Share

Cek Keamanan Website Anda dengan 16 Tool Gratis Ini!

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Website Development » Keamanan Website » Cek Keamanan Website Anda dengan 16 Tool Gratis Ini!

Melakukan cek keamanan website adalah salah satu satu agenda yang harus dilakukan secara berkala. Alasan utamanya tentu adalah untuk menghindarkan website dari potensi serangan siber terhadap website dari pihak tidak bertanggung jawab.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini, terdapat banyak tool yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan website security check. Namun, apa saja pilihan terbaik untuk tool cek keamanan situs web tersebut?

Tool Cek Keamanan Website Gratis

Bagi Anda yang membutuhkan tool yang dapat melakukan website security check, terdapat banyak opsi tool populer yang bisa Anda manfaatkan. Namun, jika Anda ingin mencari yang gratisan, berikut adalah pilihan tool yang akan cocok untuk Anda.

1. Quttera

Quttera adalah salah satu tool cek keamanan situs web terbaik pertama yang berada di dalam daftar kami. Tool gratis ini memiliki sejumlah fitur canggih yang memungkinkan penggunanya untuk mengecek keamanan websitenya. 

Tool ini sendiri dapat membantu melakukan pengecekan file yang berpotensi terinfeksi malware, keberadaan file mencurigakan, hingga percobaan phishing.

Cara mengetes keamanan website dengan menggunakan Quttera juga terbilang mudah. Anda hanya perlu memasukkan alamat domain website Anda di tool ini dan kemudian ia akan menganalisa potensi ancaman di website Anda.

2. Sucuri

Sucuri berada di urutan selanjutnya untuk tool cek keamanan website terbaik di dalam daftar kami. Tool ini memiliki didukung oleh fitur yang memungkinkannya untuk melakukan analisis server, guna mengetahui status atau penyebab website tidak dapat diakses.

Selain itu, Sucuri juga dapat memastikan apakah sebuah website tengah terkena spam. Sama dengan tool sebelumnya, cara mengetes keamanan website menggunakan Sucuri juga termasuk mudah. Bila ingin menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan nama domain Anda ke kotak analis di tool ini dan kemudian mengklik “Scan Now”.

Tool ini akan melakukan quick analysis atas website Anda dan menampilkannya kepada Anda.

3. Observatory

Observatory adalah salah satu tool cek keamanan website gratis yang diusung oleh Mozilla. Tool ini dapat melakukan pengecekan keamanan seperti HTTP, SSH, TLS, DNS dan lainnya. Hasil pengecekan yang diberikan oleh tool ini sendiri adalah bersifat skala, yaitu skala A hingga D. 

Jika hendak menggunakan Observatory ini, Anda hanya perlu memasukkan nama domain Anda dan menentukan aspek mana yang ingin Anda periksa. Selanjutnya, tunggu beberapa detik hingga tool ini selesai melakukan analisis dan menampilkan hasilnya.

4. UpGuard

Masih bicara mengenai website security check tool, tool selanjutnya yang kami sarankan adalah UpGuard. Pada dasarnya, UpGuard sendiri adalah tool berbayar yang menawarkan berbagai fitur pengecekan keamanan website gratis. Namun, penyedia tool ini juga menyediakan versi gratis yang dapat Anda gunakan. 

UpGuard sendiri memungkinkan penggunananya untuk melakukan analisis masalah keamanan atas suatu website, yang meliputi email risk, website risk, phishing, dan juga malware.

5. ImmuniWeb

ImmuniWeb adalah salah satu website security check tool yang juga cukup terkenal di kalangan para blogger atau pemilik website

Tool ini sendiri dikenal dengan fungsinya yang dapat melakukan beberapa aspek pengecekan, mulai dari pengetesan keamanan CMS, GDPR & PCI DSS, CSP & HTTP Headers Check, hingga mendeteksi WordPress and Drupal.

Sekali lagi, sama dengan sejumlah tool yang telah kami bahas di atas. Cara pengecekan keamanan website menggunakan tool ini termasuk mudah, yang mana Anda hanya perlu memasukkan nama domain Anda ke kolom analisis yang tersedia. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses analisis selesai dan melihat hasilnya.

6. Qualys SSL Labs

Qualys adalah tool yang memiliki fungsi untuk mengecek kesehatan website dari sisi aspek konfigurasi SSL/TLS. Selain itu, Qualys juga dapat memberikan informasi kadaluarsa SSL website Anda secara instant.

7. Pentest-Tools

Dengan 2 mode scanning, yaitu lite dan full scanning, Pentest-Tools juga menjadi tool cek kesehatan website lainnya yang kami sarankan kepada Anda. Tool ini dapat mendeteksi indikasi masalah keamanan, seperti versi server yang rusak, masalah SSL, cookies yang tidak aman, dan lainnya.

Pentest-Tools sendiri termasuk dalam kategori freemium. Artinya, Anda dapat menggunakan tool ini secara gratis maupun berbayar. Khusus mode scanning yang kami sebutkan di awal. Sementara untuk versi gratis, Anda hanya dapat menggunakan mode lite scanning.

Lalu, untuk mode full scanning di Pentest-Tools ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang berlangganan (premium).

8. SiteGuarding

SiteGuarding adalah tool yang dapat membantu penggunanya untuk mendeteksi sejumlah isu pada website, seperti blacklist, malware, deface, spam, dan lainnya. 

Tool ini sendiri dapat mendukung cukup banyak jenis CMS populer, seperti Joomla, WordPress, Drupal, Magento, Bulletin, dan masih banyak lagi. Yang terpenting, SiteGuarding juga adalah tool website check gratis.

9. Geekflare

Jika Anda menggunakan WordPress, Geekflare adalah salah satu tool cek keamanan website yang cocok untuk Anda gunakan. Tool ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengecekan guna menemukan sejumlah masalah keamanan pada website WordPress, seperti masalah tema, plugin, core security, SSL, dan blacklist.

Selain itu, hasil analisa dari tool ini disajikan dalam bentuk penyajian yang mudah dipahami, lengkap dengan kesimpulan analisisnya. Jadi, Anda yang masih pemula dalam hal security check pun akan dapat memahami data yang tool ini berikan dengan mudah.

10. WPSEC

GeekFlare bukan satu-satunya website security check tool yang recommended untuk WordPress. Alternatif lain yang juga dapat Anda jadikan pilihan adalah WPSEC. 

WPSEC adalah tool yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengecekan website WordPress dan menemukan berbagai potensi masalah keamanan. Tool ini sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Khusus versi berbayarnya, Anda akan mendapatkan fitur sejenis push notification. Fitur ini akan menginformasikan Anda jika terdapat perubahan status keamanan pada website WordPress Anda. Fitur ini terbilang berguna untuk Anda yang kerap lalai dalam pengecekan kesehatan dan keamanan website.

11. Probely

Probely adalah web security check tool yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemindaian web vulnerability (Injeksi SQL, DNS, CSRF, XSS) dan pemindaian API. Laporan yang tool ini berikan mencakup tingkat kerentanan, tingkat keparahan, beserta solusi cara mengatasinya. 

Sayangnya, tool ini hanya menyediakan versi trial 14 hari untuk penggunaan gratis. Jika ingin penggunaan lebih lanjut setelah masa trial, Anda harus melakukan upgrade ke versi premium.

12. Scanurl

Scanurl adalah tool dengan fungsi pemeriksaan URL secara otomatis untuk mengidentifikasi potensi masalah keamanan, malware, dan phishing. Tool ini bekerja dengan melakukan pemindahan menyeluruh untuk memeriksa tautan yang mengandung ancaman terhadap keamanan website.

13. ThemeCheck

Tema website adalah salah satu media yang menjadi sarana infeksi malware dan kode berbahaya ke sebuah website. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati dalam hal mengunduh dan memasang tema ke website Anda.

Demi memastikan keamanan tema yang akan Anda pasang ke website Anda, ThemeCheck dapat menjadi media yang Anda gunakan. Tool ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengecekan atas file tema WordPress.

ThemeCheck akan melakukan pengecekan kompatibilitas, kualitas, dan juga kepatuhan file terhadap pedoman WordPress. Setelahnya, tool ini akan memberikan laporan rincinya kepada Anda.

Bila hendak melakukan pengecekan tema menggunakan tool ini, Anda hanya perlu mengunggah file tema WordPress yang ingin Anda periksa.

14. Google Transparency Report

Google juga menyediakan tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan website. Tool tersebut bernama Google Transparency Report. Hal menarik dari tool ini adalah ia tidak secara langsung melakukan pemeriksaan keamanan terhadap website penggunanya. 

Namun, Google Transparency Report akan memberikan laporan yang membuat penggunanya mendapatkan pemahaman tentang permintaan data pengguna, pengaturan konten, hingga langkah keamanan guna melindungi web pengguna.

15. ZeroCRT

ZeroCRT termasuk tool cek keamanan website yang cukup lengkap. Tool ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengecekan malware di suatu website. Selain itu, ZeroCRT juga dapat menampilkan informasi WHOIS dan juga peringkat URL website di SERP (Search Engine Result Pages) Google.

16. URLVoid

Tool cek keamanan website terbaik terakhir di dalam daftar kami adalah URLVoid. Tool ini memiliki fungsi yang memungkinkan penggunanya untuk memeriksa reputasi dan keamanan suatu URL website. URLVoid sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi potensi masalah keamanan website dan malware. 

Tool ini akan melakukan pemeriksaan URL dari berbagai aspek, mulai keamanan sertifikat SSL, status blacklist, keberadaan malware, dan indikasi phishing.

Sebagai tambahan, pastikan juga website Anda menggunakan protokol keamanan HTTPS. Hal ini akan menghilangkan masalah Your connection is not secure yang menjadi isu keamanan mendasar pada banyak website sebelum memasang SSL.

Tool Cek Keamanan Website Mana yang Menjadi Pilihan Anda?

Serangan siber saat ini menjadi isu nyata yang dapat membahayakan keamanan data website, khususnya data pengguna. 

Oleh karena itu, tahapan cek keamanan website adalah hal yang sebaiknya Anda masukkan ke dalam agenda pemeliharaan website Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba berlangganan tool berbayar atau tool gratis yang kami sarankan di atas.

Website sendiri saat ini menjadi media promosi dalam mengembangkan suatu bisnis. Oleh sebab itu, membuat website yang dapat menjamin keamanan data dan pengalaman pengguna menjadi PR utama bagi mereka yang ingin memulai bisnis online.

Jika Anda berencana membuat website bisnis dengan look profesional, Nuhaweb dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda. Nuhaweb sendiri adalah jasa pembuatan website profesional yang menawarkan berbagai pilihan desain website profesional. 

Tidak hanya itu, Nuhaweb juga menyediakan hosting dan setting terbaik untuk membuat performa website Anda maksimal. Yang tidak kalah penting harga pembuatan website profesional di Nuhaweb juga sangat bersahabat dan dengan waktu pengerjaan yang cepat. Jadi, website bisnis Anda akan dapat langsung online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *