membedakan dengan jenis usaha lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Mempunyai modal yang sedikit bahkan ada juga yang tidak memerlukan modal sama sekali. 
  • Bisnis ini cocok dijalankan untuk para pemula belum memiliki sklikk khusus di bidang tertentu. Anda bisa belajar dari nol dan membuka usaha yang menjadi minat Anda. 
  • Tidak butuh banyak tenaga kerja. 
  • Tidak harus mempunyai badan usaha. 
  • Bisa dijalankan tanpa menentukan lokasi tetap seperti toko dan restoran. Jadi, Anda bisa membuka usaha ini di rumah, secara online, atau menjajakan ke beberapa tempat. 
  • Bebas dari pajak karena tidak memiliki tempat usaha yang permanen. 

Usaha Kecil Kecilan Untuk Pemula dan Pelajar / Mahasiswa

Ada banyak jenis usaha kecil kecilan untuk pemula dan atau mahasiswa. Biasanya, mereka ingin membuka usaha untuk mendapatkan uang tambahan. Berikut ini adalah contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang bisa dilakukan oleh pelajar. 

1. Usaha Toko Online 

Peluang bisnis online pertama yaitu membuka toko online karena terbilang praktis dan mudah dilakukan. Toko online termasuk usaha kecil kecilan untuk remaja dan mahasiswa karena bisa dilakukan di waktu istirahat sekolah atau kuliah. 

2. Bisnis Paketan Internet 

Bisnis ini memiliki peluang yang besar karena banyak teman pelajar dan mahasiswa yang membutuhkannya. Oleh sebab itu, Anda bisa menyediakan bisnis ini untuk target pasar yang mudah Anda jangkau yaitu teman sendiri. 

3. Usaha Foto Copy 

Jenis usaha berikutnya adalah bisnis foto copy yang banyak mendatangkan penghasilan karena usaha ini tidak pernah sepi untuk kebutuhan percetakan tugas pelajar dan mahasiswa. 

4. Franchise Minuman atau Jus Buah 

Usaha kecil kecilan untuk remaja berikutnya adalah membuka bisnis minuman karena memiliki peluang yang menjanjikan. Anda bisa menjual jus buah, kopi, teh susu, dsb yang banyak disukai oleh pelajar dan mahasiswa. 

Usaha Laris di Pasar 

Rekomendasi berikutnya adalah membuka usaha yang laris di pasar. Dengan adanya pasar memungkinkan Anda lebih mudah untuk berjualan dan mendistribusikan produk yang dibutuhkan konsumen. 

Berikut ini beberapa ide usaha kecil kecilan untuk pemula yang menjanjikan: 

1. Usaha Sembako 

Jenis usaha ini tidak ada matinya karena selalu dibutuhkan oleh semua orang. Sembako sendiri merupakan kebutuhan pokok. Hal ini yang membuat bisnis ini memiliki peluang selalu laris.

2. Bisnis Frozen Food 

Usaha berikutnya yang sering ada di pasar adalah frozen food. Ide bisnis ini memiliki kelebihan yaitu dapat menyediakan produk yang tahan lama sehingga Anda bisa menjualnya dalam waktu lama dan tidak cepat basi. 

Selain itu, frozen food adalah makanan yang banyak disukai karena rasanya yang enak dengan cara pemasakan yang praktis. Jadi, banyak orang yang mencari ide ini untuk mendapatkan banyak pelanggan. 

Usaha Kecil Kecilan di Desa 

Bagi Anda yang punya usaha di desa, bisa menjalankan beberapa contoh ide bisnis ini: 

  • Usaha ternak. Umumnya daerah pedesaan memiliki lahan yang luas sehingga bisa Anda manfaatkan untuk beternak. 
  • Usaha warnet. Semua orang membutuhkan internet untuk mendapatkan informasi dan mengerjakan tugas. Jadi, Anda bisa menyediakannya agar warga desa bisa mendapatkan internet dengan sinyal yang lancar. 
  • Cetak foto. Biasanya dibutuhkan untuk keperluan pas foto sebagai syarat administrasi. Banyak warga desa yang membutuhkan usaha ini agar tidak perlu pergi ke kota lagi. 

Usaha Kecil Kecilan untuk Ibu Rumah Tangga 

Sebagai ibu rumah tangga, Anda bisa membuka usaha kecil kecilan di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut ini adalah ide usahanya: 

  • Usaha warung kopi. Sebagai ibu rumah tangga, Anda tidak perlu pergi ke luar rumah. usaha warkop ini bisa dijalankan di depan rumah. 
  • Usaha gorengan. Gorengan adalah camilan yang enak dan banyak dibutuhkan untuk berbagai situasi. Anda bisa membuka bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara yang mudah. 
  • Usaha laundry. Usaha ini akan cocok bagi yang memiliki mesin cuci di rumah. 
  • Usaha catering. Bagi yang hobi memasak bisa memanfaatkan bakatnya membuka catering bisnis rumahan dengan berbagai pilihan menu dan acara yang disesuaikan. 

Usaha Kecil Kecilan Sampingan Karyawan 

Bagi seorang pekerja kantoran yang ingin menambah penghasilan, bisa membuka usaha sampingan, diantaranya sebagai berikut: 

  • Jasa freelance penulis. Sistem kerjanya yang fleksibel dan tanpa modal ini menjadi pilihan tepat bagi karyawan untuk mendapatkan uang tambahan. 
  • Berjualan kopi racikan. Usaha minuman kopi racikan tidak perlu membuka kedai besar, Anda bisa menjualnya kepada teman kantor dan keluarga terdekat saja. 
  • Jasa desain grafis. Ide usaha ini akan cocok bagi yang memiliki kemampuan dalam desain grafis. Banyak yang mencari jenis usaha ini untuk membuka logo, banner, undangan, dsb. 

Keuntungan Usaha Kecil 

Keuntungan dari usaha kecil yaitu termasuk dalam bisnis skala kecil sehingga modalnya juga kecil pula dan dari sumber pribadi saja. 

Dari ciri tersebut membuat bisnis ini lebih mudah dijalankan siapa saja karena pemilknya memiliki kebebasan dan tidak ada batasan dalam mendirikannya seperti harus membuat dokumen-dokumen dalam membuat usaha besar. 

Kelebihan selanjutnya yaitu keuntungan yang didapatkan dari usaha ini bisa diambil oleh pelaku bisnis tersebut karena seluruhnya menjadi hak miliknya. Sedangkan ciri usaha kecil menurut UU Nomor 9 Tahun 1999 adalah usaha dengan laba bersihnya paling banyak Rp 200 ribu. 

Lalu,jenis usaha ini memiliki penjualan maksimal  mencapai Rp 1 juta. 

Resiko Usaha Kecil 

Selain memiliki keuntungan, ada juga resiko yang harus Anda waspadai dalam menjalankan usaha kecil, yaitu: 

  • Dipengaruhi oleh kinerja dari pemilik bisnis. Jika dilakukan setengah-setengah  hasilnya tentu tidak maksimal dan bisa bangkrut. 
  • Modal usaha yang terbatas. 
  • Kurangnya tenaga kerja yang bisa mengatur dan mengawasi persediaan barang. 
  • Kondisi keuangan yang seringkali tidak dikelola dengan baik dan bercampur dengan dana milik pribadi. 

Tips Pemasaran Digital Usaha Kecil-kecilan

Digital marketing merupakan salah satu media kampanye bisnis yang sangat efektif untuk memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan penjualan, terutama bagi usaha kecil-kecilan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat website.

Sebelum membuat website, pastikan bahwa bisnis Anda telah memenuhi kriteria usaha kecil-kecilan, seperti modal yang sedikit, tidak memerlukan tenaga kerja banyak, tidak harus mempunyai badan usaha, dan bisa dijalankan tanpa menentukan lokasi tetap seperti toko dan restoran. Kemudian, buatlah website yang menarik dengan desain yang sesuai dengan citra bisnis Anda.

Gunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Selain itu, promosikan website melalui media sosial dan marketplace agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan potensial. Terakhir, perbarui konten website secara berkala dan berikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan merasa puas dan loyal terhadap bisnis Anda. Anda bisa membuat website dengan memanfaatkan CMS terkenal seperti Joomla atau WordPress jika dirasa ribet kamu bisa menggunakan jasa website dari Nuhaweb.

Kesimpulan 

Setelah membaca artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya peningkatan industri dan wiraswasta di Indonesia, semakin banyak orang yang tertarik menjadi entrepreneur. Salah satu cara untuk memulai bisnis adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan, yang tidak membutuhkan modal besar dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pelajar. Usaha kecil-kecilan memiliki kriteria-kriteria yang membedakannya dari jenis usaha lainnya, seperti modal yang sedikit atau bahkan tidak memerlukan modal sama sekali, bisa dijalankan tanpa menentukan lokasi tetap, dan bebas dari pajak.

Beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang dapat dilakukan oleh pelajar adalah toko online, bisnis paketan internet, bisnis fotocopy, dan franchise minuman atau jus buah. Selain itu, beberapa usaha kecil-kecilan yang laris di pasar adalah usaha sembako dan bisnis frozen food. Bagi Anda yang tinggal di desa, bisa menjalankan usaha ternak atau usaha pengolahan hasil pertanian. Dengan memulai usaha kecil-kecilan, Anda dapat mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan, serta membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Itulah beberapa contoh usaha kecil kecilan yang dapat dilakukan untuk berbagai kondisi Anda. Usaha ini memiliki berbagai keuntungan karena mudah dibuat. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan beberapa resikonya sehingga perlu dijalankan dengan sungguh-sungguh. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *