Share

Rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda

Picture of annisafauziya
annisafauziya
Blog » Insight Bisnis » Rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda
usaha yang jarang dibutuhakan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini termasuk ide yang brilian untuk Anda agar mendapatkan peluang dan kompetitor yang sedikit. Pemilik bisnis harus memperhatikan daftar usaha ini dan melancarkan strategi terbaiknya guna membuat usaha berkembang. 

Berikut ini akan dijabarkan rekomendasi bisnis jarang pesaing. Meskipun begitu, bukan berarti usaha ini bisa berhasil secara penuh. Anda juga perlu melakukan beberapa usaha lanjutan untuk membuat bisnis mencapai keberhasilan. Yuk, simak daftarnya dalam artikel ini. 

Daftar Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan 

Anda sebagai pemilik bisnis perlu memperhatikan peluang dalam memilih jenis usaha. Pintar melihat peluang ini membuat Anda berhasil mendapatkan kompetitor yang sedikit sehingga lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan penjualan. 

Berikut adalah rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang bisa disesuaikan dengan keterampilan dan sumber daya yang Anda miliki. 

1. Jualan Buku Kuliah 

Usaha yang jarang tapi dibutukan pertama yaitu menjual buku kuliah. Ketika menjadi mahasiswa, Anda membutukan buku sesuai jurusan sebagai bahan literasi. Namun, mahasiswa umumnya lebih mencari buku kuliah selain dari toko buku. 

Alasannya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membuka reseller buku dengan harga yang terjangkau. Pastinya usaha ini cukup menjanjikan karena jualan buku kuliah termasuk bisnis yang jarang diketahui orang. 

Padahal, banyak para mahasiswa yang membutuhkannya. 

2. Jual Kebutuhan Hidroponik 

Saat ini sudah digalakkan tumbuhan hidroponik untuk menerapkan konsep penghematan lahan dan ramah lingkungan. Banyak penggemar hidroponik sehingga Anda perlu meilihat celah ini sebagai usaha yang jarang tapi dibutuhkan. 

Jual kebutuhan hidroponik banyak dicari terutama di kawasan perkotaan yang lebih banyak memanfaatkan metode ini untuk penanaman tumbuhan. 

Simak juga: Usaha Modal 1 Juta: Pemula Wajib Tahu

3. Jasa Perbaikan Barang Antik 

Jasa perbaikan barang antik juga termasuk dalam ide usaha yang jarang ada. Banyak para kolektor antik di luar sana yang membutuhkan jasa ini untuk menjaga dan memelihara barang antik mereka. 

Apalagi para kolektor biasanya rela membayar mahal untuk merawat koleksi kesayangannya. Untuk itu, Anda bisa meraup banyak untuk jika membuka jasa yang satu ini. 

4. Jasa Sewa Zoom 

Semakin maraknya era digital membuat banyak orang memanfaatkan teknologi ketika berkomunikasi. Salah satu aplikasi yang banyak dipakai saat ini yaitu Zoom. Aplikasi ini biasa untuk kebutuhan kantor seperti meeting online. 

Banyak juga pelajar yang menggunakan aplikasi ini untuk media pembelajaran online. Anda bisa membuka jasa sewa zoom untuk memanfaatkan peluang ini. Bisnis yang masih jarang digeluti ini banyak dibutuhkan karena Zoom versi gratis memiliki keterbatasan durasi waktu. 

Jadi, Anda bisa menyewakan akun Zoom premium ke klien agar mereka bisa berdiskusi dalam jangka waktu lama. 

5. Jasa Sewa Ruang Meeting 

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selajutnya adalah sewa ruang meeting. Banyak beberapa perusahaan dan instansi yang masih belum punya kantor terutama yang baru memulai usaha. Oleh sebab itu, mereka kebanyakan mencari tempat sewa ruang meeting. 

Jika Anda punya tempat gedung atau ruangan yang cocok untuk meeting, maka bisa dimanfaatkan untuk membuka sewa ruang meeting. 

6. Jasa Penjahit Khusus Baju Pengantin 

Usaha berikutnya yang terbilang banyak pelanggan yaitu jasa penjahit khusus pengantin. Jenis usaha ini terbilang menjanjikan karena bisa mendapatkan keuntungan besar. 

Desain baju pengantin umumnya lebih rumit sehingga wajar hanya sebagian orang saja yang bisa melakukannya. 

7. Jasa Digital Marketing UMKM 

Bisnis jarang pesaing selanjutnya adalah jasa digital marketing. Saat ini, banyak perusahaan memasarkan produk dan jasanya melakukan digital seperti media sosialdan website. 

Bagi yang sudah ahli dalam digital marketing seperti content marketing, SEO, email marketing, dsb bisa menjadikan kemampuan tersebut untuk membuka jasa digital marketing. 

Banyak perusahaan yang kesulitan dalam menjalankan promosi yang efektif sehingga bisnis yang jarang digeluti ini patut Anda lirik dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

8. Jasa Pembersihan Kandang Hewan Peliharaan 

Berikutnya adalah membersihkan kandang hewan. Umumnya, pet shop menyediakan tempat untuk grooming kucing. Namun, jasa pembersihan kandang ini juga tidak kalah laris. 

Beberapa pemilik hewan tidak punya waktu membersihkan kandang hewan sehingga usaha ini banyak dibutuhkan. 

9. Jasa Screenshot Chat iPhone 

Bisnis jarang pesaing yang unik berikutnya adalah screenshot chat iPhone. Umumnya, jasa ini banyak dicari oleh kalangan anak milenial dan orang yang ingin meningkatkan jiwa sosialita dan reputasi. 

Pasalnya, beberapa pengguna Android biasa ingin membuat screenshot seakan-akan menggunakan HP iPhone. Jika Anda memiliki HP iPhone, bisa memanfaatkan bisnis yang jarang diketahui orang untuk menambah penghasilan. 

10. Kuliner Luar Negeri 

Era globalisasi saat ini membuat banyak orang di seluruh dunia menjadi terhubung. Sering juga terjadi pertukaran budaya dan kuliner luar negeri. Banyak orang Indonesia yang penasaran akan cita rasa makanan luar negeri apalagi yang lagi viral. 

Jadi, Anda bisa berjualan kuliner tersebut untuk memanfaatkan peluang bisnis yang jarang diketahui orang dengan baik. 

11. Jasa Pengecatan Bangunan di Ketinggian 

Bagi yang tidak takut ketinggian dapat mencoba ide usaha ini yaitu pengecatan bangunan di ketinggian. Tentunya, Anda perlu memperhatikan prosedur keamanan dan paham cara untuk menggunakan alat pembantu di ketinggian. 

12. Tukang Kayu 

Tukang kayu adalah pekerjaan yang banyak dicari terutama di daerah perkotaan. Jika punya keahlian di bidang tersebut, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menawarkan jasa ini ke banyak orang karena biasanya sangat dibutuhkan untuk memotong pohon yang berbahaya. 

13. Jasa Mengelola Server Website 

Jasa mengelola server website termasuk bisnis yang masih jarang digeluti. Hal ini karena bidang ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Meskipun termasuk bisnis yang masih jarang digeluti, tetapi jasa ini banyak dibutuhkan orang. 

Pasalnya, banyak perusahaan yang membuat website untuk perkembangan bisnisnya. Dalam membuat website, diperlukan server website yang mumpuni untuk menampung data customer dan website agar memiliki tampilan menarik. 

14. Sewa Alat Untuk Konten 

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan terakhir adalah sewa alat untuk konten. Telah diketahui bersama bahwa banyak orang yang beralih profesi menjadi content creator baik untuk menjadi pekerjaan utama ataupun sampingan. 

Dengan banyaknya profesi ini, membuat Anda bisa menyediakan jasa sewa alat untuk konten. Contohnya seperti headset, speaker, tripod, kamera, dsb. Adanya alat tersebut akan mendukung kebutuhan para konten kreator sehingga membuat konten yang lebih bagus. 

15. Layanan Jasa Penyewaan Peralatan Fotografi

Fotografi adalah hobi yang populer, tetapi peralatan fotografi seringkali mahal dan memerlukan pembaruan teratur. Anda bisa membuka layanan jasa penyewaan peralatan fotografi, menyediakan kamera dan peralatan fotografi lainnya untuk para hobiis atau profesional fotografi. Dengan menyediakan pilihan peralatan berkualitas tinggi, usaha ini akan menarik minat dari berbagai kalangan.

16. Jasa Penyewaan Alat Musik dan Studio Rekaman

Banyak orang memiliki minat untuk belajar memainkan alat musik atau merekam musik mereka sendiri. Namun, tidak semua orang memiliki akses ke alat musik atau studio rekaman yang lengkap. Anda dapat membuka jasa penyewaan alat musik dan studio rekaman, memberikan kesempatan bagi para musisi dan calon produser untuk mengasah keterampilan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk peralatan.

17. Jasa Perbaikan dan Pengecatan Sepeda

Berkendara sepeda semakin digemari sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan. Namun, sepeda yang sering digunakan memerlukan perawatan dan perbaikan. Anda bisa membuka jasa perbaikan dan pengecatan sepeda, memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pecinta sepeda. Dengan menawarkan jasa yang terjangkau dan dapat diandalkan, bisnis ini bisa sukses di daerah yang banyak penggemar sepeda.

Cara Pemasaran Usaha 

Jika sudah menentukan bisnis apa yang kalian buat, maka hal yang tidak kalah penting adalah cara pemasaran usaha. Untuk melakukannya, Anda butuh memahami target pasar dengan baik, mempersiapkan anggaran dana, dan memilih cara pemasaran terbaik. Anda bisa memulainya dengan mendaftarkan Google bisnisku agar mudah ditemukan pelanggan. 

Saat ini sudah banyak pemasaran melalui sosial media maupun website. Wesbsite perusahaan akan membantu untuk mendapatkan pelanggan lebih cepat sehingga Anda perlu membuatnya secara profesional. Gunakan layanan dari Nuhaweb untuk mendukung jasa pembuatan website profesional yang terbaik. 

Kesimpulan 

Dalam memilih jenis usaha, pemilik bisnis perlu memperhatikan peluang agar bisa mendapatkan kompetitor yang sedikit sehingga lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan: menjual buku kuliah, jual kebutuhan hidroponik, jasa perbaikan barang antik, jasa sewa Zoom, sewa ruang meeting, jasa penjahit khusus baju pengantin, dan jasa digital marketing untuk UMKM.

Dalam memilih usaha ini, pemilik bisnis harus mempertimbangkan keterampilan dan sumber daya yang dimiliki untuk membuat bisnis bisa berkembang. Meskipun ide usaha ini terbilang menjanjikan, pemilik bisnis tetap perlu melakukan beberapa usaha lanjutan untuk membuat bisnis mencapai keberhasilan. Memilih jenis usaha yang jarang pesaing akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk berhasil dalam bisnis dan mendapatkan peluang yang lebih besar. Dengan melakukan strategi terbaik, pemilik bisnis bisa memperoleh keuntungan dan meningkatkan penjualan.

Demikian penjelasan lengkap tentang usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Usaha yang dijalankan dengan strategi terbaik juga lebih berpeluang mendapatkan keuntungan besar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *