Share

12 Manfaat Website untuk Bisnis yang Bikin Cuan

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Insight Bisnis » 12 Manfaat Website untuk Bisnis yang Bikin Cuan

Anda masih ragu untuk membuat website karena belum yakin dengan manfaat website untuk bisnis? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat, nih.

Kali ini, kami akan menjelaskan mengapa memiliki website itu penting. Bukan hanya membuat bisnis Anda makin dikenal, tetapi juga bisa menggenjot penjualan produk, lho.

Anda tidak salah dengar, kok. Faktanya, 86% calon konsumen itu lebih ke sebuah bisnis yang memiliki website. Belum lagi, 83% bisnis di seluruh dunia sudah didukung website untuk jualan online. Anda tak mau ketinggalan, kan?

Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi pentingnya website untuk bisnis. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Manfaat Website untuk Bisnis

Inilah beberapa manfaat website untuk bisnis yang Anda perlu tahu:

1. Bisa Buka 24 Jam

Punya website untuk menjalankan usaha secara online akan membuka banyak peluang. Nah, salah satu manfaat website untuk bisnis adalah bisa diakses 24/7.

Bayangkan, saat Anda tidur, pelanggan bisa melihat produk, membaca semua layanan Anda, dan pada akhirnya melakukan pembelian. Katakanlah kalau itu terjadi pada jam 2 pagi di saat toko offline dari kompetitor Anda sedang tutup.

Ini merupakan gambaran pentingnya website untuk bisnis. Jadi, bukan hanya bisa membantu Anda mendongkrak penjualan, tapi juga melayani pelanggan tanpa henti.

Dan faktanya, menurut BigCommerce, 74% konsumen suka mencari informasi online sebelum membeli produk, termasuk di luar jam kerja biasa.

2. Dapat Pengunjung dari  Seluruh Dunia

Pentingnya website untuk bisnis tidak berhenti pada jam buka toko selama 24 jam. Tapi, Anda juga bisa melayani pengunjung dari berbagai negara di seluruh dunia. Itu artinya, jangkauan bisnis Anda akan makin luas dan tidak terbatas oleh hambatan jarak dan waktu.

Misalkan, Anda memiliki produk aksesoris buatan tangan yang belum diminati oleh konsumen di Indonesia. Namun, ternyata banyak konsumen dari negara lain yang menganggap produk Anda keren.

Kalau nantinya brand Anda menjadi perbincangan maka hal ini tidak hanya membuat bisnis Anda dikenal, tetapi juga mendorong calon konsumen di Indonesia tahu tentang kelebihan bisnis Anda.

Dan, itu bukan hanya sekadar angan-angan. Kenyataannya, penjualan e-commerce global diprediksi mencapai $5,4 triliun pada tahun 2026. Artinya, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan selera pasar membutuhkan produk unggulan Anda.

3. Bisnis Makin Dikenal

Manfaat website untuk bisnis lainnya adalah membantu meningkatkan brand awareness. Maksudnya, Anda membantu calon konsumen untuk lebih tahu brand dan produk yang Anda tawarkan.

Kenapa begitu? Karena akses internet kian mudah dan menjangkau banyak orang. Saat mereka mencari informasi tentang kebutuhan yang sesuai dengan produk Anda, pastikan brand Anda muncul. Ini membantu brand awareness.

Dan jangan meremehkan fakta bahwa 53% orang lebih suka bisnis yang memiliki website. Ini berarti lebih dari setengah pelanggan mengharapkan Anda memiliki website bisnis. Jadi, wujudkanlah.

4. Lebih Dipercaya Konsumen

Bayangkan jika Anda memesan layanan antar makanan. Anda belum pernah mendengar nama penjualnya dan ketika mencarinya, Anda tidak menemukan lokasi warung makan yang Anda pesan.

Bagaimana rasanya? Kepercayaan Anda mungkin langsung luntur, ya? Bahkan, Anda mungkin tidak akan mau membeli lagi dari penjual tersebut. Ini juga yang terjadi pada bisnis yang dijalankan secara online.

Jadi, manfaat website untuk bisnis adalah meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau bisnis Anda. Dengan entitas online dan kemudahan menghubungi Anda, akan membantu perkembangan bisnis, baik saat ini maupun jangka panjang.

5. Penjualan Makin Banyak

Fokus utama bisnis adalah tumbuh dengan penjualan yang meningkat. Kalau hampir semua konsumen Anda mulai belanja online, Anda harus membantu mereka, bukan?

Website adalah tempat konsumen bisa beli produk langsung dari ponsel atau laptop mereka. Bahkan, ketika mereka sedang dalam perjalanan. Itu artinya manfaat website untuk bisnis termasuk mengusahakan setiap peluang penjualan menjadi pembelian.

Kalau bicara lebih teknis, di website itu Anda bisa pamer semua koleksi terbaru dan terbaik Anda. Dan itu masih bisa ditambah dengan alur belanja yang sederhana. Jangan lupa untuk menampilkan berbagai kalimat ajakan bagi pengunjung website untuk langsung membeli atau call to action.

Cobalah lihat contoh website seperti Zara atau Nike,  mereka pasti menempatkan beberapa CTA berupa “Beli Sekarang,” “Pelajari Lebih Lanjut”, “Daftar”, dan lainnya.

6. Lebih Hemat Biaya Operasional

Saat pengunjung bertambah, butuh lebih banyak karyawan untuk melayani mereka di toko, bukan? Artinya, biaya operasional juga meningkat. Itu baru dari biaya layanan, belum termasuk biaya transportasi, marketing dan lainnya.

Lalu, bagaimana menghemat biaya operasional dengan lebih seimbang? Salah satunya, memulai bisnis onlinedengan  website.

Manfaat website untuk bisnis termasuk dalam upaya penghematan biaya operasional. Dan data dari Hubspot sebutkan bahwa untuk satu kegiatan yaitu marketing online, sebuah bisnis bisa menghemat 63% dari yang biasa dilakukan oleh bisnis tradisional.

Tidak mengherankan bahwa bisnis online lebih fleksibel dalam melakukan promosi. Mereka dapat menggunakan platform gratis seperti media sosial dan blog untuk konten informatif, atau iklan melalui Google yang muncul di hasil pencarian.

Bandingkan dengan promosi konvensional yang membutuhkan biaya besar dan waktu yang lama tanpa jaminan performa yang baik.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing

7. Bisa Pamer Produk Lebih Banyak

Anda dapat menggunakan sebuah website sebagai etalase digital untuk memajang lebih banyak produk unggulan yang dapat dilihat oleh calon konsumen. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan mudah oleh toko offline karena membutuhkan perluasan toko jika ingin menampilkan lebih banyak produk.

Pentingnya website untuk bisnis terlihat dari kondisi di atas. Bukan hanya tentang kemudahan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat tapi juga langkah yang lebih hemat biaya.

Sebagai pembeli, pasti Anda juga ingin bisa dengan mudah membandingkan banyak produk yang murah tapi memberikan manfaat yang lebih banyak. Bayangkan jika Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke toko. Pasti akan lebih menyenangkan, bukan?

Karena 67% informasi online mempengaruhi keputusan pembelian, semakin Anda bisa membantu konsumen dengan informasi produk yang penting, semakin mudah bagi mereka untuk langsung membeli berdasarkan keunggulan produk yang mereka tahu.

8. Bisa Melayani Konsumen Lebih Baik

Manfaat website untuk bisnis adalah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Toko offline belum dapat menandingi kemudahan dan kecepatan layanan yang ditawarkan oleh website.

Bayangkan Anda sebagai konsumen. Setelah membeli produk, Anda merasa tidak bisa menggunakannya. Biasanya, Anda perlu pergi ke toko lagi dan antri untuk mendapatkan bantuan karyawan. Ini perlu waktu dan tenaga yang akan menambah ketidaknyamanan Anda.

Pentingnya website untuk bisnis adalah Anda bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh konsumen saat membeli produk. Anda dapat menyusunnya dalam halaman FAQ khusus.

Selain itu, Anda juga dapat menyediakan layanan otomatis seperti live chat atau email untuk menerima keluhan dari pembeli dan memberikan solusi yang dibutuhkan dengan cepat.

9. Bisa Lebih Dekat dengan Konsumen

Jika berbicara tentang toko fisik, hampir semua orang datang untuk membeli produk. Ini berarti, dalam proses penjualan, toko fisik terlalu fokus pada konversi tanpa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan untuk jangka panjang.

Hal itu tidak terjadi pada sebuah website. Setiap perjalanan konsumen, mulai dari mengenal bisnis, mengetahui produk yang dijual, membuat rencana untuk membeli produk, hingga akhirnya benar-benar membelinya, dapat dilakukan melalui website.

Misalnya, di website Anda, buatlah blog yang berisi informasi tentang produk dan tips bisnis yang Anda lakukan. Dengan memberikan informasi ini, Anda bisa membuat konsumen percaya bahwa Anda mengerti kebutuhan mereka dalam bidang itu.

10. Punya Data Bisnis yang Bermanfaat

Pentingnya website untuk bisnis adalah pengembangan bisnis dengan basis data. Setiap kunjungan ke website tercatat dalam sistem, tidak hanya asumsi. Website juga bisa mendeteksi apakah pengunjung membeli produk atau tidak.

Dengan basis data ini, bisnis bisa membuat keputusan yang lebih baik dan efektif. Misalnya, apakah strategi promosi yang baru saja Anda lakukan berhasil mendongkrak penjualan. Selain itu Anda juga bisa tahu apakah ada satu jenis produk tertentu yang digemari oleh konsumen.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah Anda memiliki satu sumber data yang sama. Ini membuatnya lebih mudah untuk berdiskusi dengan departemen lain saat ingin merencanakan strategi bisnis di masa depan.

11. Tak Ketinggalan dari Kompetitor

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap aktivitas bisnis saat ini dijalankan dengan online. Dan calon konsumen juga sudah memiliki kebiasaan untuk mencari informasi tentang produk dan brand secara online.

Jika beberapa brand di niche bisnis Anda masih menggunakan pendekatan tradisional, maka manfaat website untuk bisnis adalah menjadi yang pertama dalam melayani pelanggan dengan pendekatan modern. Namun, jika kompetitor Anda juga memiliki website, tentu Anda tidak boleh ketinggalan untuk membangun website Anda sendiri.

12. Investasi Jangka Panjang

Salah satu manfaat website untuk bisnis adalah sebagai investasi jangka panjang. Ini berarti setiap langkah yang Anda ambil di website akan mendukung strategi jangka panjang yang telah Anda rencanakan.

Misalnya, saat Anda memperkenalkan produk baru melalui website, awalnya Anda mungkin perlu mengiklankannya di platform lain. Tapi, selanjutnya, calon konsumen akan secara otomatis mencari informasi produk terbaru langsung di website Anda.

Selain itu, sebuah website terdiri dari hosting dan domain yang merupakan identitas merek secara online. Jadi, selama domain aktif, konsumen bisa selalu menemukan website Anda dan membeli produk dari Anda. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh bisnis offline.

Saat Anda pindah alamat, Anda harus memberi tahu lokasi baru dari bisnis atau toko Anda. Itupun kalau konsumen masih dapat menjangkaunya dengan mudah. Kalau tidak, mereka mungkin akan pindah ke bisnis lain yang punya produk yang serupa dengan Anda.

Yang terakhir, manfaat website untuk bisnis adalah Anda akan selalu memiliki data yang sesuai dengan perubahan kebiasaan konsumen. Jadi, Anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Sudah Paham Apa Pentingnya Website Untuk Bisnis?

Pasti Anda jadi tidak sabar ingin punya website setelah tahu pentingnya website untuk bisnis di atas, ya? Terutama jika Anda sadar bahwa website itu kunci penting untuk pertumbuhan bisnis Anda saat ini.

Tak perlu khawatir jika Anda belum bisa membuat website sendiri. Itu bukan halangan untuk sebuah kesuksesan online, kok. Anda bisa mempercayakannya pada jasa pembuatan website.  Mereka akan membantu Anda mewujudkan website impian sesuai keinginan.

Bukan sulap, sih. Tapi dalam waktu singkat, website Anda akan siap digunakan untuk menikmati berbagai manfaat website untuk bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Buatlah website Anda sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *