Share

Bisnis Skincare: Langkah Memulai dan Tips Mengembangkannya 

admin
admin
Blog » Insight Bisnis » Bisnis Skincare: Langkah Memulai dan Tips Mengembangkannya 
google ads

Bisnis skincare saat ini terus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang menjual produk skincare. Hal ini juga sejalan dengan banyaknya masyarakat yang sudah paham tentang pentingnya perawatan wajah. 

Tak heran, banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk terbaik dengan berbagai keunggulan yang ada di dalamnya. Berdasarkan data Kemenperin, industri kosmetik terus mengalami peningkatan. Tercatat di tahun 2020 peningkatannya adalah 15%. Selanjutnya, naik menjadi 29% di tahun 2023. 

Diprediksi akan terus meningkat industri  kosmetik sampai di tahun ini. Lalu, bagaimana cara memulainya? Ikuti langkahnya berikut. 

Pengertian Skincare  

Sebelum memahami langkah memulai bisnis skincare, pahami dulu apa itu skincare. Skincare adalah rangkaian perawatan kulit yang mendukung kecantikan dan kesehatan. Skincare merupakan asupan nutrisi yang penting terutama untuk wajah. 

Ada beberapa rangkaian produk yang biasanya diberikan oleh penjual. Mulai dari pembersih wajah, toner, serum, pelembab, sampai cream wajah. Serangkaian perawatan ini dapat mengoptimalkan kesehatan kulit sehingga lebih terjaga dari berbagai masalah kulit contohnya jerawat. 

10 Langkah Memulai Bisnis Skincare 

Peluang usaha skincare memang cukup besar sehingga kondisi ini bisa menjadi kesempatan bagus bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Namun, sebelum memulainya penting bagi pengusaha untuk melakukan perencanaan yang tepat. 

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk cara memulai bisnis skincare adalah sebagai berikut: 

1. Buat Konsep yang Jelas 

Langkah pertama untuk memulainya adalah konsep dan branding dari bisnis Anda. Buatlah konsep bisnis terbaik sesuai dengan kemampuan termasuk dalam menyesuaikannya dengan modal yang ada. Bagi Anda yang memiliki modal banyak bisa membuat skincare dengan merk sendiri sesuai dengan syarat yang berlaku. 

Tentu hal ini harus dijalankan dengan melakukan riset serta pengetahuan dalam bidang kecantikan. Namun, jika modalnya tidak banyak, bisa memilih bisnis reseller, jasa titip, atau franchise. 

Cara ini lebih mudah dilakukan serta bisa mendapatkan keuntungan yang cepat dengan memasarkannya melalui online. 

2. Riset Terlebih Dahulu 

Riset dalam bisnis adalah salah satu kunci kesuksesan. Dengan menjalankannya, Anda bisa mendapatkan berbagai pandangan dan ide dari produk skincare yang diinginkan masyarakat. Jadi, pebisnis akan mampu bersaing dengan yang menjual produk serupa. 

3. Tentukan Tujuan Bisnis 

Cara memulai bisnis skincare berikutnya adala menentukan tujuan bisnis. Semua bisnis pasti memulainya dengan menentukan tujuan. Adanya tujuan membuat bisnis lebih terarah dan bisa berkembang lebih baik. 

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam bisnis. Hal ini penting untuk memahami bagaimana Anda bisa membangun bisnis dengan baik. Tujuan bisnis juga membantu untuk menentukan apakah Anda perlu bantuan partner kerja lain atau tidak. 

4. Target Audiens 

Setelah menjalankan riset, Anda bisa memperolah data tentang produk yang akan dijual. Dari data tersebut, bisa tahu apa target audiens Anda. Target audiens sangat penting dicari agar Anda bisa mengetahui siapa saja yang dijadikan konsumen bisnis. 

Jika target audiens sudah didapat, maka rencana untuk strategi pemasaran menjadi lebih spesifik sehingga dapat berjalan efektif dan tidak sia-sia. 

5. Brand 

Brand ini bisa dari nama produk skincare yang Anda buat sendiri atau  dari brand toko. Meskipun Anda tidak membuat produk sendiri, penting untuk memberikan nama bisnis sebagai pembeda dan identitas toko dibandingkan pesaing lainnya. 

Cari tahu nama yang unik dan mencerminkan produk agar menjadi daya tarik bagi calon pelanggan. Pemilihan brand terbaik bisa dijadikan langkah awal yang baik untuk berkembangnya bisnis karena Anda lebih mudah memasarkan produk dari toko sendiri. Pelajari hal terkait brand yang sudah kami rangkum di artikel mengenai pengertian brand dan contohnya ini.

6. Promosi Online 

Jika sudah merencanakan semua hal pokok di atas, penting untuk menjalankan strategi promosi dan iklan online terbaik. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai senjata terbaik untuk promosi. Hal lain yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat toko di marketplace populer agar menjangkau para target audiens bisnis skincare. 

Jika sudah membuka toko di marketplace, tambahkan katalog produk, foto produk, dan deskripsi yang jelas untuk menarik perhatian calon pelanggan. Jika menggunakan media sosial, tambahkan juga berbagai postingan menarik dengan visual cantik dan caption persuasif. 

Promo menarik juga membantu dalam meningkatkan engagement audiens. Selain itu, pastikan juga membuka website bisnis untuk skincare agar toko Anda lebih dipercaya oleh audiens. Penggunaan website ini membantu sebagai digital marketing terbaik karena pengguna mesin pencari sangat banyak. 

Jadi, lebih mudah untuk memperlebar jangkauan bisnis. Tidak tahu cara membuatnya? Gunakan jasa dari Niagaweb untuk mendapatkan jasa pembuatan website berkualitas dan cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. 

7. Pastikan Produk Aman Dipakai 

Hal yang dilihat oleh konsumen ketika membeli skincare adalah keamanan produknya. Oleh sebab itu, cara memulai bisnis skincare yaitu memastikan keamanan produk yang Anda jual. Pastikan semua produknya bersertifikat BPOM untuk menjaga keselamatan konsumen. 

Anda juga perlu memastikan produk skincarenya asli karena sudah banyak produk palsu yang beredar terutama untuk jenis skincare yang terkenal. Semua itu perlu diteliti dengan baik agar bisnis Anda tidak melanggar peraturan hukum yang berlaku. 

8. Cari Supplier yang Tepat 

Bagi yang menjalankan bisnis skincare, ada baiknya memilih supplier terbaik. Supplier inilah yang menentukan apakah produk skincare Anda berkualitas atau tidak. Supplier terbaik juga akan menyediakan skincare asli sehingga aman digunakan oleh konsumen Anda. 

Oleh sebab itu, pilihlah supplier yang terpercaya agar memberikan produk yang baik. Cari terlebih dahulu pengalaman dari supplier tersebut dan apa ulasan yang diberikan oleh pengguna supplier tersebut agar mendapatkan yang benar-benar profesional. 

Agar kerjasama yang dilakukan berlangsung lancar, tetap jaga komunikasi dan hubungan baik. Dengan demikian, bisnis yang dijalankan tidak akan menemui hambatan.

Baca Juga: Ide Usaha Kerajinan Menjanjikan + Pemasarannya

9. Kerjasama dengan Influencer 

Untuk meningkatkan pemasaran digital lebih baik, Anda bisa menggunakan jasa endorsement. Strategi ini dinilai ampuh oleh banyak pengusaha skincare karena dapat mendorong audiens bertransaksi di toko Anda. 

Namun, lagi-lagi Anda tidak boleh memilih influencer secara sembarangan. Penting memastikan citra dari influencer ini di mata masyarakat. Hal ini karena jumlah followers dan citranya berpengaruh terhadap budget yang Anda keluarkan. 

Selain itu, salah memilih influencer juga berdampak pada kerugian bisnis sehingga harus diperhatikan betul-betul. 

10. Jaga Komunikasi Baik dengan Pelanggan 

Menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan bisa menjadi tips sukses untuk menjalankan usaha skincare. Tujuannya agar pelanggan selalu puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga mereak bisa menjadi pelanggan setia Anda. 

Berikan penawaran menarik dan spesial untuk pelanggan Anda. Contohnya memberi voucher gratis ongkir, cashback, diskon harga khusus untuk pelanggan yang memberikan testimoni, dsb. 

Cara ini dinilai ampuh untuk mendongkrak penjualan lebih banyak lagi. 

Kesimpulan 

Bisnis skincare merupakan peluang usaha yang terus meningkat, terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan yang menjual produk skincare dan meningkatnya angka pertumbuhan industri kosmetik. Bisnis skincare tidak hanya memberikan peluang untuk pebisnis dengan modal besar, namun juga bagi mereka yang ingin memulai dengan modal yang kecil melalui bisnis reseller, jasa titip, atau franchise.

Langkah-langkah penting dalam memulai bisnis skincare antara lain membuat konsep yang jelas, melakukan riset terlebih dahulu, menentukan tujuan bisnis, mengetahui target audiens, memilih brand yang tepat, dan melakukan promosi online. Peluang bisnis skincare semakin besar di era digital, sehingga menjalankan strategi pemasaran online dan memiliki toko di marketplace populer dapat meningkatkan jangkauan konsumen.

Demikian beberapa cara memulai bisnis skincare yang bisa Anda lakukan agar sukses berbisnis. Diperlukan kompetensi dan keuletan dalam menjalankan usaha skincare agar lebih berkembang besar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *