Share

Cara Jualan Baju Online Kekinian dan Gampang Cu

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Insight Bisnis » Cara Jualan Baju Online Kekinian dan Gampang Cu

Di antara berbagai pilihan bisnis, jualan baju online masih menjanjikan cuan besar. Apalagi trend dari bisnis baju online tak pernah berhenti berubah. Artinya, kebutuhan akan produk fashion terbaru masih tetap tinggi.

Sayangnya, Anda mungkin baru dalam bisnis ini dan belum tahu cara jual baju online yang baik. Tenang, kami akan menjelaskannya langkah demi langkah yang ramah pemula.

Di artikel ini, Anda tidak hanya akan mengetahui cara jual baju online murah eceran, tetapi juga cara jualan baju online sebagai reseller atau membuatnya sendiri. Penasaran? Mari kita simak sampai akhir.

Cara Jualan Baju Online Kekinian dan Gampang Cuan

Berikut ini langkah cara jualan baju online kekinian yang akan bantu Anda meraup cuan menjanjikan:

1. Pahami Target Pasar

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Target pasar adalah kelompok orang dengan perilaku serupa yang membeli produk atau layanan Anda. Mengidentifikasi target pasar penting sebagai cara jualan baju online. Anda harus mengetahui karakteristik, lokasi, preferensi, dan perilaku mereka.

Kenapa begitu? 270 juta orang di Indonesia itu punya selera dan budget belanja yang berbeda. Belum bicara tentang laki-laki atau wanita atau usia pembelinya.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Temukan keunikan bisnis fashion online Anda. Mulailah dengan siapa target pasar dan produk unik apa yang bisa Anda buat untuk mereka. Bisa dari bahannya, pembuatanya, atau layanannya.
    • Pelajari tren dan preferensi pelanggan. Gunakan Google Trends, Instagram, dan Pinterest sebagai tools yang bisa membantu Anda jual baju online dengan tren yang ada. Bila perlu Anda bisa riset ke marketplace seperti Shopee atau Lazada.
    • Lakukan survei. Lakukan uji asumsi Anda. Gunakan platform seperti SurveyMonkey, Typeform, atau Google Forms untuk mendapatkan feedback tentang kebutuhan terkait produk yang akan Anda jual.

2. Pelajari Tren Produk Baju Online

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Tren menunjukkan apa yang disukai orang. Dalam jualan baju online, tren bisa berupa perubahan warna atau gaya yang populer. Dengan tahu tren, Anda bisa memahami keinginan pelanggan saat ini.

Ingat, fashion di Indonesia cepat berubah karena pengaruh banyak faktor. Anda perlu tahu ini dalam cara jual baju online agar cepat laku. Misalnya, batik dan fashion hijab itu masih diminati. Nyatanya, nilai pasarnya masih mencapai $200 miliar.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jual baju online, yaitu:

    • Selalu update tren jualan baju online. Pahami tren saat ini dan ke depannya. Cari tahu seberapa besar bisnis ini bisa berkembang dan strategi apa yang bisa kamu pakai untuk sukses.
    • Selalu gunakan sumber terpercaya. Pastikan Anda menggunakan sumber terpercaya saat cek tren pasar untuk jualan baju online. Bisa dari website resmi perusahaan, website berita, atau sumber terpercaya lain.
    • Intip kompetitor. Pelajari produk dan promosi kompetitor di event besar, seperti Harbolnas. Temukan rencana cara jualan baju online mereka. Lalu, sesuaikan dengan bisnis Anda.

3. Tentukan Model Bisnis Anda

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Menentukan model bisnis baju online itu gampang-gampang susah. Anda bisa saja langsung jualan ke konsumen, tapi bisa juga cari-cari model bisnis baru. Ini penting sebagai bagian cara memulai bisnis online.

Saat ini, model bisnis yang populer antara lain dropshipping, produksi pakaian sendiri, dan jualan produk branded. Cara jualan baju online ini bisa menentukan apakah Anda bisa untung banyak. Apalagi nilai e-commerce Indonesia diramal mencapai $130 miliar pada 2025.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Tentukan rantai produksi. Jualan baju online harus memperhatikan dari mana produk yang Anda jual dan bagaimana mendapatkanya. Bisa dengan membuat produk sendiri, membeli dari supplier, atau menjalankan dropshipping.
    • Pilih cara jual baju online. Tentukan Anda ingin menjual baju online di mana. Apakah melalui media sosial, marketplace, atau membangun website toko online Anda sendiri. Contoh website toko online fashion yang terkenal antara lain, Zalora dan Uniqlo.

4. Pilih Supplier yang Tepat

    • Tingkat Kesulitan — Sulit

Menemukan supplier yang tepat bisa tak semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau Anda ingin jual baju online murah eceran. Margin keuntungannya kecil. Jadi, apabila harga dari pemasok produk terlalu besar, bisnis Anda rawan merugi.

Bukan cuma itu, kalau salah memilih supplier maka kamu bisa beresiko mendapatkan barang jelek, pengiriman terlambat, dan pelanggan tidak puas. Buktinya, 42% konsumen Indonesia mau bayar lebih mahal asalkan mendapat produk yang terbaik.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Riset kemampuan supplier. Riset kemampuan supplier dengan pelajari produk, ukuran, warna, kualitas, dan harga. Hadiri acara seperti Indonesia Fashion Week bila perlu untuk temui supplier dan ajukan pertanyaan ke mereka.
    • Bandingkan beberapa supplier.  Setelah ketemu beberapa calon supplier untuk bisnis baju online, bandingkan kemampuan, keandalan, dan kesesuaian dengan kebutuhan bisnis Anda.

5. Persiapkan Modal Usaha

    • Tingkat Kesulitan — Sulit

Modal itu penting dalam cara jualan baju online. Kecuali, Anda mencari cara jualan baju online tanpa modal, seperti dropship atau lainnya. Dan, istilah modal itu bisa berupa uang tunai atau aset lainnya.

Secara umum, di Indonesia, biaya memulai bisnis online sekitar Rp 10-50 juta. Itu bergantung pada jumlah produk, jenis bisnis: apakah ingin pakai toko atau murni dari website, dan jenis produk baju yang dijual.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Lakukan perhitungan dengan cermat. Hitung dengan baik semua biaya penyediaan bahan baku, sewa toko, pemasaran, pengiriman barang, dan biaya lainnya.
    • Tentukan jenis pendanaan yang ingin Anda gunakan. sebagai cara jualan baju online, apakah Anda ingin menggunakan modal pribadi, pinjaman bank, atau kemitraan. Pilihan ini mempengaruhi jumlah modal yang bisa dapat dan target penghasilan yang harus dicapai.

6. Bangun Brand Jualan Baju Online

    • Tingkat Kesulitan — Sulit

Kalau ada cara jualan baju online reseller atau produk sendiri yang menantang, itu pasti membangun brand. Soalnya, membuat bisnis baju online Anda dikenal dan punya reputasi baik perlu waktu dan usaha besar.

Kenapa langkah ini penting? Tanpa brand, usaha jualan baju online sulit ditemukan oleh konsumen. Apalagi, 77% konsumen Indonesia mengatakan kepercayaan pada sebuah brand itu mempengaruhi keputusan pembelian mereka, lho.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Tentukan brand dengan bijak. Pilih value, produk, dan cara komunikasi dengan pelanggan yang dengan brand Anda. Pastikan unik agar beda dengan kompetitor. Pakai saja tool seperti Brand Personality Quiz atau Brand Archetype Quiz.
    • Pilih nama bisnis yang menarik, mudah diingat, dan relevan. Buatlah sebuah nama, logo atau tagline yang mudah diucapkan, dieja, dan dicari secara online.
    • Gunakan brand di semua entitas online Anda. Setelah menentukan brand, gunakan konsepnya di semua platform online, termasuk website, media sosial, dan lainnya.

7. Urus Semua Perizinan yang Diperlukan

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Jangan lupakan perizinan sebagai bagian dari  cara jual baju online, baik saat memulai atau melayani konsumen di Indonesia. Intinya, pastikan memenuhi ketentuan hukum terkait usaha yang Anda bangun.

Indonesia punya ketentuan bisnis lebih mudah dibandingkan negara lain. Tapi, tetap saja ada birokrasi yang harus diikuti. Nah, kalau Anda tidak melakukannya, akan ada pelanggaran perizinan yang membuat Anda didenda. Ini mengganggu bisnis baju online Anda.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Mulai proses perizinan. Daftarkan dengan otoritas terkait seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Pajak, dan Badan OSS.
    • Patuhi peraturan perpajakan. Ikuti ketentuan perpajakan seperti membayar pajak penghasilan, PPN, dan bea masuk. Laporkan pengembalian pajak, dan simpan catatan pajak.
    • Patuhi aturan perlindungan konsumen. Terutama bagi Anda yang pakai website sebagai cara jualan baju online dan mengumpulkan data pelanggan, pastikan untuk menjaga privasi data tersebut.

8. Pilih Platform Jualan Baju Online

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Setelah semua persiapan di balik layar, cara jualan baju online yang teknis itu memilih platform jualan. Anda bisa pakai WhatsApp, media sosial, marketplace, dan website.

Di antara ketiganya, website adalah pilihan yang paling modern dan memudahkan. Alasannya, Anda memiliki website itu sehingga bebas melakukan kustomisasi yang diinginkan.

Jangan salah, 62% pembeli online menghargai kemudahan penggunaan dan navigasi platform. Itu semua bisa Anda wujudkan dengan website dibanding platform lain.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Prioritaskan website toko online. Anda bisa saja masih menggunakan platform lain seperti media sosial, tapi utamakan penggunaan website untuk tujuan jangka panjang bisnis. Kalau belum punya kemampuan teknis, gunakan saja jasa website toko online .
    • Pasang WordPress . Gunakan platform WordPress sebagai platform ramah pemula yang sudah menjadi bagian dari website besar dunia seperti Disney, Sony Music dan lainnya.

9. Sediakan Opsi Pembayaran Lengkap

    • Tingkat Kesulitan — Mudah

Saat memiliki website untuk jualan baju online, Anda memiliki fleksibilitas dalam menentukan opsi pembayaran sesuai keinginan Anda dan kebutuhan pelanggan.

Jualan baju online saat ini lebih mudah dengan beragam opsi pembayaran, mulai dari kartu kredit, transfer bank, dompet elektronik seperti GoPay atau QRIS, hingga pembayaran tunai saat pengiriman.

Perlu diingat, COD masih populer di Indonesia, jadi pastikan untuk menyediakan opsi pembayaran ini di website Anda. Menurut data Bank Indonesia 2023, penggunaan dompet digital telah meningkat 83%.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Pilihlah gateway payment terpercaya. Bandingkan berbagai pilihan payment gateway dan pilih yang bisa  memproses pembayaran online dengan aman.
    • Tawarkan metode pembayaran yang disukai.  Gunakan riset Anda sebelumnya dan pastikan opsi pembayaran yang Anda siapkan sesuai kemampuan dan kebutuhan pelanggan Anda.

10. Atur Shipping Produk dengan Baik

    • Tingkat Kesulitan — Mudah

Mengatur pengiriman produk kepada pelanggan merupakan bagian penting cara jualan baju online. Jika tidak dilakukan dengan baik, bisnis Anda berisiko jalan di tempat, bahkan kehilangan pelanggan.

Data menunjukkan bahwa 72% pembeli online di Indonesia bersedia membayar lebih untuk pengiriman yang cepat, menunjukkan nilai yang mereka berikan pada kenyamanan dan kecepatan pengiriman.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Cari mitra pengiriman terbaik. Pilih mitra pengiriman yang dapat dipercaya dan terjangkau untuk toko online Anda. Bila perlu gunakan tool seperti Shipper.
    • Tawarkan metode pengiriman dan tarif  bervariasi. Sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Pahami preferensi pelanggan Anda dan sediakan berbagai pilihan pengiriman, termasuk standar, express, atau pengiriman same day.
    • Lacak pesanan dan pengiriman Anda. Berikan sistem update kepada pelanggan melalui informasi pelacakan, email, dan notifikasi.

11. Lakukan Optimasi SEO untuk Mendongkrak Trafik

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

SEO merupakan Optimasi Mesin Pencari supaya website bisa muncul di ranking atas Google. Dengan SEO, Anda jualan baju online dengan lebih gratis karena pengunjung bisa datang tanpa perlu membayar iklan.

Ingat bahwa 78% pembeli mencari produk online sebelum membeli dan 53% trafik website di Indonesia berasal dari Google. Anda bisa mendapatkan kelebihan ini dengan

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Lakukan riset kata kunci. Pelajari kata kunci yang sering digunakan dalam jualan baju online oleh target pasar Anda. Gunakan alat seperti Ahrefs, Semrush, dan lainnya.
    • Manfaatkan blog yang ada di website Anda. Ciptakan konten yang menarik dan memberikan informasi bermanfaat kepada audiens luas, yang dapat menarik mereka sebagai calon konsumen.
    • Selalu ikuti perubahan algoritma Google.Terus belajar untuk beradaptasi. Hal ini akan membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas.

12. Promosikan Bisnis dan Produk Baju Online

    • Tingkat Kesulitan — Sedang

Promosi penting untuk memperkenalkan bisnis dan produk Anda. Anda bisa pakai iklan online, media sosial, email, dan kerjasama dengan influencer. Jangan lupa promosi sebagai cara jualan baju online Anda.

Laporan Hootsuite menunjukkan penjualan produk melalui media sosial naik 71%.Bahkan,  78% orang Indonesia riset online sebelum beli. Jadi, promosi bisnis agar produk Anda lebih mudah ditemukan.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Bangun branding dan rencana pemasaran. Bangun branding yang menonjolkan keistimewaan bisnis Anda dan terapkan dalam rencana pemasaran. Branding yang kuat membantu membedakan dari pesaing dan menarik perhatian pelanggan potensial.
    • Manfaatkan iklan online. Gunakan Google Ads atau Facebook Ads untuk iklan dan pantau performa dengan Google Analytics atau Hotjar.
    • Gunakan influencer untuk bangun kepercayaan. Bila perlu kerja sama dengan influencer atau ahli dengan banyak follower untuk bisa meningkatkan reach dan brand awareness produk.

13. Rencanakan Pertumbuhan Bisnis

    • Tingkat Kesulitan — Sulit

Bisnis baju online Anda tidak hanya untuk usaha musiman, kan? Maka, buatlah rencana pertumbuhan bisnis. Tapi, cara jualan baju online ini tidak mudah, lho. Anda perlu usaha dan kesabaran yang besar.

Tak peduli modal awal jualan baju online berapa, setiap bisnis punya kesempatan untuk tumbuh. Hal itu bisa dilihat dari makin banyaknya produk, makin banyaknya karyawan, makin banyaknya tekanan, dan berbagai hal lainnya.

Yang perlu dilakukan sebagai cara jualan baju online, yaitu:

    • Tambah Jenis Produk atau Layanan. Kembangkan penawaran berdasarkan riset pasar dan umpan balik pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih luas.
    • Investasikan dalam Teknologi. Anda bisa menerapkan teknologi terbaru untuk meningkatkan operasional, layanan pelanggan, dan pengalaman belanja online.

Siap Jualan Baju Online Sekarang?

Anda sudah memahami bahwa jualan baju online punya banyak langkah. Tapi, tenang, lakukan saja langkah itu satu per satu. Dengan begitu, bisnis baju online bisa bertahan lama, dan bukan cuma usaha musiman.

Anda bebas memilih ingin menggunakan cara jualan baju online lewat website saja atau punya toko offline juga. Sesuaikan saja dengan rencana bisnis dan kebutuhan konsumen Anda.

Penting diingat, jika Anda ingin menjalankan cara jualan baju online shop, website akan lebih baik daripada marketplace atau media sosial. Ini karena Anda bebas modifikasi tampilan toko online itu sesuai kebutuhan bisnis.

Bagaimana kalau Anda tidak punya keahlian teknis membuat website? Ada pilihan menggunakan jasa pembuatan website profesional.  Dengan harga terjangkau, Anda akan memiliki sebuah website jualan baju online yang kekinian dan mudah meraup cuan.

 

Jadi, tunggu apalagi? Wujudkan website Anda sekarang, yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *