Share

SSL adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenisnya

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Website Development » SSL adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenisnya

SSL adalah salah satu hal yang wajib dipahami untuk Anda yang bekerja atau berurusan dengan website, khususnya yang berbasis WordPress. Pasalnya, SSL ini berkaitan dengan keamanan website dan juga dapat mempengaruhi peringkat website di SERP. Namun, apa sebenarnya SSL ini? Mari pelajari selengkapnya di ulasan yang telah siapkan di bawah ini.

Apa Itu SSL?

Mari mulai dari pengertian SSL. SSL pada dasarnya adalah singkatan dari Secure Socket Layer, sebuah teknologi keamanan standar yang berfungsi membuat enkripsi antara server dengan klien, sehingga informasi yang dikirimkan tidak dapat dicuri atau dimanipulasi. 

Teknologi keamanan ini sendiri bekerja antara layer aplikasi dan layer network, atau tepatnya pada bagian layer transportasi yang membawa data yang telah terenkripsi.

Pada dasarnya, website yang menggunakan Secure Socket Layer atau belum dapat diakses secara normal. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya, yaitu pada kinerja browser

Dalam hal ini, browser akan memberikan notifikasi atau peringatan kepada pengguna/pengunjung bahwa website tanpa Secure Socket Layer dianggap tidak aman. Bukan tanpa alasan, pasalnya website yang belum terpasang Secure Socket Layer biasanya memiliki keamanan data rentan.

Kerentanan keamanan data tersebut akibat informasi atau data yang dikirimkan website tanpa SSL masih berupa plain text yang mudah dibaca atau diretas. 

Berbeda halnya dengan website dengan teknologi Secure Socket Layer, yang mana data yang dikirim telah terenkripsi. Jadi, singkatnya SSL adalah teknologi yang akan mengenkripsi data, sehingga tidak dapat pihak ketiga curi atau retas.

Cara Kerja SSL

Cara kerja SSL sendiri pada dasarnya cukup sederhana, yaitu.

  1. Ketika web server mencoba terhubung dengan suatu web server yang telah menggunakan SSL, ia akan meminta agar web server tersebut melakukan identifikasi secara otomatis.
  2. Selanjutnya, sebagai bentuk respon, web server akan mengirim salinan sertifikat Secure Socket Layer ke browser. Di sini, browser akan memeriksa sertifikat yang web server kirimkan untuk megecek keterpercayaannya.
  3. Jika sertifikat SSL adalah sesuai atau terpercaya, maka browser akan otomatis memberikan respon kepada server.
  4. Selanjutnya, web server akan mengirim kembali sertifikat dan membangun komunikasi yang aman.
  5. Setelah melewati beberapa tahapan sebelumnya, maka komunikasi antara browser dan web server telah berstatus aman. Dalam bidang web development, kondisi ini juga banyak SEO expert dan developer sebut sebagai TLS Handshake.

Manfaat Menggunakan SSL

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya fungsi SSL adalah terkait dengan keamanan suatu website. Adapun beberapa manfaat atau fungsi lain dari sertifikat SSL adalah sebagai berikut.

1. Menghindari Peretasan Data

Sertifikat Secure Socket Layer adalah cara yang ampuh untuk mencegah peretasan atau pencurian data. Pasalnya, data yang dikirim dari klien ke web server telah terenkripsi.

Dengan kata lain, informasi yang dikirim telah diubah menjadi deretan kode tertentu selama proses pengiriman. Jadi, peretas tidak akan dapat membaca informasi atau data di tengah proses pengiriman (teknik peretasan bernama man in the middle attack), sebelum data mencapai tujuan.

2. Meningkatkan SEO Website

Perlu Anda ketahui, bahwa keamanan website adalah salah satu faktor yang Google pertimbangkan dalam pemeringkatan halaman di SERP (Search Engine Result Pages) nya. 

Dengan kata lain, Google akan lebih memprioritaskan website yang terjamin keamanannya alias menggunakan protokol HTTPS untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP nya.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Ketika website tidak dapat diakses atau memiliki keamanan yang rentan, maka hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada image brand atau bisnis yang ia representasikan.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ketika pengunjung mengunjungi website yang belum menggunakan Secure Socket Layer, maka browser akan menampilkan peringatan your connection is not secure kepada pengunjung. Artinya, website Anda masuk ke dalam kategori tidak aman di mata browser.

Peringatan ini tentunya akan menyebabkan trust issue kepada website Anda. Hal tersebut akan membuat pengunjung untuk enggan melakukan aksi tertentu di website Anda, seperti mendaftar atau melakukan transaksi.

Perbedaaan HTTP dan HTTPS

Bicara mengenai Secure Socket Layer, tentunya Anda akan juga bicara tentang HTTP dan HTTPS. HTTP di sini adalah protokol keamanan yang berperan membangun komunikasi untuk distribusi data dari server ke klien. Jenis protokol keamanan ini biasanya menggunakan port 80 sebagai jaringan konektivitasnya.

Pada protokol HTTP, data yang dikirim tidak mendapatkan enkripsi, sehingga sangat rentan untuk diintip atau dibaca oleh pihak ketiga. 

Sementara HTTPS adalah jenis protokol keamanan website versi lebih aman dari HTTP. Ketika sebuah website menginstall SSL, maka website tersebut akan mendapatkan protokol HTTPS ini.

Berbeda dengan HTTP yang menggunakan port 80, HTTPS menggunakan port 443 sebagai jaringan konektivitasnya.

Jenis Sertifikat SSL

Berdasarkan validasnya, Secure Socket Layer tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Terdapat 3 jenis sertifikat Secure Socket Layer yang dikenal di kalangan para pengembang website, sebagai berikut.

1. Domain Validation (DV)

Domain Validation SSL adalah jenis sertifikat Secure Socket Layer untuk kelas entry level. Jenis ini memiliki tingkat validitas yang mudah dan juga proses yang cepat.

Jika ingin menerbitkan Domain Validation ini, Anda hanya perlu melakukan verifikasi domain dan email saja. Jenis sertifikat Secure Socket Layer ini terbilang cocok digunakan untuk tipe website personal, seperti blog, portofolio, atau sejenisnya.

Rata-rata harga sertifikat DV ini umumnya berada pada rate Rp120.000,00 per tahunnya.

2. Organization Validation (OV)

Jenis SSL yang kedua adalah Organization Validation. Sertifikat Secure Socket Layer ini yang cocok untuk jenis website yang membutuhkan user dan password, sekaligus menyimpan data-data pengguna. Biasanya, jenis Secure Socket Layer ini menjadi pilihan untuk website toko online atau organisasi.

Bila ingin menerbitkan Secure Socket Layer ini, Anda akan membutuhkan dokumen resmi tertentu terkait bisnis yang website Anda representasikan. Adapun umumnya, dokumen yang dibutuhkan adalah Akta Perusahaan/TDP/SIUP. Terkait pemasangan, proses validasi Secure Socket Layer ini sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 14 hari. 

Harga penerbitan Socket Secure Layer ini termasuk cukup tinggi dan tergantung pada penerbitnya. Namun, rate harga Secure Socket Layer ini biasanya berada di rate Rp900.000,00-an.

3. Extended Validation (EV)

SSL Extended Validation adalah jenis SSL dengan standar validasi tertinggi. Jika Anda ingin membangun website dengan tingkat keamanan dan trust level tertinggi, Extended Validation adalah pilihan yang sangat recommended.

Karena EV SSL adalah level tertinggi di antara jenis sertifikat Secure Socket Layer, maka proses verifikasinya membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, dokumen yang harus Anda siapkan untuk penerbitan sertifikat ini sendiri juga lebih beragam.

Terkait harga, Extended Validation ini memiliki harga yang berada di rate Rp5.000.000,00-an.

Cara Memasang SSL

Lanjut ke bagian instalasi, pemasangan SSL adalah proses yang sebenarnya tidak sulit. Umumnya, Anda dapat melakukan pemasangan secure socket layer ini melalui cPanel website. Adapun cara pemasangan melalui cPanel ini sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Login ke akun cPanel website Anda.
  2. Setelah masuk ke halaman cPanel, scroll ke bagian bawah hingga Anda menemukan menu “Security”. Jika Anda telah menemukannya, klik “Let’s Encrypt SSL”.
  3. Klik opsi action “+Issue” pada bagian domain yang ingin Anda pasang SSL.
  4. Centang domain dan subdomain yang membutuhkan Secure Socket Layer.
  5. Setelahnya, klik tombol “Issue”.
  6. SSL pun akan langsung terpasang di website Anda.

Selain cara di atas, Anda juga dapat memasang SSL di cPanel dengan metode lain, yaitu melalui menu “SSL/TLS”, sebagai berikut.

  1. Login ke halaman cPanel Anda.
  2. Selanjutnya, cari SSL/TLS melalui bar pencarian yang tersedia.
  3. Setelahnya, cari opsi “Install and Manage SSL for your Site (HTTPS)”.
  4. Lakukan klik pada OPSI “Manage SSL Site”.
  5. Pilih domain yang ingin Anda pasang Secure Socket Layer.
  6. Klik “Autofill by Certificate” dan lanjutkan dengan klik “Install Certificate”.
  7. Protokol Secure Socket Layer pun telah terpasang di website Anda.

Memilih SSL yang Tepat

Sebelumnya, kami telah menjelaskan perihal jenis-jenis SSL. Namun, di luar itu, secara umum, SSL tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar. 

Jika Anda merencanakan website Anda kebutuhan personal dan belum ingin mengeluarkan biaya lebih untuk pengembangannya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan SSL gratis dari Cloudflare. 

Namun, jika website Anda memang diperuntukan untuk bisnis online atau website profesional, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jenis Organization Validated atau Extend Validated sebagai pilihan Anda.

Sebagai tambahan, SSL adalah hal penting untuk diperhatikan dalam pengembangan website. Namun, Anda juga harus memperhatikan elemen keamanan lainnya. Salah satunya adalah Disk Space.

Disk Space adalah  kapasitas ruang penyimpanan data website. Penyimpanan data website ini sangat penting sebagai backup data, jika data terjadi kehilangan atau kerusakan data. 

Sudah Lebih Paham dengan Apa Itu SSL?

Jadi, SSL adalah teknologi yang pada dasarnya memiliki fungsi untuk membuat enkripsi antara server dan klien. Informasi yang dikirimkan dari klien ke server atau sebaliknya menjadi aman dan tidak dapat diretas oleh pihak ketiga.

Di era digital yang rentan dengan kejahatan siber ini, keamanan data menjadi aspek krusial bagi website, khususnya website bisnis. Jika Anda mempertimbangkan untuk membangun website, maka mempertimbangkan aspek keamanan pada website juga harus menjadi poin untuk Anda perhatikan.

Di sini, Nuhaweb hadir sebagai solusi untuk Anda. Nuhaweb dapat membantu pembuatan website profesional, yang tidak hanya baik secara tampilan, namun juga dari sisi keamanan.

Nuhaweb menawarkan berbagai paket pembuatan website sesuai kebutuhan Anda, yang telah termasuk di dalamnya paket domain dan hosting, serta pemasangan SSL. Selain itu, Nuhaweb juga menawarkan layanan free maintenance setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *