Share

11 Cara Cek Traffic Website Paling Akurat

Picture of annisafauziya
annisafauziya
Blog » Website Development » Dasar Website » 11 Cara Cek Traffic Website Paling Akurat
cek traffic website

Ada banyak situs yang bisa dipakai untuk cek traffic website. Traffic sendiri merupakan jumlah orang yang mengunjungi situs Anda.

Jumlah traffic yang tinggi bisa memberikan banyak manfaat bagi pemilik website. Itulah mengapa pemilik website perlu melakukan cek traffic secara berkala sebagai bekal strategi menarik pengunjung lebih banyak.

Lalu, bagaimana cara cek traffic website dan apa saja alat yang digunakan?

11 Cara Cek Traffic Website yang Bisa Anda Coba

Berikut adalah beberapa alat yang bisa digunakan untuk mengecek traffic website:

1. Google Analytics

Alat yang satu ini sudah pasti tidak asing bagi para pemilik website. Biasanya, Google Analytics dipakai untuk mengecek pengunjung website dengan mudah.

Google Analytics juga dapat diakses secara gratis. Jadi, baik website pemula atau website yang sudah berkembang masih bisa menggunakannya sebagai alat untuk menganalisa data situs.

Kekurangan dari Google Analytics adalah tidak bisa dipakai untuk domain lain. Sehingga Anda hanya bisa menggunakannya untuk keperluan website Anda saja.

2. Ubersuggest

Ubersuggest biasa dipakai untuk melihat kata kunci yang sedang naik daun. Selain itu, website ini juga dapat digunakan untuk cara mengecek traffic website dengan mudah.

Kelebihannya yaitu terletak pada interface-nya yang user friendly. Adapun cara cek trafik website dengan Ubersuggest ini adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan domain yang diinginkan untuk mengecek jumlah traffic.
  2. Selanjutnya, ubah menjadi berbahasa Indonesia.
  3. Klik tombol pencarian.
  4. Tekan tombol Overview untuk melihat grafik traffic websitenya.
  5. Tekan Top Pages jika ingin melihat konten yang memiliki jumlah pengunjung paling banyak.

Intinya, Ubersuggest dapat membantu Anda untuk cek traffic website dengan mudah pada periode waktu tertentu.

3. SimilarWeb

Selanjutnya, website yang dapat dimanfaatkan untuk cek traffic website adalah SimilarWeb. Website ini dapat diakses secara gratis, dan mampu menampilkan grafik traffic website Anda.

Grafiknya dapat dengan mudah menyimpulkan kenaikan atau penurunan pengunjung pada website Anda. Ada pula berbagai fitur lainnya yang membantu Anda untuk cara melihat traffic website dengan berbagai metrik.

Contohnya seperti jumlah traffic berdasarkan negara tujuan, sumber pengunjung, persentase organic pengunjung dan sosial media, dsb.

4. SE Ranking

Cek pengunjung website Anda dengan menggunakan SE Ranking. SE Ranking merupakan alat yang dapat dipakai gratis dengan analisa yang cukup detail. Sayangnya, platform ini belum bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung dari Indonesia.

Jadi, SE Ranking cocok dipakai bagi Anda yang memiliki website dengan target pengunjung dari mancanegara. Cara melihat traffic website-nya pun cukup sederhana.

Ketika masuk ke beranda utama, Anda dapat melihat data organic traffic dan paid traffic-nya. Website ini juga memungkinkan Anda untuk melihat analisis kompetitor dan rekomendasi kata kunci untuk SEO.

5. Siteprice

Anda bisa melihat ranking dan traffic website melalui Siteprice. Cara ini memudahkan pemilik website untuk menyusun strategi yang lebih baik lagi dalam meningkatkan jumlah pengunjung.

Saat masuk ke halaman utama, cukup masukkan nama website agar dapat diproses dan muncul analisisnya.

Selain itu, Anda juga dapat melihat daily pageviews atau melihat jumlah pengunjung berapa kali yang sudah mengakses website dan average time on site atau rata-rata lama waktu pengunjung di situs Anda.

6. Ahrefs

Ahrefs merupakan alat SEO yang juga cukup populer. Dengan alat ini, Anda bisa menganalisa traffic website secara detail dan spesifik.

Cara melihat traffic website di sini pun cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke dashboard, lalu masukkan nama websitenya ke kolom pencarian. Lalu, tekan tombol Organic Search. Nanti akan terlihat grafik jumlah pengunjungnya.

Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan kualitas dari SEO di website Anda dan lebih gencar mempromosikan konten-konten yang low perform agar lebih banyak mendapatkan pengunjung.

7. Semrush

Semrush adalah salah satu alat untuk mengecek jumlah visitor yang juga bisa dimanfaatkan untuk analisis website.

Semrush memiliki versi gratis dan juga versi berbayar. Apabila tidak hanya ingin cek visitor website dan mendapatkan banyak alat analisa, cobalah untuk menggunakan versi free trial-nya dulu, kemudian upgrade ke versi berbayar jika memang cocok dan membutuhkannya.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Semrush, yaitu:

  • Ranking domain.
  • Cek pengunjung website berdasarkan negara.
  • Fitur SERP.
  • Jumlah pengunjung dari kata kunci organik.
  • Jumlah pengunjung hasil pencarian berbayar.
  • Analisis backlink

8. Websites Worth Calculator

Cara melihat trafik website berikutnya adalah menggunakan situs bernama Websites Worth Calculator. Situs ini dapat menampilkan tabel yang menunjukkan jumlah pengunjung website secara detail.

Selain itu, ada metrik-metrik lain yang ditampilkan juga. Contohnya seperti estimated pageview dan estimated unique visitors.

Anda pun bisa memilih rentang waktu analisisnya. Mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan.

9. SEO Review Tools

Sesuai dengan namanya, situs yang satu ini menyediakan berbagai alat untuk me-review SEO dari suatu website. Salah satunya berfungsi untuk mengecek jumlah pengunjung website.

Adapun langkah cara melihat trafik website dengan SEO Review Tools adalah sebagai berikut:

  • Setelah masuk ke websitenya, klik opsi View All 55 SEO Tools. Alternatif lainnya yaitu dengan mengunjungi link berikut ini: seoreviewtools.com/website-traffic-checker/ di kolom browser pencarian Anda.
  • Jika sudah berhasil masuk, tuliskan link website atau URL yang ingin di cek pada kolom yang tersedia. Masukkan alamatnya dengan lengkap, contohnya seperti https://www.domain.com
  • Terakhir, tinggal klik Search dan akan muncul jumlah trafik dari pengunjung di website tersebut.

10. Histats

Histats adalah salah satu tools ampuh untuk cara mengecek traffic website. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa menganalisis konten apa yang disukai dan paling banyak dikunjungi.

Website ini juga dapat dipakai secara cuma-cuma. Cara melihat traffic website dengan Histats cukup dengan login dan Anda sudah bisa melihat grafik pengunjung sesuai periode yang ditentukan.

11. WebCEO

Terakhir, ada WebCEO yang dapat membantu Anda dalam mengelola situs. Di dalamnya, terdapat berbagai fitur ampuh yang bisa Anda coba.

Contohnya seperti fitur analisis pengunjung melalui pelacakan riwayat, perbandingan website dengan kompetitor, jumlah pengunjung, hingga pengelompokan kata kunci.

Yuk Cek Traffic Website Anda Sekarang Juga!

Demikian penjelasan mengenai 12 alat cek traffic website dan cara memakainya. Anda dapat memilih salah satu yang terbaik untuk mengecek performa website bisnis dan optimasi SEO website Anda.

Nah, agar website Anda memiliki banyak pengunjung, tentunya Anda perlu membuat website yang menarik dan profesional. Untuk itu, gunakan jasa bikin web yang menawarkan fitur SEO friendly dan keamanan terbaik seperti Nuhaweb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *