Share

12+ Usaha Sampingan Online Tanpa Modal yang Unik dan Cuan

Picture of annisafauziya
annisafauziya
Blog » Insight Bisnis » 12+ Usaha Sampingan Online Tanpa Modal yang Unik dan Cuan

Usaha sampingan online merupakan salah satu pilihan yang pantas dicoba saat ini. Bahkan tak jarang, usaha yang awalnya hanya untuk mendapat penghasilan tambahan, justru bisa memberikan Anda cuan yang besar.

Tak perlu khawatir, usaha sampingan online yang akan dibahas di artikel ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kok. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga pekerja kantoran sekalipun. Sebab, Anda tak perlu keluar modal besar untuk memulainya.

Penasaran, kan? Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak rekomendasi usaha sampingan online tanpa modal yang unik dan cuan!

12+ Ide Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Berikut daftar 13 usaha sampingan online yang bisa Anda mulai dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali. Apa saja?

Jual Baju Branded Bekas atau Thrift Shop

Usaha sampingan online pertama yang bisa Anda coba adalah menjual baju bekas. Usaha ini bisa Anda coba bila Anda mempunyai koleksi baju-baju branded yang sudah tak terpakai. Entah karena sudah tidak muat atau karena sudah bosan. Daripada menumpuk dan memenuhi lemari, lebih baik Anda jual, kan?

Untungnya, pangsa pasar baju bekas branded cukup populer sekarang. Alasannya, banyak orang yang menganggap hal ini sebagai kesempatan emas untuk mendapatkan barang bermerek dengan harga murah. 

Nah, Anda bisa menjual baju bekas branded Anda melalui media sosial dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Pastikan Anda mengambil foto baju dengan dengan sudut menarik dan pencahayaan yang cukup ya. Lalu, beri keterangan lengkap seperti merk, ukuran, tanggal pembelian, dan semacamnya. 

Menjadi Dropshipper

Mungkin Anda tak asing dengan usaha sampingan online yang satu ini. Singkatnya, dropshipper adalah menjual produk orang lain. Sistem dropship ini hampir mirip dengan reseller, bedanya Anda tak diharuskan memiliki stok barang sendiri. Jadi, Anda bisa memulainya dengan modal yang sangat minim.

Bagi Anda yang masih asing, sistem kerja dropshipper adalah Anda bekerjasama dengan supplier atau suatu produsen barang. Lalu, Anda mempromosikan produk mereka di berbagai tempat, seperti media sosial, marketplace, hingga website. Nantinya bila ada pembeli, Anda bisa menghubungi supplier tersebut agar barang dikirim langsung ke pembeli, tapi menggunakan nama Anda sebagai penjualnya.

Baca juga: 13+ Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan [Terbaru]

Nah, keuntungan Anda nanti didapatkan dari selisih penjualan barang tersebut. Contohnya, harga dari supplier adalah 30 ribu dan Anda menjualnya 50 ribu. Jadi, Anda untung 20 ribu. Menariknya, Anda bebas menentukan selisih tersebut, sehingga Anda bisa berpotensi meraup banyak cuan dari dropshipper.

Membuka Jasa Titip (Jastip)

Selanjutnya, usaha sampingan online tanpa modal yang bisa Anda coba adalah membuka jasa titip atau populer disebut dengan jastip. Anda bisa menjalankan jastip untuk pembelian barang yang sedang tren maupun barang kebutuhan tertentu.

Sekarang, jastip tak melulu mengharuskan Anda untuk datang ke toko, lho. Melainkan, Anda bisa membelinya secara online melalui sistem Open Order. Singkatnya sistem ini adalah “siapa cepat dia yang dapat.” 

Masalahnya, tak semua orang bisa berebut untuk mendapatkannya karena berbagai kendala. Di sinilah Anda datang sebagai solusi. Anda cukup menyediakan jaringan internet yang stabil dan perangkat yang memadai untuk menjalankan jastip online dengan sistem open order ini.

Umumnya, fee jastip dihitung per item yang dibeli. Misalnya, 20 ribu per item dan Anda membeli 5 item, artinya Anda mengantongi untung 100 ribu. Oh ya, rentang fee jastip bisa berbeda-beda tergantung jenis produknya, ya. Jadi, fee yang Anda dapatkan juga bervariasi. Lumayan, bukan?

Memulai Bisnis Online

Era digital saat ini menyediakan peluang yang besar untuk memulai bisnis online. Seperti membuat website yang dapat diadaptasikan untuk transaksi online, seperti e-commerce, toko online, website portofolio.

Berdasarkan data tahun 2023, 2,1 miliar orang sudah melakukan transaksi online, itulah mengapa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengejar kesuksesan dalam bisnis online dan menjadikannya bisnis utama maupun sebagai kerja sampingan online.

Tenang, jika Anda sudah punya usaha tapi belum online, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website toko online kami. Tidak perlu repot, website toko online kami buatkan.

Ikut Afiliasi

Ide kerja sampingan berikutnya adalah afiliasi. Afiliasi adalah suatu program yang akan memberikan Anda bonus komisi bila berhasil menjual produk yang ditentukan. Dengan kata lain, afiliasi ini termasuk program berbagi pendapatan atau revenue sharing.

Sistem kerja yang diterapkan afiliasi relatif sederhana. Anda cukup mendaftar pada program afiliasi yang disediakan, mendapat kupon, lalu menjual produk menggunakan kupon yang didapat. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula komisi yang bisa Anda dapatkan.

Menjadi Admin Media Sosial

Sekarang ini banyak pelaku usaha yang memiliki media sosial untuk pemasaran produknya. Tak heran karena memanfaatkan media sosial merupakan salah satu cara ampuh dalam penerapan digital marketing. Nah, tak jarang seorang pengusaha memiliki lebih dari satu akun media sosial, sehingga dibutuhkan banyak bantuan dari admin untuk memudahkan pengelolaan. 

Menjadi admin media sosial tak dibutuhkan modal uang, kok. Melainkan, Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik serta keahlian dalam mengoperasikan media sosial. Selain itu, tentu saja koneksi internet dan perangkat yang memadai. Bila Anda memiliki semuanya, Anda bisa menjalankan usaha online ini dari rumah sekalipun.

Menjadi Penulis Freelance 

Bila Anda memiliki hobi menulis, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis freelance atau penulis lepas. 

Kesempatan menjadi penulis freelance itu cukup terbuka, lho. Mulai dari menjadi penulis buku, artikel blog, deskripsi produk, dan lainnya. Apalagi, bila Anda memiliki blog sebagai tempat untuk pamer portofolio. Bisa dijamin Anda akan lebih dilirik calon klien daripada pesaing lain yang tak mempunyai portofolio.

Sekarang ini juga banyak penyedia jasa penulis lepas yang bisa kamu ikuti. Ada banyak keuntungan bila kamu bergabung menjadi penulis freelance di penyedia jasa. Salah satunya kamu tidak perlu repot mencari klien sendiri dan tinggal mengerjakan pesanan artikel yang masuk.

Membuka Jasa Periklanan Digital

Perkembangan dunia digital saat ini juga menawarkan peluang untuk membuka jasa periklanan digital. Dengan mempelajari platform periklanan online seperti Facebook Pixel, Google Ads, dan Tiktok Ads, Anda dapat menawarkan jasa periklanan digital kepada bisnis yang belum memahami digitalisasi usaha.

Anda dapat mempelajari keterampilan di bidang digital advertising di platform seperti Google Digital Garage, Ahrefs Academy, HubSpot Academy, dan Coursera.

Menjadi Freelancer Desain Grafis

Mirip dengan menjadi penulis lepas, freelance desainer grafis juga usaha sampingan online yang menjanjikan. Terutama, bila Anda memiliki keahlian mendesain dan mengoperasikan aplikasi desain grafis seperti Photoshop, Corel Draw, dan semacamnya.

Pendapatan yang diperoleh seorang freelance desain grafis terbilang lumayan, lho. Hal ini karena Anda memiliki andil besar dalam mendesain grafis. Mulai dari pembuatan desain, penentuan konsep, hingga karya desain grafis yang Anda hasilkan. 

Beberapa contoh peluang desain grafis yang umumnya tersedia adalah pembuatan logo, ilustrasi, undangan online, dan sebagainya.

Menjadi Data Entry

Rekomendasi kerja sampingan online berikutnya adalah data entry. Data entry adalah pekerjaan dimana Anda diminta untuk menginput atau memasukkan berbagai data secara online. Modal yang harus Anda siapkan hanya gadget dan internet yang memadai untuk mengisi data online sesuai permintaan.

Menariknya, data entry tak hanya ditawarkan oleh perusahaan besar saja, lho. Sebab, cukup banyak pelaku bisnis online dari berbagai sektor yang juga membutuhkan data entry. Maka dari itu, tugas pengisi data entry yang tersedia juga cukup beragam. Mulai dari mengetik, melakukan transkrip, hingga merekam suara sesuai kebutuhan klien.

Membuka Kursus Online

Jika Anda memiliki keahlian khusus atau pemahaman terhadap suatu ilmu, Anda bisa membuka kursus online sebagai usaha sampingan online, lho. Misalnya, melalui Zoom atau menyediakan kelas berbayar dan harus mendaftar terlebih dahulu.

Oh ya, keahlian atau ilmu yang dimaksud tidak harus melulu di bidang pelajaran, kok. Melainkan, bisa juga keahlian memasak, DIY, membuat desain, programming, marketing, atau lainnya.

Pastikan bahwa Anda membuka kursus sesuai target pasar ya. Apakah untuk kalangan umum, pelajar, pegawai, dan semacamnya. Lalu, sesuaikan target pasar tersebut dengan materi yang hendak Anda sampaikan. Jangan sampai target pasar Anda merasa kebingungan atau merasa terlalu mudah.

Menjadi Gamer Online

Memanfaatkan keahlian dalam bermain game dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghasilkan uang secara online. Anda dapat menjadi tester game atau streamer di Twitch atau di platform live lainnya. Meskipun begitu, cara ini masih belum lazim di Indonesia.

Bahkan, ada juga contoh-contoh kasus yang menunjukkan betapa menguntungkannya menjadi gamer. Penting untuk diingat, dalam menjalankan kerja sampingan online seperti ini, kita harus tetap fokus dan membuat prioritas dalam mengelola waktu. Membuat jadwal yang baik dan menetapkan target dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan. Ayo kerja keras untuk uang tambahan.

Menjadi Pengisi Survey Online

Usaha sampingan online tanpa modal yang cukup populer akhir-akhir ini adalah menjadi pengisi survey online. Selain mudah dilakukan, potensi cuan yang Anda dapatkan juga cukup menggiurkan, lho.

Nah, untuk menjadi pengisi survey online, Anda perlu mendaftar pada platform survey online terlebih dulu. Misalnya, SurveyOn, Mobrog, atau PanelPlace. Selain ketiga platform tersebut, Anda juga masih bisa menemukan platform lain dengan mencarinya di Google.

Setelah Anda mendaftar, Anda harus menunggu dulu proses verifikasi. Bila pendaftaran Anda diterima, Anda akan mendapat email survey yang bisa langsung Anda dilengkapi. Semakin banyak survey yang Anda kerjakan, semakin banyak pula poin yang bisa Anda tukarkan ke dalam bentuk uang.

Menjadi YouTuber

YouTube adalah platform yang tidak boleh diabaikan jika Anda ingin mencari penghasilan tambahan melalui kerja sampingan online. Banyak orang yang telah sukses menjadi YouTuber dengan penghasilan yang tinggi, seperti Jess No Limit atau Agung Hapsah.

Tetapi, Anda tidak perlu menjadi viral dan terkenal untuk menghasilkan uang dari YouTube. Ada berbagai jenis konten yang dapat Anda buat, mulai dari edukasi, kecantikan, fashion hingga kuliner.

Cara terbaik untuk menjadi YouTuber yang keren dan sukses adalah dengan membuat channel yang unik dan sesuai dengan keahlian Anda, lalu melakukan riset kata kunci dan optimasi channel Anda agar dapat menempati peringkat atas dalam hasil pencarian di search engine Youtube.

Menjadi Talent Voice Over

Talent voice over merupakan profesi yang dapat dijadikan sebagai pekerjaan utama atau sampingan. Jika Anda memiliki kemampuan olah vokal yang baik dan mumpuni, Anda dapat mengejar profesi ini karena penghasilannya dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per menit.

Selain itu, kerja sampingan sebagai talent voice over dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja, sehingga sangat fleksibel dan cocok untuk Anda yang ingin menambah penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Namun, seperti halnya kerja sampingan lainnya, dibutuhkan kesungguhan dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan profesi ini. Belajar terus meningkatkan keterampilan, mencari peluang, dan membuat jadwal yang baik adalah kunci sukses dalam menjalankan kerja sampingan online sebagai talent voice over.

Menjadi Social Media Evaluator

Usaha sampingan online yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Lalu, apa itu social media evaluator? Seperti namanya, social media evaluator merupakan pekerjaan dimana tugas utama Anda adalah mengevaluasi suatu akun media sosial.

Evaluasi ini bermacam-macam. Mulai dari tulisan, gambar, hingga video yang diposting. Modal yang perlu Anda siapkan tak jauh berbeda dengan admin media sosial, yaitu gadget dan koneksi internet yang cukup.

Oh ya, bagi pemula kami anjurkan Anda untuk bergabung dengan agensi terlebih dahulu seperti LionBridge atau Appen. Jadi, pastikan Anda juga mahir berbahasa Inggris. Nantinya, bila Anda merasa sudah berpengalaman, Anda bisa membuka jasa jasa sosial media evaluator sendiri.

Menjadi Penerjemah Bahasa

Bila Anda mempunyai kemampuan mahir berbahasa asing, Anda bisa mencoba menjadi penerjemah bahasa, lho. 

Pasar penerjemah ini cukup menjanjikan karena cukup banyak pihak membutuhkan jasa penerjemah. Mulai dari industri hiburan hingga perusahaan di berbagai bidang. Tugas yang ditawarkan pun juga beragam. Contohnya, penerjemah dokumen, terjemah acara, hingga terjemah subtitle.

Umumnya, penerjemah bahasa yang sering dibutuhkan adalah penerjemah bahasa Inggris. Namun, tak jarang pula pula dibutuhkan penerjemah untuk bahasa asing yang lain seperti bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Spanyol, dan lainnya.

Membuat Blog

Menjalankan sebuah blog dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan kerja sampingan online. Anda dapat dengan mudah memulainya dengan mendaftar ke platform seperti Blogger, Joomla, WordPress, Wix, atau penyedia layanan website gratis lainnya.

Menulis artikel-artikel yang bermanfaat dan menarik bagi pembaca dapat menarik perhatian pengunjung ke blog Anda. Selain itu, jika jumlah pengunjung sudah cukup banyak, Anda dapat memasang iklan dengan Google AdSense dan melakukan Afiliate sebagai sumber penghasilan tambahan.

Menjadi Content Creator

Menjadi content creator adalah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk menghasilkan uang melalui kerja sampingan online. Jika Anda memiliki hobi membuat konten di media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, atau Twitter, Anda dapat mengejar kesempatan untuk menjadi content creator profesional.

Ketika Anda sudah memiliki jumlah followers yang cukup dan tingkat engagement rate yang tinggi, Anda dapat menjalani bisnis affiliate marketing dan menghasilkan potensi pendapatan hingga ratusan juta rupiah. Siapkan ide konten yang unik dan mulai kerja sampingan online Anda sekarang juga!

Membuka Toko Online

Sekarang, sangat mudah untuk membuka toko online sendiri, lho. Dengan membuat toko online atau online shop, Anda bebas menentukan strategi pemasaran yang sesuai. 

Baca juga: Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

Melalui web khusus toko online, Anda akan terlihat lebih profesional di mata konsumen. Selain itu, Anda juga mempunyai kebebasan lebih. Mulai dari desain web, menyusun pengaturan display produk, dan lainnya sesuai gaya dan kebutuhan bisnis Anda. Hal tersebut jelas tidak akan Anda dapatkan bila berjualan di media sosial atau marketplace.

Terdengar menarik, kan? Untungnya, Anda tak perlu pusing membuat toko online karena Nuhaweb siap membuatkannya untuk Anda. 

Usaha Sampingan Mana yang Anda Pilih?

Wah, ternyata banyak juga usaha sampingan online yang menghasilkan pemasukan tambahan bagi Anda, ya? Beberapa diantaranya bahkan bisa Anda jalankan tanpa perlu modal sama sekali. Menariknya, walaupun tanpa modal, tapi potensi cuan yang Anda dapatkan bisa cukup besar, lho.

Lalu, mana usaha sampingan online tanpa modal yang Anda pilih? Usaha manapun yang Anda pilih, pastikan sudah sesuai dengan kemampuan Anda ya!

Sekian artikel rekomendasi usaha sampingan online. Bila Anda ada rekomendasi lain, tak perlu sungkan meninggalkannya di kolom komentar ya. Semoga sukses dengan usaha sampingan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *