Share

8 Ide Jualan yang Laku Setiap Hari, Strategi dan Risikonya

Harys Imanulloh
Harys Imanulloh
Blog » Insight Bisnis » 8 Ide Jualan yang Laku Setiap Hari, Strategi dan Risikonya

Membangun bisnis dengan prospek baik di masa depan itu penting. Tapi, fokus pada jualan yang laku setiap hari juga bisa jadi strategi jitu untuk Anda jalankan di tahun ini.

Memangnya ada bisnis yang laku setiap hari? Tentu ada. Anda cuma perlu melakukan riset sebentar dan menemukan beberapa ide usaha yang laku setiap hari.

Nah, untungnya, kami sudah mengumpulkan beberapa contoh jualan yang pasti laku dibeli konsumen setiap hari. Dengan begitu, Anda tak perlu ribet melakukan riset kesana kemari.

Penasaran apa saja jualan yang laku cepat untuk Anda jadikan bisnis di tahun ini. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Ide Bisnis Yang Laku Setiap Hari

Inilah daftar beberapa ide jualan yang laku setiap hari. Apakah beberapa di antaranya sudah jadi target usaha Anda?

1. Bisnis Makanan dan Minuman

Bisnis makanan dan minuman atau yang dikenal sebagai bisnis kuliner tak pernah sepi. Setiap hari, dipastikan ada konsumen yang akan membeli produk dari bisnis ini. Jadi, inilah contoh bisnis yang laku setiap hari

Apakah itu berarti Anda harus menjadi orang yang membuat makanan dan minuman itu? Tidak. Meskipun Anda tidak bisa memasak, Anda tetap bisa terjun ke bisnis ini.

Sebagai bisnis yang laku setiap hari, bisnis kuliner akan membutuhkan usaha pendukung lain, misalnya delivery atau pengemasan.

Jika Anda ingin memiliki bisnis makanan sendiri, Anda dapat memulainya dengan membuka warung makan kecil seperti warteg, atau bahkan restoran mewah. Anda juga dapat memilih bisnis makanan yang sangat spesifik seperti makanan bayi dengan omzet besar meskipun modalnya kecil.

2. Jualan Keperluan Sehari-hari

Anda akan lebih mengenalnya sebagai toko kelontong. Sebuah usaha jualan yang laku setiap hari karena produknya dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Nah, usaha kelontong menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga sehari-hari, mulai dari sembako sampai sabun, sampo, deterjen, alat mandi, dan lainnya.

Persaingan dari bisnis yang laku setiap hari ini memang ketat. Sebab, Anda tak bisa melakukan inovasi pada produknya. Tapi, Anda bisa tampil beda dari sisi layanan, baik dari cara melayani pembeli sampai jam buka usaha yang bisa ditambah hingga malam hari.

3. Bisnis Jasa Harian

Belum punya ide produk yang akan dijual sebagai bisnis. Atau, Anda ingin lebih fokus ke jenis bisnis jasa? Jangan khawatir. Itu semua juga bisa jadi jualan yang laku setiap hari.

Bisnis laundry bisa jadi salah satunya, terutama kalau Anda tinggal di daerah perkotaan. Saat ini makin sedikit orang yang mencuci pakaian dengan tangan karena mesin cuci bisa mengerjakannya lebih cepat dan praktis. Sayangnya, tidak setiap orang sempat melakukannya.

Belum lagi, kalau usaha laundry yang dilakukan termasuk seterika dan tambahan parfum untuk pakaian. Konsumen bisa menghemat waktu dan tenaga dengan biaya yang terjangkau.

Ada banyak lagi contoh untuk bisnis yang laku setiap hari di bidang jasa, mulai dari cuci motor, potong rambut sampai usaha perbaikan sepatu.

4. Jualan Perabotan Rumah Tangga

Jika toko kelontong lebih banyak menjual makanan, alat mandi dan lainnya, toko perabotan rumah tangga fokus ke peralatan umum di rumah. Sebagai contoh, kain pel, tempat sampah, sapu, bak mandi, dan lainnya.

Anda mungkin lebih sering melihat usaha perabotan rumah tangga sebagai jualan yang laku kalau Anda menjualnya berkeliling. Tapi, itu hanya salah satu cara menarik konsumen saja. Anda bisa tetap menjalankan usaha ini dari rumah, kok. Apalagi kalau lokasi Anda di area padat penduduk.

Tentunya, frekuensi penjualannya tidak akan sebesar toko kelontong. Hanya saja, kebutuhan untuk perabotan rumah tangga akan selalu ada setiap saat, baik karena rusak atau sudah lama digunakan.

5. Bisnis di Bidang Teknologi

Ingin tahu apa usaha jualan yang laku setiap hari di bidang teknologi? Jualan pulsa dan paket data. Tapi, itu hanya salah satunya. Ada banyak peluang bisnis online di bidang teknologi ini seperti jualan diamond untuk game yang juga cukup laris.

Karena teknologi sudah mulai jadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, maka bisnis produk terkait teknologi juga makin dibutuhkan. Intinya, Anda cukup jeli untuk memahami apa yang dibutuhkan masyarakat.

6. Menjalankan Bisnis Franchise

Ingin punya bisnis yang laku setiap hari tanpa harus memikirkan tentang kualitas produk dan promosinya? Coba jalankan bisnis franchise.

Bisnis franchise merupakan salah satu model bisnis yang bersifat global. Intinya, Anda menggunakan hak penggunaan merek dagang, sistem, dan strategi bisnis dari pemiliki bisnis asli. Ibaratnya, Anda menjalankan bisnis mereka layaknya bisnis Anda sendiri.

Beberapa contoh dari franchise di Indonesia bisa termasuk pada jenis di atas. Contohnya, Es teh Indonesia di bidang kuliner, Arfa Barber di bidang jasa, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Harian

Inilah beberapa strategi pemasaran untuk jualan yang laku setiap hari:

1. Pasang Nama Bisnis

Strategi pemasaran untuk bisnis harian kami mulai dengan memasang nama bisnis. Ini merupakan cara lama tapi masih cukup efektif. Bagaimana konsumen membeli produk Anda apabila tidak tahu nama bisnis tersebut.

Maka, pasanglah papan nama bisnis. Sesuaikan dengan brand bisnis Anda. Jika Anda beroperasi hingga malam hari, gunakan neonbox dengan warna yang cantik untuk makin membuat konsumen makin menarik.

2. Gunakan Strategi Getok Tular

Strategi marketing ini disebut word of mouth tapi sebagian Anda mengenalnya sebagai getok tular. Artinya, Anda menggunakan orang lain untuk terus mempromosikan bisnis Anda karena punya produk yang baik. Langkah ini efektif dan tidak membutuhkan biaya.

Coba ingat lagi, berapa kali Anda merekomendasikan teman atau keluarga untuk membeli sebuah makanan tertentu atau dari brand tertentu karena Anda puas dengan produknya? Kalau sering, berarti Anda pernah melakukan getok tular.

Nah, bayangkan kalau bisnis Anda punya konsumen yang selalu memberikan rekomendasi ke orang lain karena yakin produk Anda baik. Jadi, gunakan strategi ini untuk jualan yang laku setiap hari.

3. Manfaatkan Media Online

Strategi ini bukan untuk semua bisnis yang laku setiap hari. Tapi, kalau ada kesempatan, sebaiknya Anda memanfaatkannya. Promosikan bisnis dan produk Anda menggunakan media online. Bisa melalui media sosial, tapi akan lebih baik kalau menggunakan website.

Kenapa begitu? Sebab, media sosial sekadar tempat untuk mencari informasi. Tujuan orang menggunakannya bukan untuk bisnis semata. Nah, kalau website fungsinya khusus untuk mengenalkan bisnis Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah Anda menggunakan media itu untuk mengenalkan bisnis, mempromosikan diskon yang Anda berikan dan berbagai hal lainnya.

4. Tampilkan Testimonial Konsumen

Pernah melihat ada warung makan terkenal yang di dindingnya terdapat foto beberapa artis dan tanda tangan mereka? itu merupakan cara untuk menampilkan testimoni atas baiknya produk dari usaha yang laku setiap hari.

Itulah kenapa bisnis yang laku setiap hari perlu mencoba strategi ini. Ini bukan hanya tentang bagaimana kualitas produk Anda, tapi lebih ke konsumen rela membagikan perasaan bahagia mereka menjadi konsumen Anda.

5. Berikan Diskon

Mendapatkan konsumen baru untuk usaha yang laku setiap hari tidak perlu pakai diskon. Tapi, menawarkan potongan harga, tentu lebih menarik banyak orang.

Diskon bisa Anda berikan di momen tertentu seperti lebaran atau harbolnas, atau bisa juga sebagai upaya untuk promosi bisnis Anda. Strategi ini bisa digunakan baik yang menjalankan usaha offline maupun online.

Anda bisa lihat bahwa ada banyak contoh website fashion atau bisnis pendidikan yang menawarkan diskon. Ini bisa jadi strategi usaha yang laku setiap hari dengan cuan besar.

6. Ikut ke Berbagai Event Bazar

Kalau ada kesempatan untuk ikut bazar di lingkungan Anda, lakukanlah. Ini bisa jadi strategi pemasaran efektif untuk usaha jualan yang laku setiap hari. Ibaratnya, Anda mencoba mengenalkan bisnis itu ke lebih banyak orang yang datang.

Bila perlu di kesempatan bazar itu, Anda bisa membagikan kupon yang memberikan potongan harga ketika datang ke toko Anda. Kalau kualitas produk Anda baik, bukan tidak mungkin akan banyak calon konsumen baru yang Anda dapatkan.

Tentunya, event bazar ini umum digunakan untuk bisnis yang laku setiap hari di bidang kuliner.

7. Tawarkan Value Added Service

Kadang memberikan diskon produk saja belum cukup, meskipun sudah merupakan strategi pemasaran yang baik. Anda juga perlu untuk memberikan layanan tambahan untuk konsumen. Tidak harus yang membutuhkan biaya besar, tapi cukup memberikan kesan kepada mereka.

Misalnya untuk bisnis bengkel motor, Anda bisa memberikan nilai tambah berupa tambah angin gratis. Atau bisa berupa membersihkan motor sehingga tampak bagus saat keluar dari bengkel.

Sampaikan kepada konsumen tentang layanan ini secara langsung atau melalui iklan. Dengan begitu, mereka bisa segera memanfaatkan nilai tambah yang Anda tawarkan.

8. Berikan Pengalaman yang Baik

Kadang alasan konsumen datang lagi membeli produk Anda adalah pengalaman yang baik. Misalnya, Anda melayani dengan ramah, atau toko Anda tertata rapi sehingga mudah mencari produk yang ingin dibeli.

Bagi sebuah bisnis yang laku setiap hari,  memberikan pengalaman belanja menyenangkan itu merupakan strategi pemasaran yang baik. Bedanya, bukan untuk mendapatkan konsumen baru saja tapi menarik konsumen lama mau belamja lagi dari Anda.

Kalau di bisnis laundry, langkah sederhana seperti layanan gratis ambil dan antar juga akan memberikan pengalaman menarik dari usaha yang laku setiap hari milik Anda.

Analisis Risiko dan Manajemen

Inilah beberapa risiko dan tantagan menjalankan usaha yang laku setiap hari

  • Modal Terbatas — Membuka usaha yang laku setiap hari memang menjanjikan, tapi tanpa modal yang cukup, bisnis itu rawan terhenti. Alasannya, perputaran bisnis berlangsung cepat. Kalau hasil penjualan produk tidak dapat segera digunakan membeli produk baru dan modal terbatas, jualan yang laku tidak bisa membantu bisnis terus berputar.
  • Keterbatasan Infrastruktur — Di beberapa daerah, infrastruktur yang tidak memadai menjadi penghalang bisnis tumbuh atau berinovasi. Misalnya, listrik yang tidak stabil, atau layanan internet yang bermasalah yang membuat menjual produk secara online tidak dapat dilakukan. Belum kalau ada kendala pada jaringan transportasi, pengiriman produk bisa terhambat.
  • Gangguan Pasokan — Usaha jualan yang laku setiap hari paling mudah diganggu oleh pasokan barang yang tidak lancar. Bisa karena kendala teknis atau adanya persaingan. Misalnya, ada kompetitor yang mampu memborong semua barang dan Anda tidak mendapatkan barang lagi.
  • Permintaan Konsumen yang Berubah — Perubahan ekonomi dapat mengubah kebiasaan pengeluaran. Bisnis yang laku setiap hari akan ikut terpengaruh dengan hal ini. Meskipun yang dibeli merupakan kebutuhan harian, volume dan frekuensi penjualan bisa mudah turun.
  • Persaingan Ketat — Usaha jualan yang laku setiap hari biasanya produknya tidak unik. Jadi, persaingannya ketat dan loyalitas konsumen tidak besar. Sebab, konsumen bebas membeli dari siapa saja karena produk yang digunakan sama kualitasnya. Kecuali kalau bisnisnya adalah kuliner yang cenderung unik.
  • Adaptasi Teknologi — Meskipun go online direkomendasikan karena hasilnya lebih besar, belum semua daerah mampu mendukung bisnis online ini. Belum lagi, tidak setiap pemilik usaha jualan yang laku setiap hari bersedia untuk menjual produknya online. Itu termasuk dengan konsumen yang masih suka dengan pendekatan bisnis tradisional.

Kesimpulan

Anda pasti makin semangat untuk segera memulai bisnis, ya? Alasannya, banyak usaha jualan yang laku setiap hari yang bisa menginspirasi Anda. Contohnya, usaha laundry, bengkel motor, warung makan, restoran, dan lainnya.

Dari contoh itu, Anda bisa tahu bahwa bisnis yang laku setiap hari bisa dijalankan dalam skala besar ataupun kecil. Bukan cuma itu, bisnis dnegan jualan yang pasti laku bisa dijalankah secara offline atau online lewat media sosial dan website.

Jika Anda ingin mendapatkan konsumen lebih banyak karena jangkauan lebih mudah, membangun usaha online lebih menjanjikan.

Jangan khawatir kalau Anda belum bisa membuat website sendiri. Anda cukup memanfaatkan jasa pembuatan website dan tetap fokus membangun bisnis. Website akan jadi dalam waktu cepat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *