Share

4 Cara Membuat Tombol Share di Website, Mudah dan Praktis!

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Website Development » 4 Cara Membuat Tombol Share di Website, Mudah dan Praktis!

Di era digital yang terus berkembang, memudahkan pengunjung untuk berbagi konten situs website, WordPress, atau blog Anda menjadi langkah strategis. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara membuat tombol share.

Pasalnya, tombol share ini memiliki peran krusial dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi konten. Selain memperkaya pengalaman pengguna, tombol share juga menjadi alat efektif untuk membangun kehadiran merek atau visibilitas secara online. Mari simak panduannya melalui artikel berikut ini!

Apa Itu Widget Share?

Sebelum mengetahui cara membuat tombol share, mari ketahui dulu apa itu widget share. Pada dasarnya, widget share adalah elemen visual yang ditempatkan di halaman atau postingan, yang memudahkan pengunjung untuk membagikan konten Anda ke berbagai platform media sosial. 

Widget ini biasanya menampilkan ikon-ikon yang dapat diklik untuk memulai proses berbagi, seperti tombol share. Fungsinya adalah untuk meningkatkan interaksi pengunjung dengan konten, memperluas jangkauan, hingga mempromosikan konten Anda.

Jadi, dengan mengetahui cara membuat widget share di website, blog, maupun WordPress, maka Anda tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan visibilitas konten.

Cara Membuat Tombol Share dengan Widget

Membuat tombol share bisa Anda lakukan dengan berbagai metode, termasuk menggunakan widget. Umumnya, proses ini melibatkan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut!

1. Pilih Metode Pembuatan Widget

Langkah pertama adalah membuat widget terlebih dahulu. Cara membuat widget share di blog, website, maupun WordPress bisa Anda lakukan dengan berbagai metode.

Metode pertama adalah melalui halaman widget. Caranya, klik Appearance, lalu pilih Customize, kemudian klik menu Widget pada Theme Customizer. 

Sementara itu, Anda juga bisa mengunjungi halaman dasbor dan masuk ke menu Plugin. Cari plugin share, seperti “AddToAny” atau “ShareThis”, lalu instal dan aktifkan. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan plugin untuk mengonfigurasi opsi tombol share. Lalu, pilih platform media sosial yang ingin Anda tampilkan.

2. Tentukan Desain dan Lokasi Widget

Cara membuat tombol share berikutnya adalah menentukan desain dan lokasi widget. Pilih ikon media sosial yang sesuai dengan desain Anda. Setelah itu, gunakan ikon resmi sosial media, agar pengguna lebih mudah mengenalinya.

Anda juga harus menentukan lokasi yang strategis untuk menempatkan widget share. Biasanya, di bagian atas atau bawah postingan, atau di sisi halaman, adalah tempat yang efektif.

3. Konfigurasi dan Sesuaikan Tata Letak

Berikutnya, sesuaikan tata letak dan warna widget, agar sesuai dengan tema situs Anda. Pastikan widget tersebut tampak menarik dan tidak mengganggu pengalaman pengguna. Langkah ini meliputi penyesuaian judul, jenis konten, dan lain-lain.

4. Uji Fungsionalitas

Cara membuat tombol share di WordPress, blog, dan website berikutnya adalah melakukan uji widget. Tujuannya untuk memastikan tautan terbagikan dengan benar. Pastikan bahwa ikon-ikon sosial media berfungsi dengan baik dan sesuai harapan.

Macam-Macam Plugin untuk Widget Share

Ada banyak plugin widget share yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat tombol share. Simak berbagai macam plugin tersebut beserta keunggulannya di bawah ini!

1. AddToAny

Kelebihan plugin ini adalah sangat fleksibel, mendukung banyak platform media sosial, dan mudah dalam pengonfigurasiannya. Selain itu, plugin ini menawarkan berbagai opsi ikon, sehingga cara membuat tombol berbagi di blog dan WordPress dengan AddToAny sangat mudah dan cocok untuk pemula

2. ShareThis

Kelebihan plugin ini adalah kemudahan integrasi dengan berbagai platform, termasuk WhatsApp dan Messenger. Selain itu, plugin ini juga dilengkapi dengan analitik pengguna. Oleh sebab itu, plugin ini bagus untuk situs dengan audiens yang cenderung menggunakan berbagai platform media sosial.

3. Simple Share Buttons Adder

Plugin ini sangat mudah digunakan, dan memberikan opsi kustomisasi untuk warna maupun tata letak tombol. Maka dari itu, kemudahan cara membuat tombol share dengan buttons adder sangat cocok untuk Anda yang mencari solusi sederhana tanpa banyak konfigurasi.

4. Social Warfare

Bagi Anda yang menyukai tampilan estetis, maka Social Warfare perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, plugin ini memberikan tampilan estetis dengan ikon yang menarik. Selain itu, plugin ini dilengkapi dengan fitur analitik dan kecepatan optimal, sehingga memanjakan mata dan fungsional secara bersamaan.

Tips Memilih Plugin Widget  

Sebelum memilih plugin widget dan menerapkan cara membuat tombol share, Anda perlu mempertimbangkan beberapa tipsnya berikut ini!

  1. Pastikan plugin kompatibel dan berintegrasi dengan baik dalam tema situs Anda.
  2. Pilih plugin yang memberikan opsi konfigurasi yang cukup, seperti pilihan ikon, tata letak, dan gaya.
  3. Perhatikan kecepatan dan kinerja! Jangan sampai widget share membuat website tidak bisa diakses atau memengaruhi loading WordPress.
  4. Pastikan plugin mendapatkan pembaruan teratur dan memiliki dukungan yang baik dari pengembangnya.

Tips Meningkatkan Efektivitas Widget Share

Selain menerapkan cara membuat tombol share, Anda juga perlu meningkatkan efektivitasnya, agar peluang keterlibatan pengunjung semakin terbuka lebar. Terapkan tips berikut ini!

1. Tempatkan secara Strategis

Letakkan widget di tempat yang mudah ditemukan oleh pengunjung, seperti di bagian atas atau bawah postingan, agar meningkatkan kemungkinan interaksi.

2. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Selanjutnya, pilih platform media sosial yang paling populer atau relevan dengan target audiens Anda untuk ditampilkan dalam widget. Contohnya, cobalah cara membuat tombol share Facebook di blog, apabila mayoritas pengunjung blog Anda adalah pengguna Facebook.

3. Tampilkan Jumlah Berbagi

Aktifkan opsi untuk menampilkan jumlah berbagi di widget. Hal ini dapat memberikan dorongan ekstra untuk berbagi, jika pengunjung melihat bahwa konten telah dibagikan oleh orang lain. 

Memanfaatkan Widget Share untuk Analisis

Selain cara membuat tombol share di blog, website, maupun WordPress, Anda juga perlu memanfaatkannya untuk dengan optimal. Simak caranya di bawah ini!

1. Melacak Jumlah Berbagi

Melalui pelacakan jumlah share, informasi ini akan memberikan gambaran seberapa populer konten Anda di platform media sosial.

2. Melihat Platform yang Paling Efektif

Widget share juga berguna untuk mengetahui platform media sosial mana yang paling sering digunakan pengunjung untuk berbagi konten. 

3. Memahami Jenis Konten yang Paling Diminati

Tinjau konten yang mendapatkan lebih banyak berbagi. Analisis ini membantu memahami jenis konten yang paling diminati oleh pengunjung, sehingga memandu strategi pengembangan konten di masa depan.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Tombol Share?

Sekarang ini, blog, website, dan WordPress adalah sarana pemasaran yang menjanjikan, apabila Anda bisa memanfaatkan widget share dengan optimal. Pasalnya, widget share bukan hanya elemen tambahan, tetapi bisa memberi dampak besar untuk trafik dan visibilitas, yang berkontribusi pada kesuksesan pemasaran.

Nuhaweb menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengintegrasikan widget share secara strategis, guna meningkatkan keterlibatan pengunjung dan merancang website yang memenuhi standar bisnis digital.

Dengan mempercayakan pembuatan website Anda kepada profesional seperti Nuhaweb, maka website Anda tidak hanya mencerminkan identitas merek secara efektif, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang kuat melalui penggunaan widget share yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *