Share

15+ Contoh Website Bisnis untuk Inspirasi Anda

admin
admin
Blog » Insight Bisnis » 15+ Contoh Website Bisnis untuk Inspirasi Anda
content marketing

Untuk makin mengembangkan bisnis, Anda mungkin berpikir sudah saatnya membuat website. Tapi Anda merasa perlu inspirasi contoh website bisnis sebelum melakukannya.

Tenang, Anda sudah menemukan artikel yang tepat.

Di sini, kami akan memberikan beberapa contoh website bisnis online yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi untuk membuat website baru. Bisa juga untuk membuat website yang sudah Anda miliki menjadi lebih baik.

Tanpa berlama lama, mari lihat satu persatu contoh website perusahaan atau UMKM tersebut.

Manfaat Website untuk Bisnis

Ada banyak alasan kenapa bisnis atau UMKM perlu membuat website. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Pernahkah Anda membayangkan bisnis Anda dikenal oleh banyak orang? Itu bisa terjadi dengan kekuatan internet. Salah satunya melalui sebuah website.

Benar, lho. Saat ini, ada sekitar 5,3 milyar pengguna internet di dunia. Dan 75% dari mereka selalu mencari informasi tentang produk atau bisnis melalui internet. Bahkan mereka lebih mendahulukan informasi dari internet dibanding keluarga sendiri.

2. Menghasilkan Lebih Banyak Leads

Apalah artinya dikenal banyak orang tanpa satupun yang berencana membeli produk, ya? Untungnya sebuah website bisnis bisa membantu Anda untuk mendapatkan leads.

Leads adalah orang yang sudah tertarik dengan produk Anda dan potensial untuk melakukan pembelian. Biasanya mereka sudah mulai mengunjungi website atau bertanya tentang produk.

Oh ya, 84% ahli marketing dunia menggunakan website untuk mendapatkan leads, biasanya berupa alamat email. Nah, balik modal dari strategi memanfaatkan leads lewat email bisa mencapai 122%.

3. Membantu Menggenjot Penjualan

Setelah mendapatkan prospek, tentu akan lebih baik kalau ada bisa penjualan produk. Dan dunia online, kesempatan untuk mengenjot penjualan menjadi terbuka lebar.

Anda memang tetap bisa menjalankan penjualan produk secara offline di toko Anda. Akan tetapi, potensi dari penjualan online sangat besar. Faktanya, Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai transaksi diprediksi mencapai $83 miliar pada tahun 2025.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Ketika makin banyak bisnis memiliki entitas online agar lebih dikenal sebagai brand, apakah Anda masih ingin menjalankan usaha tanpa sebuah website?

Tanpa website, orang bisa saja meragukan brand Anda. Sebab, mereka tidak dapat menemukan informasi di internet. Jangan lupa, sudah banyak riset yang menunjukkan bahwa website bisnis bisa membantu meningkatkan kredibilitas brand.

4. Mengenalkan Produk Unggulan

Ketika Anda memiliki produk baru, yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan produk tersebut agar dikenal. Jika Anda melakukannya secara offline, maka Anda perlu menyediakan biaya tambahan.

Jika Anda memiliki website, Anda bisa menampilkan foto dan informasi lengkap tentang produk Anda di sana. Dengan begitu, calon konsumen dapat dengan cepat mengetahui informasi tersebut.

5. Meningkatkan Kenyamanan Konsumen

Tanpa adanya website, konsumen hanya bisa membeli produk ketika toko Anda buka. Beda halnya dengan adanya website, mereka bisa melakukan pembelian kapan saja. Ini tentu meningkatkan kenyamanan mereka berbelanja.

Tak hanya itu, dengan adanya website, siapa pun dapat menghubungi Anda selama 24 jam penuh. Baik itu untuk bertanya, mengajukan komplain, atau mencari informasi tentang produk baru.

Nah, dengan semua manfaat di atas, masih ingin menunda untuk membuat website? Atau kendala Anda adalah pada cara pembuatan website itu sendiri?

Tenang, Anda tidak perlu melakukannya sendiri, kok. Dengan bantuan jasa pembuatan website terbaik, website Anda akan segera siap dan berfungsi dengan baik selagi Anda fokus menjalankan bisnis.

Contoh Website dengan Desain Terbaik Sebagai Inspirasi Bisnis

Setelah tahu pentingnya memiliki website, saatnya Anda mengetahui contoh website bisnis dengan desain menarik yang bisa menjadi sumber inspirasi Anda.

1. Airbnb

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Akomodasi

Airbnb adalah bisnis penyedia layanan perhotelan. Lewat website mereka, Anda dapat mencari dan memesan penginapan untuk liburan di luar kota atau negara lain.

Kenapa website Airbnb merupakan contoh website bisnis yang baik? Karena desain, fungsi, dan pengalaman pengguna menjadi dasar pembuatan website itu. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memahami kebutuhan pelanggan dan fokus bisnis.

Warna-warna hangat, dengan font mudah dibaca, dan gambar HD membuat Anda bisa membayangkanmembuat Anda bisa memberikan tempat tinggal Anda nantinya.

Oh ya, dengan mencantumkan rating di setiap produk, pelanggan makin dimanjakan dengan 

kemudahan memilihnya. Itulah kenapa kami memilihnya sebagai contoh website bisnis online yang inspiratif.

Poin Inspiratif:
Tampilan menarik dengan tata letak intuitif dan kualitas gambar terbaik dengan proporsi yang tepat.

2. Gojek

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Layanan Aplikasi

Siapa tak kenal Gojek, sebuah platform transportasi yang kini telah menjadi SuperApp. Website mereka menampilkan dengan baik reputasi mereka sebagai brand yang “terus bergerak”.

Anda bisa melihat website itu menampilkan hero dengan background video, bukan foto statis. Itu semua ditambah dengan penggunaan warna yang energetik dan dinamis, tapi tetap menampilkan warna brand mereka dengan kuat.

Tak bisa dipungkiri bahwa inilah contoh website bisnis online yang menarik.

Bagaimana kalau pengunjung ingin tahu semua layanan mereka? Website bisnis ini sudah memikirkan bagaimana navigasi dirancang dengan intuitif. Ingin gabung jadi mitra atau sekadar ingin tahu berbagai produk mereka? Dalam sekali klik, Anda sudah mendapat informasinya.

Poin Inspiratif:
Cukup menarik bagaimana value perusahaan ditampilkan dalam sebuah header berupa video dengan tetap menonjolkan warna brand yang familiar.

3. Tokopedia

  • Kategori: Contoh Website Bisnis E-commerce

Tak salah Tokopedia menjadi sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Dari website mereka saja, Anda akan langsung mendapatkan inspirasi bagaimana memanjakan konsumen yang pada akhirnya mendukung bisnis semakin berkembang.

Ya, mereka pantas menjadi contoh website bisnis di indonesia yang user-oriented. Perhatikan bagaimana desain website mereka menggabungkan estetika dan fungsionalitas. Anda akan mendapatkan desain yang minimalis untuk mengimbangi banyaknya produk yang akan ditampilkan.

Selain itu, pengunjung pertama kali akan melihat sebuah kolom pencarian di bagian atas. Ini adalah cara untuk memastikan pengunjung dapat menemukan produk yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat.

Poin Inspiratif:
Desain yang intuitif dengan kolom pencarian yang mudah ditemukan, dan tema minimalis untuk menyeimbangkan banyaknya konten yang akan ditampilkan.

4. Nike

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Produk Olahraga

Website Nike merupakan salah satu contoh website bisnis di dunia yang menjadi standar bagaimana bisa tampil menarik bagi pengunjung.

Desain yang diusung tentu menonjolkan sisi dinamis dan modem sesuai dengan value yang mereka ingin tunjukkan. Penggunaan warna yang berani dan layout yang bersih akan mampu membuat produk-produk Nike terlihat lebih menarik.

Kalau Tokopedia menempatkan menu pencarian di bagian atas tengah, website Nike menempatkan menu kategori produk. Anda bisa mencari sepatu, pakaian olahraga, atau aksesoris dengan mudah.

Poin Inspiratif:
Desain yang dinamis dan modern dan fitur kustomisasi produk yang unik.

5. Traveloka

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Tiket Online

Ingin contoh website bisnis online yang lain, terutama yang bergerak di bidang jasa? Traveloka bisa menjadi salah satunya. Website ini menampilkan desain yang intuitif dengan warna biru dan putih yang memberikan kesan rileks, sesuai dengan tema perjalanan dan liburan.

Website traveloka menampilkan tampilan yang berbeda dengan Tokopedia dan Nike. Mereka menampilkan kesan “ramai” di bagian atas tengah website mereka. Apa alasannya?

Semua informasi di bagian tersebut terkait dengan diskon, yang merupakan konten yang paling banyak dicari oleh pengunjung website tiket online secara umum.

Poin Inspiratif:
Desain yang intuitif dengan memperhatikan kebutuhan utama pelanggan yaitu diskon yang menarik.

6. Gramedia

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Buku

Gramedia juga bisa menjadi contoh website bisnis yang menginspirasi. Meskipun mereka fokus pada penjualan buku, desain website mereka dapat memberikan inspirasi bagi bisnis Anda, apa pun niche-nya.

Website mereka menggunakan warna biru dan putih sebagai warna brand. Warna-warna ini memberikan kesan tenang seperti saat kita membaca buku. Kamu juga bisa menggunakan strategi ini sesuai dengan jenis bisnismu.

Selain itu, website Gramedia tidak terlalu memperlihatkan gambar besar atau informasi diskon yang memenuhi seluruh layar seperti pada Gojek atau Traveloka. Mereka menjaga keseimbangan konten di tengah layar.

Poin Inspiratif:
Desain yang seimbang antara informasi yang penting dengan banyaknya whitespace.

7. Warung Pintar

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Platform UMKM

Ada banyak contoh website bisnis di Indonesia yang merupakan website bisnis rintisan atau startup. Dan Warung Pintar menjadi salah satu contohnya.

Apa strategi mereka untuk website bisnis tersebut agar tampak menarik? Mereka menampilkan gambar utama yang menonjolkan pengguna mereka, yaitu para pelaku UMKM yang akan terbantu dengan platform mereka.

Menariknya, mereka tidak menggunakan warna brand sebagai warna utama website. Mereka menggunakan background warna gelap, tetapi menunjukkan warna brand lewat pakaian pelaku UMKM di foto.

Poin Inspiratif:
Desain yang simple dengan menunjukkan informasi dan warna brand dengan kreatif.

8. Ruangguru

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Edukasi Online

Masih ingat dengan website bisnis edukasi Gramedia yang warnanya dominan biru? Strategi yang sama digunakan oleh Ruangguru, platform pendidikan online terkenal di Indonesia.

Website Ruangguru adalah contoh website bisnis online yang fokus pada menu navigasi, kemudahan mendapatkan diskon, dan daftar produk pendidikan digital yang disusun dengan rapi.

Ada alasan mengapa menu paling kiri dari website menampilkan menu produk. Karena itu adalah pusat bisnis Ruangguru yang menampilkan semua produk pendidikan yang mereka miliki, seperti Ruang Belajar, English Academy, dan lainnya.

Poin Inspiratif:
Desain yang ramah anak, navigasi yang intuitif dalam mencari materi pendidikan, dan integrasi fitur pembelajaran interaktif.

9. Dapur Cokelat

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Kuliner

Setelah beberapa contoh website bisnis dengan produk digital, kali ini kami ingin menunjukkan bisnis dengan produk berupa barang.

Dapur Cokelat, merek kue dan cokelat terkenal, memiliki website yang sederhana dan mudah dimengerti. Strategi ini berhasil membuat produk mereka menonjol dan layak menjadi contoh website bisnis makanan di daftar kami.

Biasanya, desain website sederhana dan minimalis banyak digunakan oleh bisnis fashion dan produk kecantikan. Namun, Dapur Cokelat juga berhasil menggunakan strategi yang sama untuk website bisnis mereka. Ini menunjukkan bahwa visi yang jelas dan kreativitas penting saat membuat website.

Poin Inspiratif:
Desain simple minimalis dengan fokus website sebagai entitas online yang mendukung bisnis offline kuliner.

10. Petshop Indonesia

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Perlengkapan Hewan Peliharaan

Beda dapur coklat, beda juga Petshop Indonesia. Desain websitenya cerah dan menyenangkan dengan warna-warna ceria yang menggambarkan kegembiraan memelihara hewan peliharaan.

Website ini punya menu yang mudah digunakan, jadi pemilik hewan peliharaan bisa dengan cepat mencari produk yang dibutuhkan, seperti makanan, mainan, atau perawatan. Setiap produk punya foto jelas dan deskripsi detail.

Ada hal menarik lainnya. Mereka juga menambahkan panduan perawatan hewan, blog tentang kesehatan hewan, dan ulasan produk untuk memberikan informasi berguna kepada pengunjung. Langkah ini juga berguna untuk meningkatkan trafik melalui SEO.

Poin Inspiratif:
Desain yang ceria dan ramah pengguna, penyajian produk dengan jelas, dan konten informatif tentang perawatan hewan peliharaan.

11. Alodokter

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Kesehatan

Menampilkan produk unggulan dalam sebuah hero merupakan langkah kreatif. Inilah yang dilakukan oleh Alodokter, situs kesehatan terkemuka di Indonesia.

Desain website dengan tampilan yang rapi dan terpercaya, dengan foto dokter sebagai representasi utama dari bisnis mereka, sudah dapat mengkomunikasikan semua informasi dengan jelas. Namun ternyata, tidak berhenti di situ saja.

Website Alodokter adalah contoh website bisnis online yang memahami kebutuhan (pain point) pengguna. Mereka menyediakan artikel kesehatan yang mudah diakses di halaman utama. Tujuannya adalah memberikan informasi umum kepada pengunjung. Namun, untuk informasi yang lebih khusus, pengguna dapat menggunakan layanan berbayar mereka melalui konsultasi online melalui chat.

Poin Inspiratif:
Desain yang modern, profesional, dan jelas menggambarkan bagaimana mereka memahami kebutuhan pengguna mereka.

12. WeCare.id

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Sosial Kesehatan

WeCare.id adalah sebuah platform crowdfunding sosial kesehatan. Mereka memiliki website dengan desain yang menarik dan lugas. Warna-warna hangat dan gambar-gambar yang menyentuh hati menunjukkan visi utama mereka, orang yang membutuhkan.

Tak hanya itu, pengunjung bisa melihat berapa banyak donasi yang sudah terkumpul dan target donasi untuk setiap kampanye dengan mudah. Inilah contoh website perusahaan crowdfunding yang menginspirasi: menyederhanakan proses donasi dengan navigasi yang intuitif

Informasi tentang pasien dan penggunaan dana disajikan dengan transparan, membangun kepercayaan dan keterlibatan pengunjung.

Poin Inspiratif:
Desain yang lugas, navigasi yang memudahkan donasi, dan transparansi informasi untuk membangun kepercayaan.

13. HijUp

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Fashion Muslim

HijUp adalah situs web fashion muslim online yang punya desainnya keren. Jika Anda pernah melihat website fashion seperti Zara, HijUp juga punya desain yang menarik seperti mereka. 

Yang paling penting, desain website tersebut tetap mampu memberikan informasi tentang produk dengan baik.

Perhatikan bagaimana website ini memudahkan pengguna untuk melihat-lihat berbagai koleksi pakaian dan busana muslim. Setiap barang ditampilkan dengan foto yang bagus dan deskripsi yang jelas. Ini penting agar pembeli bisa memilih dengan tepat.

Poin Inspiratif:
Desain yang elegan, penyajian produk fashion dengan detail, dan konten inspiratif untuk komunitas fashion muslim.

14. Lemonilo

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Makanan Sehat

Jangan ragu untuk tampil beda. Itulah pesan yang bisa kita ambil dari website Lemonilo, platform yang menawarkan rangkaian produk makanan sehat. Website mereka benar benar bisa menjadi contoh webiste bisnis yang menginspirasi.

Saat Anda mengunjunginya, Anda akan langsung melihat bagaimana warna-warna lembut yang segar bisa membuat desain yang biasa menjadi sangat menarik. Warna hijau dan kuning yang lembut yang digunakan mencerminkan energi dan kesehatan, sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.

Satu hal lagi yang juga penting adalah tampilan menu kategori yang berisi banyak pilihan makanan sehat. Ini menunjukkan bahwa mereka punya banyak produk yang bisa membantu orang hidup sehat.

Poin Inspiratif:
Keberanian untuk tampil berbeda dengan menggunakan warna-warna lembut yang sedang populer bisa membuat desain yang biasa menjadi sangat menarik.

15. Canva

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Desain Grafis

Ada beberapa alasan kenapa Canva menjadi salah satu contoh website bisnis yang inspiratif. Salah satunya adalah dari halaman depan saja, Anda bisa melihat tiga elemen penting bisnis. Apa saja?

Pemahaman terhadap calon konsumen, kredibilitas produk yang dijual, dan transparansi dalam cara penggunaan produk melalui tiga pilihan paket yang ditawarkan.

“What will you design today?” adalah cara Canva berbicara dengan sudut pandang pengguna produk tersebut sendiri. Kemudian, berbagai hasil desain yang ditampilkan seolah menunjukkan banyak kemungkinan dari proyek desain yang bisa Anda kerjakan dengan platform tersebut.

Terakhir, informasi paket bukan hanya menunjukkan bahwa pengguna bisa menggunakannya secara gratis tapi akan mendapatkan fitur lebih lengkap apabila menggunakan paket Pro mereka.

Poin Inspiratif:
Desain yang fokus pada pemahaman calon pengguna, pengenalan bisnis dan fokus penjualan.

16. Duolingo

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Pembelajaran Bahasa

Anda boleh menganggapnya terlalu minimalis, tapi website DuoLingo adalah contoh website bisnis yang tahu bagaimaba cara menyajikan informasi kepada pengunjung.

Duolingo adalah sebuah aplikasi pembelajaran. Produk yang ditawarkan tentu beragam dan perlu dipahami oleh pengunjung dengan baik. Namun, alih alih memberikan semua informasi sekaligus, mereka memberikannya secara bertahap.

Bahkan, di halaman utama website, Anda akan diminta langsung memilih menggunakan aplikasi atau login jika sudah punya akun. Ini cara cerdas untuk mencegah informasi berlebihan yang justru 

membuat orang pergi dari website.

Yang menarik, setiap informasi yang ditampilkan selalu disertai oleh karakter-karakter khusus yang menjadi brand dari bisnis Duolingo.

Poin Inspiratif:
Desain yang interaktif dan menyenangkan, metode pembelajaran yang adaptif, dan komunitas pembelajar yang mendukung.

17. Mailchimp

  • Kategori: Contoh Website Bisnis Layanan Email Marketing

Satu lagi contoh website bisnis online yang mampu mengelola data untuk menjadi informasi yang tak hanya menarik akan tetapi bermanfaat bagi pengunjung. Tak hanya itu, juga mampu untuk menunjukkan unique selling poin dari sebuah bisnis. Dan contoh itu datang dari Mailchimp.

Platform email marketing populer ini sangat paham bahwa berbagai riset membuktikan bahwa strategi email marketing masih menjadi yang terbaik dalam hal konversi. Nah pesan itulah yang dimunculkan di bagian paling utama dari website yaitu “Turn Emails into Revenue”

Tak ingin sekedar menunjukkan klaim, Mailchimp menunjukkan bagaimana proses semua itu bisa berjalan dengan sebuah galeri informatif. Isinya, proses untuk mengubah email sebagai leads menjadi revenue dari penjualan.

Poin Inspiratif:
Kepekaan untuk menjadikan data menjadi informasi yang bermanfaat dalam sebuah desain website.

Buat Website Bisnis Sekarang

Dengan banyaknya contoh website bisnis yang sudah dibahas, Anda tentu makin yakin untuk membuat website untuk bisnis, terutama jika Anda sedang membuka usaha kecil-kecilan, menarik bukan?

Itu langkah tepat. Sebab, bukti nyata betapa powerfulnya go online untuk mengembangkan bisnis. 

Jangan dianggap sekadar halaman di internet, ya. Anda bisa menjadikannya sebagai wajah digital yang merefleksikan identitas dan value bisnis Anda.

Ingat, bukan hanya bagi Anda, website bisnis online akan membantu konsumen Anda juga.

Inilah saatnya Anda mengambil langkah berani. Biarkan ‘contoh website bisnis’ ini menjadi sumber inspirasi untuk memulai atau memperbaharui website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *