Share

Contoh Website Toko Online dan Perusahaan Sederhana

Picture of Ridandi Bintang
Ridandi Bintang
Blog » Website Development » Contoh Website Toko Online dan Perusahaan Sederhana
contoh website toko online

Ketika membangun website toko online, desain adalah elemen krusial yang perlu diperhatikan. Desain yang elegan dan fungsional dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian melalui website. Bagi kamu yang masih bingung website mana yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan referensi ataupun ingin melakukan transaksi jual beli.

Contoh Website Toko Online

Berikut beberapa contoh website toko online yang bisa kamu jadikan refrensi.

Bukupedia

Contoh website toko online yang bisa masuk ke dalam kategori website terbaik dan terpercaya salah satunya yaitu Bukupedia. Pada tahun 2016, Bukupedia berhasil menjadi juara kedua di ajang Indonesia E-Commerce Awards. Bukupedia juga memiliki Bukupedia Merchant Center sebagai platform online khusus penerbit di Bukupedia. 

Sehingga dengan adanya platform ini, diharapkan para penerbit bisa lebih mudah dalam  mengelola buku-buku terbitan mereka yang dijual di website bukupedia. Selain itu, bagi kamu yang ingin membuat website dengan tema penjualan buku bisa menjadikan website ini sebagai inspirasi.

Bliss

Contoh website toko online berikutnya adalah Bliss.Toko online ini berhasil menjadi salah satu finalis di kategori Overall Design di ajang penghargaan Big Commerce Design Awards pada tahun 2018. Bliss adalah sebuah toko online produk kecantikan dan perawatan kulit yang memiliki desain dengan nuansa anak muda dan sangat berwarna atau colourful. 

Dikarenakan memiliki desain yang bernuansa anak muda, website ini bisa menjadi referensi atau contoh website saat kamu ingin membuat website dengan sasaran para anak muda.

Fronks

Contoh web design toko online ketiga yaitu Fronks. Toko online selanjutnya yaitu Fronks. Menurut Stuart McMillan, pada homepage itulah terdapat 30 persen session dari sebuah website toko online. Maka dari itu, website toko online seharusnya mempunyai homepage yang menarik. 

Fronks sendiri, sebagai finalis di kategori homepage di Big Commerce Design Awards 2018, berhasil menunjukkan bagaimana toko online ini bisa membuat homepage yang menarik untuk produk minuman yang dijualnya.  

Mizanstore

Toko buku online selanjutnya selain bukupedia adalah mizanstore. Toko buku online ini merupakan website dari penerbit Mizan. Mizanstore menyediakan berbagai genre buku yang dijual seperti novel, computer, sejarah, psikologi, dan lainnya. Di website Mizanstore terdapat beberapa menu seperti category, ebook, print on demand, blog, dan kontak. 

Di samping kanan website juga terdapat fitur icon chat yang berfungsi sebagai fitur obrolan dengan konsumennya sehingga memunkinkan penjual berkomunikasi dengan pelanggan. Tampilan homepage toko buku online ini juga cukup menarik dan mudah di akses.

Erafone

Toko online yang menjual berbagai ponsel ternama ini juga bia dijadikan inspirasi dalam membuat website toko online dengan design yang modern. Erafone menjual berbagai ponsel dengan merk ternama seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan produk ponsel lain yang dibuat oleh Erajaya group.

Erafone termasuk ke dalam contoh website toko online terbaik karena web Erafone ini menampilkan beberapa informasi seperti smartphone dan table, headphone dan speaker, kamera dan video, aksesoris hp, dan lainnya. Tampilan homepage website ini juga mudah untuk diakses dan cukup informatif.

Mensrepublic

Seperti halnya dengan Namanya, toko online ini menjual barang-barang untuk kaum milenial seperti kaos, sepatu, kemeja, tas, dan barang lainnya. Toko online ini didirikan oleh seorang pebisnis muda yang sukses, Yasa Singgih. Website toko ini termasuk dalam salah satu contoh web design keren. 

Website toko online ini simple tetapi tetap keren dan tentunya amat menarik bagi kaum milenial sebagai sasaran penjualannya. Menu yang ditampilkan di website toko online milenial ini yaitu koleksi, promo, jurnal, konfirmasi pembayaran, dan menu lainnya. Buat kamu yang ingin membuat website untuk berjualan barang yang sama, bisa menjadikan website ini sebagai referensi.

Buku Kita

Selain Bukupedia dan Mizanstore, toko buku online lain yang memiliki website dengan desain yang tidak kalah bagus yaitu toko buku online Buku Kita. Toko buku online ini adalah toko online yang menjual buku dengan berbagai kategori seperti cerita anak, komik, novel, Al-Qur’an, dan kategori lainnya yang berasal dari berbagai penerbit yang ada di Indonesia.

Desain dari website ini simple akan tetapi tetap bernuansa kekinian, sehingga sangat cocok digunakan sebagai platform anak muda untuk berbelanja buku. Menu atau informasi yang ada di website toko buku online ini yaitu kategori, member, reward, transaksi, dan buku.  

Nike

Contoh web design toko online berikutnya adalah Nike. Perusahaan dengan brand yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia ini memiliki desain website yang simple tetapi bisa menggambarkan perusahaan itu sendiri. Nike menjual berbagai produk seperti sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga.

Tampilan website Nike sendiri sebenarnya cukup stylish dan milenial, sangat sesuai untuk anak muda ataupun kaum milenial. Menu atau informasi yang tertera di website ini yaitu men, women, girls, dan collection. Website toko online ini bisa menjadi salah satu inspirasi buat kamu karena sudah terbukti kesuksesannya dalam bisnis.

Contoh Website Perusahaan

Berikut ini contoh website perusahaan yang mempunyai desain website yang baik antara lain sebagai berikut ini:

Siemens

Siemens merupakan salah satu contoh web design perusahaan yang keren, Siemens bahkan sudah berhasil menduduki peringkat ketujuh di indeks tahun ini, padahal di tahun sebelumnya Siemens menduduki peringkat kesebelas. 

Perusahaan Siemens ini menggunakan teknik new journalism yang memiliki kesan tegas dan modern di saat bersamaan, sehingga tidak menutup kemungkinan website perusahaan ini masuk dalam sepuluh besar website terbaik dalam Index of Online Excellence Bowen Craggs 2018.

Bayer

Selanjutnya yaitu website perusahaan Bayer. Tahun ini Bayer berhasil menduduki peringkat kedua dengan total skor 213. Bayer bukan hanya menampilkan produk apa saja yang dijual, tetapi juga menampilkan menu magazine yang berisi beberapa artikel edukatif dari berbagai topik. 

Sehingga berdasarkan informasi tersebut, website Bayer ini selain digunakan untuk  keperluan komersial juga berfungsi sebagai website yang bersifat edukatif. Maka dari itu, website ini bisa masuk ke lima besar terbaik berdasarkan Index of Online Excellence Bowen Craggs 2018.

Coca Cola

Contoh website perusahaan selanjutnya yaitu Coca Cola. Perusahaan satu ini tentu sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena termasuk perusahaan atau merk yang sangat popular di Indonesia bahkan di dunia.

Perusahaan Coca Cola ini menempati peringkat ke dua puluh Sembilan di Index of Online Excellence Bowen Craggs 2018.Meskipun website ini tidak menempati kedudukan di range atas, akan tetapi tetap bisa dijadikan contoh website yang bergaya magazine.

Bahkan sejak tahun 2013, perusahaan ini sudah melakukan kampanye Coca Cola Journey yang berisi cerita-cerita mengenai produk Coca Cola di berbagai aktivitas konsumennya di seluruh dunia pada website perusahaannya. Sehingga dengan kampanye ini Coca Cola semakin dikenal oleh banyak orang.

Nestle

Contoh website perusahaan yang kelima yaitu Nestle. Perusahaan yang sudah sangat familiar di masyarakat ini ternyata juga menduduki peringkat kedua bersamaan dengan BP dan Bayer. Meskipun Nestle tidak menonjol dalam segi visualnya, akan tetapi Nestle memiliki keunggulan di aspek kualitas informasi.

Hal menarik lain dari perusahaan ini yaitu pengunjung website Nestle bisa memasukkan tanggal lahirnya pada menu ‘Your Life in Food’ yang kemudian pengunjung website akan mendapatkan informasi mengenai fakta makanan yang terjadi di tahun tersebut. Hal ini menjadi sesuatu yang unik dan tentunya membedakan dengan website perusahaan lain.

Unilever

Contoh website perusahaan yang selanjutnya adalah dai Unilever. Perusahaan yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat karena produk-produk dari perusahaan ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Menurut Bowen Craggs, perusahaan Unilever ini memang dari awal sudah bagus, dan semakin kesini semakin mengalami peningkatan kualitas dan semakin tinggi efektifitasnya.

Unilever berhasil menciptakan citra perusahaan yang peduli terhadap sustainability atau keberlanjutan, seperti salah satu kampanye nya yaitu membantu warga india agar bisa mendapatkan toilet yang layak.

Gojek

Website perusahaan dalam negeri ini cukup menarik karena untuk website gojek menggunakan beberapa warna yang berbeda di tiap fitur atau iconnya secara detail.

Warna-warna tersebut yaitu putih untuk font dan background, hitam untuk widget sebelum footer, dan warna biru, orange, dan hijau digunakan untuk icon-icon yang ada pada website. Perusahaan ini tentu tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena sudah sangat populer dan banyak digunakan sehari-hari.

Pegipegi

Contoh website perusahaan selanjutnya yaitu pegipegi. Perusahaan dalam bidang bisnis ini memiliki fitur pendukung yang lengkap dan kecepatan loading yang lengkap pula. Website perusahaan ini juga termasuk ke dalam contoh web design keren yang bisa kamu ikuti. 

Dalam website ini, pengunjung website nantinya akan bisa menemukan 10 rekomendasi kota-kota yang ada di Indonesia. Hal ini bisa menjadi suatu penilaian positif dan menimbulkan citra perusahan yang baik karena memunkinkan pengunjung website mengenal lebih dekat kota-kota terbaik di Indonesia sebagai destinasi.

Apa Kunci Desain Website Toko Online yang Menarik?

Menciptakan website e-commerce yang menarik bukan hanya tentang visual, tetapi juga tentang memberikan user experience. Desain yang menarik secara visual dan kemudahan navigasi adalah fondasi untuk menjadikan bisnis online Anda sukses.

Berikut adalah aspek-aspek penting dalam mendesain website e-commerce:

1. Navigasi yang Intuitif

Pelanggan yang berkunjung ke situs Anda harus dengan mudah mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan dan cara melakukannya. Desain Anda harus intuitif, memandu pengunjung melalui proses belanja dengan mudah dan cepat.

Tips:

  • Jelas bedakan antara elemen statis dan yang bisa diklik.
  • Buat tombol call-to-action yang menonjol.
  • Atur konten berdasarkan prioritasnya dengan hierarki visual yang jelas.

2. Responsif dan Mobile-Friendly

Dengan meningkatnya trafik dari perangkat mobile, memastikan website Anda responsif dan mudah diakses via smartphone atau tablet adalah hal yang wajib.

Tips:

  • Gunakan desain yang responsif untuk tampilan di berbagai perangkat.
  • Optimalkan website untuk scrolling yang nyaman.
  • Kompres elemen berukuran besar untuk kecepatan loading optimal.

3. Konsistensi Branding

Keseragaman elemen desain di seluruh platform dan media adalah kunci untuk membangun identitas brand yang kuat dan mudah dikenali.

Tips:

  • Kembangkan panduan gaya brand untuk konsistensi elemen desain.
  • Mulailah dengan logo yang kuat sebagai basis identitas visual brand Anda.

4. Tampilan Rapi dan Konten yang Mudah Dibaca

Sederhanakan desain dengan menghindari elemen berlebihan dan pastikan teks informatif disajikan secara ringkas dan jelas.

Tips:

  • Gunakan ruang kosong untuk membantu fokus dan kenyamanan visual pengunjung.
  • Batasi panjang paragraf dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Gunakan tool untuk memeriksa keterbacaan konten Anda.

Dengan memperhatikan elemen-elemen di atas, Anda akan dapat menciptakan website e-commerce yang tidak hanya estetik tapi juga fungsional, memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan efisien bagi pengunjung, sekaligus mendukung pertumbuhan bisnis online Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh website perusahaan dan contoh website toko online terbaik sederhana yang bisa kamu jadikan inspirasi juga referensi ketika kamu ingin membuat sebuah website sendiri untuk bisnismu. Jadi, website mana nih yang paling sesuai dengan style dan targetmu? Yuk, segera kunjungi halaman jasa pembuatan website profesional kami dan dapatkan website sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *