Share

Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita: 9 Langkah Mudah!

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Insight Bisnis » Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita: 9 Langkah Mudah!

Kalau Anda berpikir bisnis aksesoris wanita itu bisnis yang kurang potensial, coba pikirkan lagi, ya. Buktinya, pendapatan dari bisnis ini diprediksi bisa sampai 426 miliar dollar. Dengan angka fantastis itu, tak ada salahnya kalau Anda ingin mencoba terjun ke niche bisnis itu.

“Tapi, saya tidak tahu caranya?”

Tenang. Cara bisnis aksesoris mungkin tak serumit yang Anda bayangkan, meskipun tantangannya akan tetap ada. Kuncinya, Anda harus terus kreatif untuk bisa menemukan celah bisnis yang cocok dengan kondisi Anda saat ini.

Nah, di artikel ini, kami akan mencoba berbagi informasi ide bisnis aksesoris untuk Anda jalankan. Itu termasuk bahasan cara memulai bisnis aksesoris wanita online dengan pasar global.

Sudah tidak sabar ingin mendapatkan informasi lengkapnya? Simak sampai selesai.

Jenis Aksesoris yang Populer

Inilah beberapa ide bisnis aksesoris yang bisa Anda jalankan dengan pendapatan yang menjanjikan:

1. Kalung

Anda bisa mencoba bisnis aksesoris kalung. Bisnis ini memberikan banyak pilihan produk dengan gaya, selera, dan harga yang berbeda.

Anda punya kebebasan dalam membuat bisnis aksesoris murah dengan bahan-bahan seperti logam berharga, kaca, dan keramik. Anda tinggal sesuaikan dengan bahan yang mudah didapat.

Tiffany & Co. adalah salah satu merek besar yang bisa menginspirasi Anda. Mereka terkenal dengan desain unik dan merek yang terpercaya untuk orang yang punya uang.

Kalau butuh inspirasi lain, Anda bisa melihat Alex and Ani. Mereka suka dengan desain unik dan punya arti khusus untuk orang banyak.

2. Anting-anting

Anting-anting adalah jenis aksesoris yang cukup menjanjikan bagi Anda yang belum tertarik dengan bisnis aksesoris kalung.

Aksesoris ini tidak hanya populer di dunia fashion, tetapi juga sering digunakan sebagai hadiah dalam berbagai acara istimewa seperti pernikahan dan ulang tahun.

Umumnya, anting-anting banyak terbuat dari logam atau akrilik. Nah, keterbatasan bahan ini bisa memberi Anda peluang untuk menciptakan anting-anting yang unik dengan bereksperimen menggunakan bahan lain.

Salah satu contoh bisnis aksesoris yang patut Anda perhatikan adalah Kendra Scott.

3. Gelang Handmade

Apa ide rencana bisnis aksesoris yang membuat Anda berbeda dari yang lain? Produk gelang handmade. Jenis aksesoris ini memiliki nilai keunikan yang khas seperti halnya batik tulis. Variasi keunikan dan detailnya sangat beragam. Plus, nilai jualnya juga cukup tinggi.

Oh ya, jangan lupa gunakan bahan asli Indonesia untuk produksi agar memberikan sentuhan tradisional yang unik. Ini penting untuk bisnis aksesoris dengan pangsa pasar global agar bisa bersaing dengan produsen dari negara lain.

Contoh bisnis aksesoris menarik yang mengkhususkan pada gelang handmade adalah Pura Vida. Mereka berasal dari Kosta Rika dan memiliki produk buatan tangan yang unik.

4. Aksesoris Rambut

Bisnis aksesoris rambut memiliki pangsa pasar yang tak pernah habis. Selalu ada ide-ide kreatif yang membuatnya menjadi tren di berbagai era.

Aksesoris rambut sederhana tapi selalu dibutuhkan. Pengguna dapat menjadi kreatif dengan memakainya, bahkan menjadi challenge yang trending di media sosial. Ada berbagai macam aksesoris rambut, seperti ikat rambut dan jepit rambut.

Menariknya, ini adalah ide bisnis aksesoris yang murah dengan modal kecil. Siapa saja bisa mencobanya.

5. Syal

Syal dulunya dianggap khusus daerah dingin. Tapi, kini sudah merambah seluruh dunia. Sebab, fungsinya bukan melindungi dari cuaca dingin, tetapi juga membuat pengguna lebih fashionable di manapun mereka berada.

Yang menarik, ada banyak jenis syal yang berbeda, seperti sutra mewah atau kaschmir yang nyaman. Syal juga jenis aksesoris yang cukup bervariasi, mulai pola berbagai warna cerah atau hanya satu warna.

Salah satu bisnis yang sukses dalam menawarkan produk syal adalah Burberry. Kesuksesan mereka bisa menjadi inspirasi bagi bisnis aksesoris lainnya.

6. Topi Wanita

Apa ada contoh bisnis aksesoris yang menggabungkan tradisi dan tren? Ada, yaitu topi wanita. Mirip scarf, topi awalnya digunakan untuk fungsi tertentu. Tapi, sekarang topi menjadi aksesoris yang melengkapi fashion wanita.

Ada banyak jenis topi yang bisa dipilih untuk menunjang tampilan fashion. Mulai dari desain standar hingga yang unik dengan bahan kreatif. Bukan hanya yang diproduksi di pabrik, tapi juga yang dibuat secara handmade untuk usaha kecil rumahan.

Salah satu tren fashion yang terkenal adalah Borsalino. Mereka membuat topi fedora dari bulu berkualitas tinggi. Lihat koleksi mereka dan jadikan inspirasi untuk bisnis aksesorismu.

7. Tas Tangan

Tas tangan adalah salah satu jenis aksesoris wanita yang langsung menunjukkan sisi modis pengguna. Bahkan, sering kali fashion seseorang dinilai berdasarkan jenis dan tren tas tangan yang digunakan.

Jika Anda memiliki rencana bisnis aksesoris, menjual tas tangan harus masuk ke daftar Anda, ya? Meskipun persaingan dalam bisnis aksesoris ini sering kali ketat, masih ada pangsa pasar yang dapat Anda capai.

Saat ini, merek-merek seperti Louis Vuitton, Chanel, atau Michael Kors mendominasi pasar fashion tas tangan. Namun, kreativitas Anda akan menjadi faktor penentu dalam kesuksesan bisnis aksesoris  yang ingin Anda bangun.

8. Case HP

Penggunaan HP semakin meluas dan menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Itulah yang mendorong aksesoris wanita berupa case HP mulai berkembang, terutama dalam industri aksesoris wanita.

Salah satu alasan utamanya adalah karena produk HP selalu berubah setiap tahun. Ini meningkatkan kebutuhan akan case HP.Bukan hanya case HP standar, tapi produk dengan gaya fashion yang keren.

Di Indonesia, ada banyak produk case HP yang bisa menjadi inspirasi bisnis aksesoris Anda. Bisnis ini dapat dimulai dari rumah dan berkembang menjadi sukses. Salah satu contohnya adalah Case-Mate, yang menawarkan desain menarik yang mendukung gaya fashion wanita.

Cara Bisnis Aksesoris dengan Langkah Mudah

Inilah langkah memulai bisnis aksesoris yang bisa mendatangkan cuan bagi Anda:

1. Temukan Niche Bisnis

Untuk memulai bisnis aksesoris, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis aksesoris yang ingin Anda jual. 

Misalnya, Anda bisa memilih antara perhiasan, tas, topi, atau syal. Langkah memilih niche seperti ini berlaku untuk semua bisnis dan menjadi contoh rencana bisnis aksesoris yang baik.

Setelah itu, lakukan riset untuk tahu produk apa yang lagi hits atau yang kurang diminati. Strategi Anda bisa dengan mempelajari tren produk umum seperti aksesoris rambut, atau fokus pada detail keunikan suatu produk aksesoris tertentu.

2. Lakukan Analisis Pasar

Menentukan niche bisnis bisa menjadi ide yang masih dalam tahap awal. Namun, agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan sukses, Anda perlu melakukan analisis pasar yang dapat menggambarkan kondisi persaingan di dalam niche bisnis tersebut.

Analisis pasar tidak hanya melibatkan pengetahuan tentang pesaing Anda dan potensi penjualan produk aksesoris, tetapi juga melibatkan pemahaman tentang potensi pertumbuhan di masa depan.

Selain itu, analisis pasar juga dapat membantu Anda mendapatkan informasi tentang calon pelanggan, apa yang mereka inginkan dan butuhkan, serta berapa banyak yang mereka bersedia bayar untuk produk Anda.

Semua informasi ini akan membantu Anda dalam menentukan bentuk produk, kemasan, serta pasar dan harga jual yang sesuai dengan target pasar.

3. Temukan USP Anda

USP adalah unique value proposition, yaitu salah satu komponen bisnis aksesoris yang membedakan diri Anda dengan yang lain. Sebagai bisnis aksesoris baru, Anda harus memperhatikan langkah ini dengan baik.

USP sebuah bisnis tidak perlu terlalu besar atau unik. Sebab, Anda tetap harus fokus pada kebutuhan konsumen. Tapi, pada produk aksesoris itu pastikan Anda bisa membuat calon konsumen mudah memilih Anda di antara persaingan yang ada.

Sebagai contoh, Anda bisa fokus pada kualitas produk tinggi dengan harga yang terjangkau. Atau Anda bisa fokus pada bisnis aksesoris murah yang secara kualitas memang sekadar mengikuti tren singkat.

4. Persiapan Modal Bisnis Aksesoris

Ketika memulai bisnis aksesoris, dukungan modal menjadi hal yang krusial. Sudah memiliki pengetahuan tentang pangsa pasar dan produk yang akan dibuat, tapi kekurangan modal dapat menjadi hambatan.

Oleh karena itu, penting untuk memutuskan besaran modal yang akan digunakan di awal. Selain itu, perlu direncanakan bagaimana modal tersebut akan digunakan dan model bisnis yang akan dijalankan selanjutnya.

Modal yang dimiliki juga akan membantu menentukan apakah Anda akan memproduksi dan memasarkan produk Anda sendiri atau menggunakan produk dari pihak lain. Produk tersebut dapat berupa barang jadi atau produk yang akan Anda modifikasi lagi.

5. Daftarkan Bisnis

Langkah penting selanjutnya dalam membangun bisnis aksesoris adalah mendaftarkan bisnis secara resmi. Ini akan membantu Anda meraih pangsa pasar global dan membangun kepercayaan konsumen.

Anda dapat mendaftarkan bisnis sebagai CV atau PT, tergantung pada ukuran dan modal usaha Anda. Dengan mendaftarkan bisnis, Anda akan mendapatkan nomor registrasi bisnis dan nomor identifikasi pajak, yang menunjukkan keabsahan bisnis Anda.

6. Pilih Struktur Bisnis yang Sesuai

Untuk bisnis yang bertahan lama, merancang struktur bisnis yang tepat itu penting. Pada bisnis aksesoris, perhatikan struktur bisnis Anda untuk memudahkan pengembangannya.

Meskipun tidak perlu rumit di awal, Anda sebaiknya memiliki rumusan awal perkembangan struktur bisnis ke depan. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, jalankan bisnis sendiri tanpa masalah. Yang terpenting, pastikan Anda menentukan struktur bisnis jika bisnis Anda berkembang pesat.

Selain itu, Anda bisa membangun bisnis aksesoris dengan sistem rekanan. Anda dan rekan akan menjadi pemilik dan pelaku operasional. Anda dapat memutuskan jalankan semua fungsi bersama atau bagi tugas.

7. Atur Operasional Bisnis

Struktur bisnis saja tidak cukup untuk menjalankan bisnis aksesoris Anda. Anda juga perlu memiliki dan menjalankan operasional bisnis dengan baik.

Untuk itu, Anda harus memahami semua aktivitas bisnis Anda secara menyeluruh. Aktivitas ini termasuk mendapatkan bahan mentah, membuat produk, dan menjual produk ke konsumen. Dengan memahami semua tahapan ini, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Misalnya, Anda punya semua peralatan dan barang yang dibutuhkan. Atau, Anda punya jaringan pasokan dan cara mengirim produk dengan lancar. Jangan lupa sediakan tempat penyimpanan yang baik.

8. Jalankan Strategi Promosi

Dalam memperkenalkan produk kepada konsumen, strategi promosi yang baik sangat penting. Terutama jika Anda berada di bisnis aksesoris yang memiliki kompetitor yang sudah lebih dulu ada.

Sebelumnya, Anda telah melakukan analisa pasar yang membantu Anda memiliki gambaran tentang strategi promosi yang tepat. Jadi, Anda pasti memahami bahwa setiap produk dan audien memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Beberapa bisnis mungkin merasa promosi melalui reklame atau mengadakan event sebagai strategi yang efektif. Namun, bagi Anda, strategi promosi yang efektif mungkin terletak pada dunia online. Media sosial atau platform digital lainnya dapat menjadi pilihan yang baik untuk meraik peluang bisnis online.

Yang terpenting, strategi promosi yang Anda pilih harus sesuai dengan rencana besar dan berkelanjutan. Tanpa itu, hasil yang diinginkan mungkin sulit tercapai, bahkan berisiko kerugian finansial yang tinggi dibandingkan dengan penjualan produk Anda.

9. Manfaatkan Penjualan Online

Bisnis aksesoris adalah salah satu bisnis yang menawarkan potensi yang menjanjikan karena pangsa pasar yang luas, termasuk konsumen dari berbagai negara. Prediksi perkembangan bisnis ini menunjukkan bahwa di masa depan, bisnis aksesoris dapat menghasilkan pendapatan hingga ratusan miliar dolar.

Dalam era teknologi yang terus berkembang, menahan diri dari bisnis online dapat membuat Anda ketinggalan dengan kompetitor yang lebih dinamis. Beberapa orang sudah mulai menggunakan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, namun hal ini mungkin kurang efektif.

Munculnya masalah pada platform tertentu yang tidak memiliki izin dari pemerintah dapat berdampak negatif bagi semua penjual di platform tersebut. Oleh karena itu, membangun website sendiri untuk menjual produk aksesoris merupakan langkah yang lebih bijak.

Meski demikian, pebisnis pemula seringkali menganggap bahwa memulai bisnis online dengan memiliki website sulit dilakukan. Padahal, sebenarnya tidak sesulit yang mereka bayangkan.

Bisnis Aksesoris Wanita Online Manakah Pilihan Anda?

Apakah Anda tertarik dengan bisnis aksesoris fashion wanita? Artikel ini berisi informasi yang dapat membantu Anda mempertimbangkan untuk terjun ke dalam bisnis ini.

Kami sudah membahas berbagai ide bisnis aksesoris dengan produk dengan pangsa pasar yang jelas. Namun,  Anda dapat mengeksplorasi pilihan produk unik dan kreatif sesuai kebutuhan pasar saat ini. Ingat, bisnis aksesoris selalu berkembang mengikuti tren.

Anda ingin tahu cara memulai bisnis aksesoris? Artikel ini memberikan contoh langkah-langkah membuat rencana bisnis. Mulai dari menentukan jenis aksesoris yang ingin dijual sampai menjalankan bisnis secara online di marketplace atau website untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Anda belum tahu cara membangun website? Tenang. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website yang akan memberikan Anda produk terbaik dengan pengerjaan cepat dan harga terjangkau.

Nah, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *