Share

Blogspot vs WordPress: Platform Mana yang Lebih Baik?

admin
admin
Blog » Website Development » Dasar Website » Blogspot vs WordPress: Platform Mana yang Lebih Baik?
platform website

WordPress dan Blogspot merupakan dua platform yang sangat populer dalam dunia blogging. Namun, sebenarnya apa sih perbedaan Blogspot vs WordPress? Lalu, di antara dua platform tersebut manakah yang lebih bagus untuk Anda gunakan?

Nah, sebelum memilih antara Blogspot dan WordPress, sebaiknya Anda mempelajari dulu perbedaan Blogspot dan WordPress secara detail. Yuk simak langsung perbedaannya di bawah!

Mengenal Blogspot: Layanan Blogging dari Google

Blogspot, yang dikenal juga dengan nama Blogger, adalah layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerbitkan blog secara gratis. Blogspot berperan sebagai penyedia domain, memberikan alamat blogspot.com kepada setiap blog yang dibuat melalui platform ini.

Blogger, platform di balik Blogspot, pertama kali diperkenalkan oleh Pyra Labs pada 1999 dan kemudian diakuisisi oleh Google pada 2003. Dengan diambil alih oleh Google, Blogger menjadi lebih terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya. Misalnya, pengguna dapat mendaftar menggunakan akun Google, menghubungkan blog mereka dengan Google Analytics untuk analisis, dan memanfaatkan Google Drive untuk penyimpanan data.

Kemudahan ini membuat Blogger populer di kalangan blogger pemula. Hingga Juli 2021, tercatat ada sekitar 1,2 juta pengguna Blogger di seluruh dunia.

WordPress: Platform CMS untuk Beragam Jenis Website

WordPress, berbeda dengan Blogspot, adalah sistem manajemen konten (CMS) yang lebih fleksibel, memungkinkan penggunanya untuk membuat berbagai jenis website, termasuk blog dan toko online. Dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003, WordPress terinspirasi dari b2/cafeblog, sebuah software publikasi yang ingin mereka sempurnakan.

Sebagai platform open-source, WordPress terus berkembang dengan fitur baru dan telah digunakan oleh lebih dari 28 juta pengguna. WordPress terbagi menjadi dua versi: WordPress.com yang menawarkan layanan blogging gratis serupa dengan Blogger, termasuk opsi berbayar, dan WordPress.org yang menyediakan platform WordPress yang bisa diunduh gratis untuk keperluan blogging atau pembuatan website lainnya.

Perbedaan Antara Blogspot vs WordPress Secara Lengkap 

Perbedaan antara WordPress dan Blogspot bisa dilihat dari beberapa aspek. Berikut di antaranya:

1. Sejarah

Blogspot adalah salah platform yang digunakan untuk blogging. Platform ini awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs di tahun 1999, tetapi pada tahun 2003 akhirnya Google melakukan akuisisi terhadap Blogspot.

Sementara itu, WordPress merupakan platform blogging populer yang sudah ada sejak tahun 2003. Platform CMS yang satu ini diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. 

WordPress dikembangkan dengan sistem open source dan kerap meluncurkan update seiring dengan perkembangannya.

2. Jenis

Perbedaan WordPress dan Blogspot juga terdapat pada jenisnya. Blogspot sejak dulu hanya ada satu jenis. Beda halnya dengan WordPress yang mengalami perkembangan, dan kini memiliki dua jenis yaitu WordPress.com dan juga WordPress.org.

Berikut adalah perbedaan antara dua jenis platform WordPress tersebut, yaitu:

Faktor PembedaWordPress.comWordPress.org
HostingHanya dapat dijalankan menggunakan hosting yang dimiliki WordPress.Dapat dijalankan menggunakan self-hosted atau hosting milik sendiri.
Domain Domain bersifat default atau tetap yaitu wordpress.com.Penggunanya dapat menggunakan custom domain sesuai keinginan.
BiayaGratis atau tidak memerlukan biaya.Memerlukan biaya untuk membayar hosting serta domain sendiri.
Pengaturan websitePengguna tidak dapat mengontrol website dengan seutuhnya.Pengguna mendapat kesempatan untuk lebih leluasa mengontrol website.

3. Biaya yang Dibutuhkan

Salah satu keunggulan dari Blogspot adalah dapat dibangun atau dibuat tanpa mengeluarkan biaya. Artinya, Blogspot itu gratis digunakan pada hosting, domain, layanan, tema dan lainnya. Oleh karena itu, Blogspot sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan dari segi biaya.

WordPress sebenarnya juga dapat digunakan secara gratis untuk platformnya, yaitu WordPress.org.

Namun, jika Anda menggunakan WordPress.org, Anda perlu hosting untuk menyimpan data. Nah, hosting inilah yang harus dibeli dengan biaya tertentu. Tak hanya itu, Anda juga perlu membeli domain sendiri sebagai identitas website Anda.

4. Cara Membuat Blogspot vs WordPress

Cara membuat website WordPress sebetulnya tidak jauh berbeda dengan Blogspot. Proses pembuatan website di Blogspot bisa dikatakan lebih sederhana.

Walau begitu, bukan berarti pembuatan website WordPress sulit. Di luar sana, ada banyak tutorial yang dapat mengajarkan Anda cara membuat website WordPress dengan mudah.

Jika tidak ingin belajar cara membuat website WordPress, maka Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website. 

Karena pembuatan website tersebut memerlukan biaya, pastikan Anda memilih jasa buat website terjangkau dan berkualitas, seperti Nuhaweb

5. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan kedua platform blogging ini memiliki perbedaan yang cukup jauh.  Kapasitas penyimpanan Blogspot hanya terbatas hingga 15 GB sesuai ketentuan.

Sementara itu, kapasitas penyimpanan WordPress bisa lebih besar sesuai dengan layanan hosting yang Anda beli untuk membangun website tersebut. 

Oleh karena itu, website yang memiliki banyak konten lebih cocok menggunakan WordPress yang memiliki ruang penyimpanan atau memori lebih besar.

6. Kepemilikan Platform

Jika dilihat dari segi kepemilikan platform, maka WordPress lebih baik dibandingkan dengan Blogspot. Mengapa demikian? 

Hal ini karena status kepemilikan website WordPress dimiliki sepenuhnya oleh pemilik atau pengguna.

Namun, ketika menggunakan Blogspot, maka Anda tidak dapat memiliki website yang dibangun. Google sebagai pemiliknya memiliki hak untuk melakukan berbagai tindakan terhadap website tanpa perlu menunggu persetujuan Anda.

Tindakan yang dapat dilakukan oleh Google adalah menghapus Blogspot milik Anda. Penyebabnya bisa karena terdeteksi adanya pelanggaran syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Misalnya, melanggar hak cipta, berisi malware, dan lainnya.

Sementara itu status kepemilikan WordPress sepenuhnya pada Anda sesuai dengan layanan hosting yang digunakan sebagai ruang penyimpanan data website tersebut.

Lihat juga: Joomla vs WordPress, Ini Dia Perbedaan Keduanya!

7. Kemudahan dalam Penggunaan

Faktor pembeda lainnya adalah kemudahan dalam penggunaan. Sebenarnya Blogspot dan WordPress sama-sama memberikan kemudahan bagi para penggunanya dengan menyediakan banyak fitur maupun layanan.

Blogspot menyediakan fitur atau menu utama yang cukup lengkap di dalam dashboardnya. Hal ini membuat membuat penggunaan peta navigasi dashboard milik Blogspot lebih terlihat simple dan mudah digunakan.

Di sisi lain, WordPress menyediakan lebih banyak pilihan menu di dashboardnya dibandingkan Blogspot. Semua fitur tersebut juga dapat digunakan dengan mudah. Namun, karena fiturnya banyak, maka pengguna butuh waktu lebih lama untuk mempelajarinya.

8. Kustomisasi Website

Perbedaan lain yang dimiliki oleh kedua platform blogging ini terletak pada kustomisasi. Kustomisasi yang disediakan olah Blogspot lebih terbatas daripada WordPress. Namun, hal ini bisa menjadi kelebihan karena membuatnya lebih ramah untuk pemula.

Tapi Anda masih bisa menambahkan fitur tambahan dengan melakukan kustomisasi fungsi di Blogspot. Prosesnya memang tidak mudah, tetapi masih mungkin dilakukan dengan mempelajari sistem coding Blogspot.

Di sisi lain, pengguna WordPress dapat melakukan kustomisasi secara lebih leluasa. Hal ini karena WordPress menyediakan bantuan berupa beragam pilihan plugin. Plugin bisa digunakan untuk menambahkan berbagai fitur di dalam website secara gratis.

Anda bisa memilih berbagai jenis plugin untuk melakukan kustomisasi pada WordPress sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Ya, Anda bisa mengubah website seperti online shop, website portfolio, dan lain sebagainya.

Selain kustomisasi pada tampilan, WordPress juga memberikan kesempatan pada Anda untuk melakukan kustomisasi pada bidang lainnya. Misalnya, keamanan, kecepatan, analisis web, page builder, optimasi SEO, mobile friendly, dan lain sebagainya.

9. Tema yang Digunakan

Ketika dibandingkan dari segi tema atau template, maka WordPress lebih bagus dari pada Blogspot. Apa alasannya?

Blogspot memang menyediakan berbagai tema atau template cukup menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. Namun, pada bagian personalisasi tema ada beberapa yang tidak bisa diubah. Misalnya, layout dan logo header blog atau website.

Anda hanya bisa melakukan perubahan tema pada warna, ukuran, jenis font, dan background image. Hal inilah yang membuat tampilan blog atau website antar website cenderung sama. Dan jika Anda ingin tetap melakukan perubahan, Anda harus mempelajari coding.

Berbeda dengan Blogspot, WordPress menyediakan lebih banyak pilihan tema. Tema yang disediakan juga lebih bervariasi dan tampilannya lebih menarik. Selain itu, temanya juga dapat diedit sesuai keperluan.

10. Keamanan Data

Keamanan website yang dibuat dengan sistem Blogspot dipegang sepenuhnya oleh Google. Sistem keamanan ini akan diperbarui secara berkala dan pastinya cukup bisa diandalkan.

Pengguna Blogspot tidak dapat menambahkan sistem keamanan sendiri karena semua tergantung dengan Google.

Sementara itu, sistem keamanan WordPress sangat baik karena memiliki tiga lapisan sistem keamanan, yaitu sistem keamanan hosting, sistem keamanan WordPress, dan sistem keamanan tambahan berupa plugin keamanan.

Berbeda dengan Blogspot, sistem keamanan di WordPress dapat ditambahkan oleh pengguna secara mandiri melalui penambahan plugin keamanan.

Tabel Perbedaan Antara Blogspot vs WordPress

Berikut ini ringkasan perbedaan antara Blogspot dan WordPress dalam bentuk tabel agar mudah dipahami, yaitu:

Faktor PembedaBlogspotWordPress
Asal MulaDikembangkan oleh Pyra Labs di tahun 1999. Namun, pada tahun 2003 diakuisisi oleh Google.Diciptakan pada tahun 2003. Penciptanya adalah Matt Mullenweg dan Mike Little
JenisHanya ada satu jenis.Dua jenis: WordPress.com dan WordPress.org.
Biaya yang DibutuhkanGratis atau bebas biayaMemerlukan biaya pembelian domain dan biaya langganan hosting.
Cara MembuatSangat mudah dibuat.Pembuatannya sedikit lebih rumit.
Kapasitas PenyimpananTerbatas hingga 15 GB sesuai ketentuan.Dapat ditentukan sendiri saat melakukan pembelian dan langganan hosting.
Kepemilikan PlatformDimiliki oleh Google.Dimiliki secara pribadi oleh penggunanya.
Kemudahan dalam PenggunaanTampilan dan menu yang disediakan lebih sederhana atau simple. Cocok untuk pemula.Menu yang disediakan lebih lengkap.
Kustomisasi WebsiteKustomisasi oleh pengguna terbatas.Kustomisasi lebih bebas atau leluasa dengan menambahkan fungsi-fungsi tertentu.
Tema atau TemplateMemiliki template yang sederhana dengan pilihan terbatas dan tidak dapat diedit lebih leluasa.Tema atau template yang disediakan lebih beragam dengan tampilan yang lebih menarik. Pengguna bisa lebih leluasa mengedit tema.
Keamanan DataKeamanan data sepenuhnya dipegang oleh Google.Memiliki tiga lapisan sistem keamanan, yaitu sistem keamanan hosting, sistem keamanan WordPress, dan plugin keamanan yang bisa diatur sendiri.

Blogspot vs WordPress: Manakah yang Anda Pilih?

Perbedaan antara Blogspot vs WordPress dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika Anda mulai membuat blog atau website. 

Kedua platform blogging tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan Anda. 

Sekian, jika Anda ingin mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang bisnis online, digital marketing, dan juga website, jangan lupa untuk ikuti terus artikel-artikel di blog Nuhaweb!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *