Share

Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Contohnya

admin
admin
Blog » Insight Bisnis » Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Contohnya
logo maker website

Branding adalah sebuah proses menciptakan identitas untuk produk, bisnis, atau perusahaan yang di dalamnya melibatkan pembuatan logo, desain, value, dan berbagai elemen lain yang membedakannya dari pesaing.

Membangun branding yang kuat di tengah kompetisi bisnis yang kompetitif menjadi salah satu hal yang penting. Sebab, semakin kuat branding bisnis maka semakin mudah audiens dalam mengenali bisnis Anda. 

Meski begitu, sampai saat ini masih banyak pelaku bisnis yang belum menerapkan branding pada bisnisnya. Namun tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas secara detail apa itu branding, manfaat hingga strategi branding yang tepat. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

Apa Itu Branding? 

Branding adalah proses menciptakan identitas yang unik dan mudah dikenali untuk produk atau bisnis yang melibatkan pembentukan berbagai elemen seperti nama, logo, desain, value, dan elemen lain untuk membedakannya dari pesaing. Sehingga mampu menciptakan citra yang positif dan mudah diingat oleh setiap audiens.

Branding juga dapat dikatakan sebagai sarana komunikasi dengan audiens dengan tujuan mengenalkan bisnis. Seperti apa bisnis Anda akan dikenali dan bagaimana pandangan audiens terhadap bisnis tersebut adalah bagian dari sebuah branding.

Ketika strategi branding sudah tepat hal ini dapat membantu pertumbuhan bisnis mulai dari membangun kepercayaan, loyalitas, dan kredibilitas di antara pelanggan, serta dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk.

Oleh karena itu penting untuk melakukan branding bagi setiap bisnis, khususnya bisnis yang baru berjalan dan belum dikenal banyak orang. Agar lebih banyak lagi audiens yang mengenali produk Anda.

Fungsi dan Tujuan Branding

Tujuan utama branding adalah menciptakan citra dan pandangan positif di sisi audiens, sehingga mereka dapat mempercayai bisnis Anda. Namun tidak hanya itu, terdapat beberapa fungsi lain dari branding diantaranya sebagai berikut.

1. Membangun identitas merek yang kuat

Identitas merek adalah aspek-aspek yang terlihat dari suatu merek misalnya seperti logo, color pallete, dan tipografi. Dengan melakukan branding dengan baik, perusahaan dapat menciptakan identitas merek yang kuat.

Dengan demikian, perusahaan dapat membedakan dirinya dari pesaing, ini adalah salah satu kunci untuk membangun kesadaran merek yang kuat dan memenangkan kepercayaan pelanggan.

2. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan ketika melihat sebuah brand. Salah satu fungsi branding di sini juga meningkatkan kesadaran tersebut. Ketika audiens semakin mengenali brand, maka semakin besar juga potensi mereka untuk menggunakan produk tersebut.

3. Membangun citra bisnis

Reputasi yang baik bagi bisnis menunjukkan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memiliki kualitas yang dapat dipercaya. 

Dalam hal ini, bisnis dapat lebih mudah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan sembari menarik minat calon pelanggan lainnya.

4. Meningkatkan konversi penjualan

Strategi branding yang kuat dan mampu memikat perhatian audiens secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap konversi penjualan. Sebab, ketika audiens sudah mengenali dan percaya pada bisnis Anda, bukan tidak mungkin setelah itu mereka akan memutuskan untuk membeli produk atau layanan Anda.

Manfaat Branding

Setelah mengetahui apa saja fungsi branding, selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat dari branding yang dapat Anda dan bisnis dapatkan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Sebagai ciri khas pembeda dari pesaing

Setiap bisnis penting untuk memiliki ciri khasnya tersendiri, hal ini digunakan sebagai pembeda antara bisnis dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang membedakan produk atau layanan dari pesaing.

Di samping itu, audiens juga akan mudah membedakannya dan semakin mengingat ciri khas Anda.

2. Membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Branding yang sudah kuat dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan. Ketika merek Anda dikenal karena kualitasnya maka pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk memilih produk atau layanan Anda. 

Dengan mempertahankan kualitas yang konsisten dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan, brand Anda juga dapat membangun loyalitas jangka panjang.

3. Menjangkau lebih banyak konsumen

Manfaat branding berikutnya yaitu menjangkau lebih banyak konsumen. Merek yang terkenal dan diakui dengan baik akan lebih mudah untuk dipasarkan dan diterima pelanggan baru. Selain itu, kemungkinan besar pelanggan juga akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

4. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Pelanggan yang puas dengan produk Anda cenderung akan menjadi pelanggan yang loyal dan secara teratur membeli produk Anda. Setelah itu, mereka cenderung tertarik untuk mencoba produk baru yang diluncurkan oleh brand Anda, hal ini tentu berdampak baik pada penjualan produk bisnis.

Jenis Branding

Setelah mengetahui apa saja manfaat branding bagi bisnis, selanjutnya kita akan membahas satu persatu jenis-jenis branding yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini beberapa diantaranya.

1. Personal branding

Personal branding berfokus pada membangun citra dan reputasi seseorang. Mulai dari membangun keahlian, kepribadian, dan nilai-nilai yang unik untuk menciptakan identitas yang kuat. 

Seperti halnya branding produk, salah satu tujuan dari personal branding juga untuk membedakan dan lebih menonjol dari orang lain. Personal branding saat ini juga menjadi hal yang penting dalam mempersiapkan diri dalam mencari kerja.

2. Product branding

Jenis branding ini fokus pada membangun citra dan identitas merek untuk produk tertentu. Tujuannya adalah membedakan produk dari pesaingnya dan menciptakan awareness pada konsumen, ketika produk Anda memiliki value yang kuat namun tidak menerapkan strategi yang tepat, maka value tersebut tidak dapat tersampaikan pada calon pelanggan.

3. Service branding

Jenis branding berikutnya adalah service branding. Branding ini berkaitan dengan membangun citra merek yang kuat untuk layanan yang ditawarkan sebuah perusahaan. Tujuannya masih sama, yaitu menonjolkan keunggulan layanan tersebut dibandingkan layanan kompetitor.

4. Corporate branding

Corporate branding merupakan branding yang berfokus membangun citra positif dari sebuah perusahaan. Ketika produk Anda disukai pelanggan, namun perusahaan mendapatkan kritik atau memiliki riwayat yang buruk, hal ini semakin lama akan berdampak pada tingkat penjualan produk. 

Maka dari itu mereka perlu melakukan branding untuk membuktikan bahwa perusahaan memiliki citra yang positif. 

5. Retail branding

Retail branding merupakan jenis branding yang difokuskan pada bisnis ritel. Tujuannya adalah untuk menciptakan perasaan berbeda dan positif antara bisnis Anda dengan yang lain.

Misalnya, di sebuah kota tentu ada banyak kafe dengan berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda. Namun, Anda pasti merasakan perbedaan ketika Anda mengunjungi Kafe A dan Kafe B, ini adalah salah satu penerapan dari retail branding.

Maka dari itu, untuk membuat karateristik ini dari ritel Anda dan membuat pelanggan kembali ke toko, salah satu langkah yang dapat diambil yaitu dengan melakukan retail branding.

6. Co-branding

Co-branding terjadi ketika dua atau lebih brand bekerja sama untuk menciptakan produk atau campaign. Tujuan branding ini yaitu untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness, dan memperkuat reputasi perusahaan-perusahaan tersebut

7. Employer branding

Employer branding berkaitan dengan membangun citra merek dan reputasi perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik dan diinginkan banyak orang. 

Tujuannya yaitu untuk menarik dan mempertahankan karyawan terbaik, serta menciptakan budaya kerja yang positif.

Contoh Branding yang Sukses Bagi Perusahaan


Sekarang Anda sudah tahu apa itu branding, manfaat hingga jenis-jenisnya. Untuk lebih memahami seperti apa strategi branding yang tepat dan berhasil diterapkan oleh para perusahaan, berikut ini kami sajikan beberapa contoh nyatanya.

Apple

Apple adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional yang terkenal dengan produk-produk inovatifnya seperti iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch.  Hingga saat ini Apple telah berhasil menciptakan citra merek yang kuat dan menjadi salah satu merek terkemuka di dunia. 

Dikenal dengan desain produknya yang elegan dan minimalis, antarmuka yang user-friendly, sistem operasi yang stabil, dan dukungan pelanggan yang baik merupakan beberapa aspek yang membuat pengguna merasa puas dengan produk Apple.

Ditambah lagi dengan ekosistem produk yang terintegrasi, seperti iCloud, App Store, dan Apple Music semakin memudahkan pengguna dalam menyinkronkan data mereka di berbagai perangkat.

Keberhasilan Apple dalam branding dibuktikan dari kesetiaan para penggunanya. penggemar. Dari situ, Apple terus berinovasi dan memperluas portofolio produknya untuk tetap menjadi pemimpin dalam industri teknologi.

Starbucks

Sebuah perusahaan ritel kopi terkenal di dunia, Starbucks telah berhasil menciptakan citra merek yang kuat dan menjadi salah satu merek terkemuka di dunia. 

Kesuksesan Starbucks didorong oleh beberapa strategi branding yang efektif. Pertama yaitu pelibatan staf Starbucks juga sangat penting, di mana mereka diberikan pengetahuan produk yang mendalam dan keterampilan dalam melayani pelanggan dengan baik.

Selain itu, Starbucks juga memberikan perhatian yang lebih pada isu lingkungan. Mereka telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik dengan beralih ke sedotan kertas. 

Secara keseluruhan, kesuksesan Starbucks dalam branding didasarkan pada pengalaman pelanggan yang emosional, perhatian terhadap staf, dan komitmen pada isu-isu lingkungan. Strategi ini telah membawa Starbucks untuk tetap eksis sebagai perusahaan ritel kopi di seluruh dunia.


Simak juga: contoh website untuk inspirasi bisnis Anda

Nike

Nike adalah sebuah perusahaan global yang terkenal dalam industri olahraga. Dengan desain, produksi, dan pemasaran sepatu, pakaian, dan peralatan olahraga yang inovatif, Nike telah berhasil menarik minat konsumen dan menjalin hubungan emosional melalui campaign “Just Do It” yang terkenal.

Melalui kerjasama dengan atlet dan tim olahraga terkenal, Nike memperkuat citra merek mereka sebagai merek pilihan para atlet dan penggemar olahraga. 

Sudah Siap Membangun Branding?

Branding adalah sebuah proses menciptakan identitas produk yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri agar menjadi pembeda dari yang lain, tujuan branding yakni untuk mengenalkan bisnis pada audiens.

Ada berbagai fungsi dan manfaat branding yang bisa didapatkan bisnis mulai dari membangun identitas merek yang kuat hingga meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Strategi branding yang tepat mampu membawa bisnis berekspansi ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan konversi penjualan. Website adalah salah satu sarana untuk memperkuat strategi. 

Bagi Anda yang bisnisnya belum memiliki website, segera serahkan ke Nuhaweb jasa pembuatan website profesional. Yuk, segera buat web Anda untuk mencapai kesuksesan branding bisnis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *