Share

11 Topik Artikel Blog yang Menarik & Tips Memilihnya (Terlengkap)

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » 11 Topik Artikel Blog yang Menarik & Tips Memilihnya (Terlengkap)

Sesudah Anda berhasil membangun website atau blog, langkah berikutnya adalah mengisinya dengan konten. Terlihat sederhana, ya? Padahal, menemukan topik artikel yang menarik itu gampang-gampang susah.

Alhasil, karena terlalu lama berpikir ide konten blog dan belum juga menemukan tema konten yang menarik, website itu jadi belum punya postingan. Benar begitu yang terjadi?

Tenang, di artikel ini kami akan coba berikan beberapa contoh topik artikel yang menarik. Anda bisa memilih jenis ide yang sesuai blog atau niche website Anda nantinya. Yuk, baca sampai selesai.

11 Topik Artikel yang Menarik Banyak Pengunjung

Inilah 11 contoh topik yang menarik untuk mendatangkan pengunjung ke website:

1. Panduan Umum

  • Cocok untuk: Website di berbagai niche yang ingin menunjukkan expertise

Panduan umum adalah topik artikel menarik yang sering digunakan oleh blog dan website perusahaan. Artikel ini biasanya membahas konsep dasar atau definisi yang dijelaskan secara ringan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Jika Anda bingung memulai ide konten blog, pilihlah panduan umum.Tapi, batasi informasi yang ingin disampaikan sesuai dengan kebutuhan pembaca di topik tersebut. Anda bisa saja membuat panduan yang panjang dengan isi lengkap asalkan bahasannya ringan.

Contoh topik artikel yang menarik berupa panduan antara lain:

  • “The Ultimate Guide to SEO in 2024”
  • “The Complete Guide to Content Marketing: From Strategy to Execution”

2. Listicle

  • Cocok untuk: Semua niche seperti travel, kesehatan, gaya hidup, dan lainnya

Listicle bisa jadi istilah yang masih asing buat Anda. Dalam bahasa Indonesia, artinya artikel kumpulan terbaik. Nah, ini bisa jadi topik artikel yang menarik sebagai format posting yang berisi informasi dalam daftar.

Biasanya sebuah listicle akan menggunakan daftar angka secara spesifik. Judulnya juga seringkali menggunakan frase:

  • “10 X Terbaik.. “
  • “X Hal yang Tidak Kamu Ketahui tentang..”
  • “X Tips untuk…”.

Kenapa menjadikannya contoh topik artikel yang menarik? Listicle itu mudah dilihat cepat (scan). Jadi, akan membantu pembaca menemukan informasi dengan cepat. Selain itu, secara visual cukup menarik dan mendorong orang untuk share di media sosial.

3. Tutorial

  • Cocok untuk: Berbagai niche seperti Life Hacks, teknologi, kuliner, dan lainnya

Tutorial merupakan topik artikel yang menarik berikutnya. Postingan Anda nantinya akan berbentuk tahapan instruksi detail tentang cara melakukan sesuatu.

Bisa ditebak kalau beberapa judul yang akan Anda temukan yaitu:

  • “Cara Melakukan X…”
  • “Tutorial untuk Melakukan X…”
  • “Panduan X: Langkah demi Langkah”

Nah, ada beberapa alasan tutorial jadi kategori yang menarik sebagai ide konten blog. Format artikel yang dibuat ini akan informatif dan membantu pembaca untuk belajar keterampilan baru atau menyelesaikan masalah.

Ini bisa jadi contoh topik yang menarik karena manfaat yang diberikan bisa membantu orang yang membutuhkan solusi praktis.

4. Review Produk

  • Cocok untuk: Berbagai niche seperti e-commerce, travel blog, digital marketing dan lainnya

Kalau kamu menjalankan bisnis, topik artikel yang menarik berikutnya adalah membuat review. Ini bisa berupa produk Anda sendiri atau produk orang lain. Tujuannya adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki expertise di bidang itu atau bahkan untuk mendongkrak penjualan produk.

Singkatnya, dalam sebuah review, Anda akan menulis penilaian terhadap produk, layanan, dan pengalaman. Contoh topik yang menarik seputar review umumnya akan menggunakan judul:

  • “Review: The New iPhone 13 – Is It Worth the Upgrade?”
  • “Rating: The Best and Worst Movies of 2023”

Kenapa ini bisa jadi contoh topik artikel yang menarik? Pembaca ingin mendapatkan informasi lengkap tentang sebuah brand dari orang yang lebih paham, baik secara luas atau teknis. Nah, review umumnya membantu membuat keputusan yang baik dan meyakinkan mereka untuk membeli produk.

5. Interview

  • Cocok untuk: Website niche konten yang membutuhkan wawasan dari para ahli seperti bisnis, pendidikan, dan lainnya

Interview adalah contoh topik artikel yang menarik dengan fokus pada percakapan panjang dengan seorang ahli tentang suatu topik.

Ini bisa jadi ide konten blog menarik karena informasi dari sebuah interview itu sangat bermanfaat, atau “isinya daging”. Biasanya memang lebih umum disajikan dalam bentuk video YouTube. Tapi, beberapa orang menyukainya dalam bentuk teks yang sudah diolah idenya.

Judulnya tentu akan dimulai dengan kata “Wawancara”, atau “Interview” dan kadang “Q&A”. Sebagai contoh:

  • “Interview: How a Freelance Writer Built a Six-Figure Business in One Year”
  • “Q&A: A Neuroscientist Explains How Meditation Changes Your Brain”

6. Berbagi Pengalaman

  • Cocok untuk: Blog pribadi dengan niche kesehatan, digital marketing, bisnis dan lainnya

Anda dapat membuat artikel yang berbagi pengalaman pribadi, lho. Jangan salah, ini bisa menjadi topik artikel yang menarik. Selain itu, konten yang Anda buat juga bisa berisi pengalaman bersama dalam satu tim atau perusahaan yang sama-sama mencapai kesuksesan atau menghadapi kegagalan.

Judul dari ide konten blog ini bisa bervariasi. Jadi tidak harus selalu dimulai dengan “My Personal Story” atau “Cerita Sukses”. Anda juga bisa makan beberapa judul seperti:

  • How I Survived a Plane Crash and Found My Purpose”
  • “What I Learned From Living in 12 Countries in 12 Months”

Kenapa ini bisa menjadi topik artikel yang menarik? Yang jelas, cerita Anda akan lebih mudah untuk relevan dengan pembaca. Baik itu tentang keberhasilan atau kegagalan. Keduanya bisa memberikan inspirasi untuk terus berusaha mencapai tujuan.

7. Case Study

  • Cocok untuk: Brand yang ingin menunjukkan kredibilitas bisnis berkat penggunaan produk atau website berita umum

Bentuknya sama sama bercerita. Akan tetapi, case study adalah topik artikel yang menarik karena menggambarkan keberhasilan melalui alur cerita. Biasanya digunakan untuk mempromosikan manfaat penggunaan produk dari merek tertentu.

Seringkali, sebuah case study dimulai dengan cerita kegagalan atau pain points yang dirasakan oleh pengguna atau seseorang. Kemudian, muncullah produk dari sebuah brand yang akan menjadi pahlawan sekaligus mengubah kehidupan pengguna tersebut.

Untuk membuat ide konten blog dengan format case study, Anda perlu menggunakan kata kata yang positif dan percaya diri, seperti:

  • “How We Helped a Local Bakery Increase Their Sales by 300% with Facebook Ads”
  • “Case Study: How Buffer Used Content Marketing to Grow Their Blog Traffic by 5X in One Year”

8. Roundups

  • Cocok untuk: Blog pribadi atau brand yang ingin menunjukkan expertise mereka

Kalo ada bingung mencari contoh topik artikel yang menarik, cobalah melihat beberapa artikel dari orang lain. Setelah itu, Anda bisa membuat postingan baru dengan merangkum temuan tersebut dan menambahkan pendapat pribadi Anda.

Tema konten yang menarik ini sering disebut sebagai roundup. Bentuknya mirip dengan listicle. Namun, hanya orang yang berpengalaman dan ahli dalam riset yang dapat membuat artikel semacam ini dengan baik dan memilih informasi yang akan disajikan.

Kenapa Anda perlu mencoba untuk membuat topik artikel yang menarik berupa roundup? Alasan pertama adalah untuk meningkatkan kredibilitas Anda sebagai ahli di bidang tersebut. Selain itu, jenis konten seperti ini masih jarang ditemukan di Indonesia, biasanya hanya dilakukan blogger luar negeri.

9. Glossary

  • Cocok untuk: Semua website dan blog, mulai dari blog travel, blog toko online, blog teknologi, dan lainnya

Glossary adalah format postingan yang isinya berbagai istilah tentang suatu topik. Biasanya, penjelasan yang diberikan cukup singkat. Dan ini bisa menjadi alternatif topik artikel yang menarik selain panduan umum.

Pendekatannya mirip dengan saat Anda membuat roundup. Anda membuat daftar istilah terlebih dahulu yang akan menjadi bagian dari postingan. Setelah itu, Anda menjelaskan satu per satu istilah tersebut dalam artikel.

Ide konten blog ini memang tidak semenarik jenis lain seperti tutorial atau listicle. Akan tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan jodoh yang keren seperti:

  • “Glossary: 39 Blogging Terms to Know”
  • “FAQ: Everything You Need to Know About SEO”

10. Trends

  • Cocok untuk: Website dan blog dengan berbagai niche yang fokus pada perubahan tren

Sesuai namanya, contoh topik yang menarik berikutnya adalah membuat postingan terkait tren. Tentunya, jenis ide konten blog seperti ini umumnya dilakukan di akhir tahun atau di awal tahun saja.

Seperti halnya dengan ide konten blog roundup, artikel tren juga memerlukan kemampuan riset dan analisis yang baik. Jika Anda dapat melakukannya dengan tepat, akan lebih mudah bagi Anda untuk menunjukkan keahlian Anda, baik kepada pembaca atau konsumen produk Anda.

Selain itu, artikel yang kedua tentunya akan membuat penasaran karena merupakan sebuah topik yang baru. Ini tentunya berbeda dengan artikel tentang tutorial atau panduan umum.

11. Berita

  • Cocok untuk: Semua website atau blok yang terkait dengan informasi yang selalu up to date

Tak perlu khawatir. Kalau prediksi tren tahun depan belum jadi topik artikel yang menarik bagi Anda, tuliskan saja apa yang sedang terjadi. Bentuknya, bisa berita singkat atau ulasan komprehensif.

Anda bisa mencari berita sendiri atau mengulas berita dari media lain. Ini bisa jadi topik artikel yang menarik karena membuat pembaca penasaran. Terutama ketika ada berita baru, mereka ingin tahu pendapat Anda sebagai ahli di bidang itu.

Beberapa contoh topik artikel yang menarik tentang peristiwa yang sedang terjadi antara lain:

  • “What the New COVID-19 Variant Means for Travelers”
  • “Why NFTs Are the Future of Art and How to Get Started”

12. Cheat Sheets

  • Cocok untuk: Berbagai niche website atau blog seperti blog teknologi, blog gaming yang pembacanya membutuhkan bantuan praktis

Jika Anda telah membuat tutorial yang berhasil, pertimbangkan untuk membuat ide konten blog berupa cheat sheet. Apa perbedaannya? Tutorial mengikuti langkah demi langkah secara berurutan. Sedangkan cheat sheet berisi tips singkat yang praktis dan memberikan manfaat langsung.

Mengapa Anda perlu membuat postingan dengan topik artikel menarik seperti ini? Karena cheat sheet membantu pembaca dengan cepat. Selain itu, cheat sheet seringkali menjadi postingan yang banyak dikunjungi, seperti kamus tutorial bagi pembaca Anda.

Ini merupakan contoh topik artikel menarik yang dapat menarik banyak pengunjung. Terutama jika Anda menggunakan judul yang menarik seperti “Tips Singkat”, “Quick Tips”, “Trik Penting”, dan sebagainya.

Tips Memilih Tema Konten Yang Menarik

Inilah beberapa tips memilih topik artikel yang menarik sesuai dengan jenis website dan niche yang Anda geluti:

1. Pahami Target Audiens

Anda harus memahami audiens target Anda sebelum mewujudkan ide konten blog yang menarik. Penting untuk tahu apa yang mereka butuhkan dan bagaimana memberikan informasi dengan baik.

Jika Anda merupakan sebuah brand yang memanfaatkan website, periksa kembali profil calon konsumen Anda. Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan mereka atau secara online.

Anda bisa menggunakan SurveyMonkey, Typeform, atau Google Forms untuk membuat dan mengirimkan survei.

Dengan cara ini, Anda dapat lebih memahami apa yang mereka butuhkan, minati, hadapi, dan pilih. Jadi, semakin baik Anda menyesuaikan topik Anda untuk mereka.

2. Buat Artikel yang Relevan

Selanjutnya, pilihlah topik artikel yang menarik sesuai dengan kebutuhan pembaca. Pastikan topiknya relevan agar tidak terlalu umum atau bahkan tidak berrhubungan dengan masalah yang dihadapi oleh pembaca.

Agar relevan, penting untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan Anda sebelum membuat ide konten blog. Jika Anda tidak memiliki kemampuan wawancara yang cukup, sebaiknya tunda pembuatan konten yang melibatkan interview tokoh atau konsumen Anda. Hasilnya mungkin tidak memenuhi harapan pembaca.

3. Amati, Tiru, Modifikasi

Anda tidak perlu mencari topik artikel yang menarik dari awal. Anda bisa melihat contoh dari blog yang sukses atau pesaing Anda untuk mendapatkan ide konten yang relevan dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Di awal, Anda dapat menggunakan contoh topik yang menarik sesuai dengan konten kompetitor. Namun, setelah itu, teruslah mencari ide-ide konten blog yang belum dimiliki oleh kompetitor. Jadikan itu tema konten yang menarik bagi Anda.

Kalau Anda membutuhkan upaya untuk melakukan validasi, gunakan beberapa tool seperti Semrush, atau Similar Web. Itu akan membantu Anda untuk menemukan contoh topik yang menarik sesuai niche Anda

4. Gunakan Berbagai Tool Pendukung

Anda bisa saja membuat postingan secara manual. Tetapi, jangan lupakan manfaat beberapa tool untuk membantu proses membuat topik artikel menarik menjadi postingan yang populer dan banyak dikunjungi.

Anda dapat menggunakan alat seperti generator ide dan judul untuk membantu Anda. Selain itu, gunakan alat penjadwalan untuk mengatur kapan ide konten blog harus dibuat. Anda juga dapat memanfaatkan alat tulisan gratis seperti Grammarly untuk konten berbahasa Inggris.

Apapun itu, pastikan selalu melakukan setiap tahapan untuk menulis topik artikel yang menarik dengan lebih efektif.

5. Lakukan Riset Kata Kunci

Anda tidak ingin artikel menarik yang sudah Anda tulis tidak dikunjungi orang, bukan? Mungkin bukan karena artikel Anda buruk, atau itu bukan topik artikel yang menarik. Siapa tahu karena pembaca tidak dapat menemukannya di hasil pencarian Google.

Artikel Anda mungkin belum dioptimalkan untuk SEO. Oleh karena itu, penting untuk belajar SEO dan cara melakukan penelitian kata kunci yang benar. Meskipun ada tool gratis seperti Ahrefs, Moz, dan Ubersuggest, tanpa pemahaman dasar, Anda mungkin gagal dalam menemukan kata kunci yang paling dicari pengguna Google.

6. Lakukan Eksperimen

Anda sudah tahu contoh topik artikel yang menarik. Jadi, jangan takut untuk mencoba ide konten blog yang menarik pembaca. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis konten yang bisa Anda prioritaskan untuk website atau blog Anda.

Anda dapat membuat tema konten menarik berdasarkan keahlian Anda. Alternatifnya, Anda juga dapat fokus pada ide konten vlog yang paling dibutuhkan oleh audiens, sesuai dengan langkah-langkah yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Manakah Tema Konten Yang Menarik untuk Website Anda?

Mencari topik menarik untuk artikel di website Anda dengan mudah jika Anda tahu langkah-langkah yang harus diambil.

Prioritas langkah-langkah ini tergantung pada jenis website Anda agar ide konten blog bisa menjadi postingan menarik dan banyak dikunjungi. Dan, artikel ini sudah memberikan Anda beberapa informasi dasar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website atau blog Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda memiliki banyak ide tema konten menarik tetapi belum memiliki website atau blog? Tenang, membuat website atau blog saat ini sudah semakin mudah, kok.

Namun, jika Anda masih merasa kurang memiliki kemampuan teknis, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional. Mereka akan membantu Anda membuat website menarik dalam waktu singkat dan dengan biaya yang terjangkau.

Demikian informasi dari kami dan semoga bermanfaat, ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *